Rabu, 21 Februari 2018

MAKNA TANDA YUNUS BAGI KITA












Rabu, 21 FEBRUARI 2018 

YUNUS 3:1-10 
MAZMUR 51:3-4,12-13,18-19  
LUKAS 11:29-32 

Lukas 11:29 
Ketika orang banyak mengerumuniNya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 

Injil Lukas hari ini menuliskan banyak orang mengerumiNya sedangkan dalam Injil Matius 12:38-42, orang Farisi dan ahli Taurat meminta tanda tetapi Yesus tidak mengabulkan permintaan mereka sebab Yesus tahu mereka menguji diriNya. 

Berbeda dengan Gideon minta tanda dari Tuhan untuk memastikan dirinya diberi kekuatan memimpin orang Israel melawan orang Midian dan Tuhan Allah memberikan tanda. 

Hakim 6:36-37 
Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu, maka aku membentangkan guntingan bulu domba di tempat pengirikan; apabila hanya di atas guntingan bulu itu ada embun, tetapi seluruh tanah di situ tinggal kering, maka tahulah aku, bahwa Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan." 
(Baca selengkapnya: Hakim 6:11-40) 

Bukan hanya Gideon tetapi Musa juga meminta tanda ketika Tuhan menyuruh Musa memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan. 
(baca Keluaran 4:1-17). 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Tuhan berkenan memberikan tanda asalkan bukan untuk tujuan menguji Tuhan melainkan untuk menguatkan iman kita kepada Tuhan. 

Maleakhi 3:10 
Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumahKu dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. 

Meminta tanda kepada Tuhan berarti ada keraguan mempercayai perkataan Tuhan.

Jujur saja kita manusia minta bukti pada Tuhan, kemudian kita baru percaya. 
Oleh sebab itu Yesus mengatakan: 
Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya! (Markus 9:23b). 

Gideon dan Musa tidak yakin Tuhan memakai diri mereka memimpin orang Israel sedangkan orang Farisi dan ahli Taurat bermaksud mencobai Yesus ketika meminta tanda. 

Pertanyaannya adalah
Tanda apa sih yang diminta orang Farisi dan ahli Taurat kepada Yesus? 

Tidak dijelaskan dalam Injil. 
Kita bisa lihat dari perikop sebelumnya dimana mereka meminta tanda dari sorga

Lukas 11:16 
Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepadaNya, untuk mencobai Dia. 

Tetapi jika dikaitkan dengan tanda Yunus maka kita bisa menafsirkan bahwa tanda yang diminta oleh orang Farisi dan ahli Taurat adalah tanda kebangkitan Yesus. 

Lukas 11:30 
Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini

Tanda Yunus diberikan Yesus agar mereka bertobat seperti orang Niniwe ketika Yunus memberitakan kabar dari Allah bahwa Niniwe akan dihancurkan. 

Yunus 3:4-5 
Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung. 

Tanda Yunus adalah tanda pemberitaan Firman Allah kepada orang Niniwe sedangkan Anak Manusia (=Yesus) memberitakan Injil Kerajaan Sorga kepada mereka dan orang Yahudi. 

Ada yang menarik diperhatikan pada ayat 31-32 dimana ratu dari selatan atau ratu sheba mau mendengar Salomo dan orang Niniwe mau mendengar Yunus sedang orang Yahudi tak mau mendengar Yesus. 

Artinya orang Yahudi sungguh bebal, terutama ahli Taurat dan golongan Farisi sebab mereka menguasai kitab Taurat tetapi sekedar lahiriah saja sehingga tidak mau menerima Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah melalui nubuatan para nabi. 

Bagaimana dengan kita umat kristiani di jaman sekarang ini? 
Apakah menerima pemberitaan Firman Tuhan ataukah meremehkan/menolak karena mengandalkan pengertian sendiri. 

Simak Firman Tuhan dibawah ini

Yakobus 1:21b 
Terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu

2 Timotius 3:16 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 

Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

Semoga tanda Yunus menjadi peringatan bagi kita agar mau mendengar pewartaan Firman Tuhan dan menanggapinya dengan bertibat dari segala dosa kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com