Minggu, 29 April 2018

MELAKUKAN PEKERJAAN YESUS










Sabtu, 28 April 2018 

KISAH 13:44-52 
MAZMUR 98:1-4 
YOHANES 14:7-14 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Yesus menghendaki setiap orang yang percaya padaNya melakukan pekerjaan seperti yang Yesus lakukan. 

Ada tiga pekerjaan Yesus lakukan, yaitu: 
1) Beritakan Injil Kerajaan Allah 
2) Mengajar di rumah ibadat 
3) Sembuhkan penyakit dan kelemahan 

Matius 4:23 
Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; 
Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. 

Pertanyaannya adalah : 
Sudahkah kita melakukan ke-3 pekerjaan yang Yesus lakukan? 

Ada yang beralasan, mana mungkin bisa melakukan pekerjaan Yesus, apalagi lebih besar dari yang Yesus lakukan? 

Jika anda setuju dengan pendapat ini maka anda mesti mendalami lagi Injil. 

Ada tiga hal berikut ini membuktikan Yesus mempersiapkan sedemikian rupa agar kita dimampukan melaksanakan pekerjaan yang Yesus kerjakan, yaitu: 

Hal Pertama 
Yesus mengutus Roh Kebenaran yaitu Roh Kudus 

Yohanes 16:13 
Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Hal Kedua 
Kita diberi kuasa melalui Roh Kudus untuk melakukan pekerjaan Yesus 

Kisah 1:8 
Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. 

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Hal Ketiga 
Yesus berjanji akan menyertai kita sampai akhir jaman 

Matius 28:18-20 
Yesus mendekati mereka dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

Umat kristiani mengakui Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dengan dibaptis dalam nama Allah Tritunggal maka jangan sampai tidak mentaati perintah Yesus menghendaki kita melaksanakan pekerjaan seperti Yesus lakukan. 

Seperti yang terjadi pada bangsa Israel yang percaya kepada Allah tetapi tidak mentaati kehendak Allah agar percaya kepada Yesus adalah Mesias yang Allah janjikan kepada bangsa Israel. 

Hal inilah yang disampaikan Paulus dan Barnabas di hadapan orang Yahudi bahwa mereka menolak diselamatkan dan beroleh hidup kekal. 

Kisah 13:46-47 
Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain. Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."  

Sebab dengan percaya pada Yesus akan diselamatkan dan beroleh hidup kekal menurut Firman Tuhan. 

Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 

Jangan sampai orang lain semula tidak percaya tetapi kemudian menjadi percaya kepada Yesus dan mentaati melakukan pekerjaan Yesus. 

Sedangkan semula mengaku percaya kepada Yesus tetapi tidak melakukan pekerjaan Yesus maka apalah artinya. 

Yesus sudah mengingatkan hal ini melalui perumpamaan tentang dua orang anak (baca Matius 21:28-32). 

Anak sulung mengiyakan ketika bapanya menyuruh ia bekerja di kebun anggur namun akhirnya ia tidak mau bekerja. 

Sedang anak kedua, semula tidak mau bekerja di kebun anggur namun akhirnya menyesal, lalu ia mau menuruti perintah bapanya. 

Semoga anda tidak seperti anak sulung yang tidak mau bekerja di kebun anggur melainkan jadilah seperti anak kedua yang mau bekerja di kebun anggur. 

Artinya kita umat kristiani mau lakukan pekerjaan Yesus karena kita mau taat kepada Yesus yang telah selamatkan kita dan berjanji memberikan hidup kekal di rumah Bapa di Sorga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com