Kamis, 19 April 2018

YESUS ADALAH ROTI HIDUP (BAGIAN-3)









Kamis, 19 April 2018 

KISAH 8:26-40 
MAZMUR 66:8-9,16-17,20 
YOHANES 6:44-51

Yohanes 6:50-51a 
Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. 
Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya 


Sekali lagi wow ... Amazing Grace !!! 
Sampai sejelas itu Yesus katakan bahwa barangsiapa (=setiap orang) makan roti yang turun dari sorga maka ia tidak akan mati tetapi akan hidup selama-lamanya. 

Anehnya, masih banyak orang yang tidak percaya Yesus adalah roti hidup yang turun dari sorga; sejak jaman Yesus hingga sekarang ini. 

Mengapa demikian? 

Menurut rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma, mengatakan: 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. 

Dosa menghalangi orang untuk datang mendekat kepada Tuhan Allah. 
Adam dan Hawa menyembunyikan diri dari Tuhan Allah setelah berbuat dosa. 

Kejadian 3:8 
Ketika mereka mendengar bunyi langkah Tuhan Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap Tuhan Allah di antara pohon-pohonan dalam taman

Lalu Tuhan Allah berinisiatif memanggil Adam dan Hawa. 

Kejadian 3:9 
Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?" 

Jadi, inilah yang dimaksud Yoh 6:44 yang mengatakan bahwa manusia tidak dapat atau lebih tepatnya tidak mau datang kepada Yesus jika tidak ditarik atau dipanggil oleh Bapa. 

Yohanes 6:44 
Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepadaKu, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. 

Ayat 44 ini mesti diartikan dengan hati terbuka sebab bisa saja diartikan Bapa memilih/memanggil orang tertentu dan ada orang yang tidak dipanggil oleh Bapa 

Padahal tidak demikian sebab ayat 45 dikatakan bahwa semua orang dipanggil dan diajar oleh Allah menurut kitab nabi-nabi (baca Yesaya 54:13). 

Yohanes 6:45 
Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah
Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepadaKu. 

Artinya orang yang menjawab panggilan Bapa, mau percaya kepada Yesus. 

Contohnya adalah : 

Kisah 8:27 
Lalu berangkatlah Filipus. Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah. 

Seorang sida-sida ini dengan rendah hati mengakui bahwa dirinya minta dibimbing untuk memahami Firman Tuhan dan setelah ia mendengarkan penjelasan dari Filipus maka ia percaya kepada Yesus. 

Kisah 8:36-37 
Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?" [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."] 

Selanjutnya, 

Yesus katakan bahwa diriNya roti hidup dan barangsiapa makan roti hidup maka ia beroleh hidup kekal (ayat 47-48). 

Manna yang turun dari sorga adalah berkat jasmani yang diberikan Tuhan kepada bangsa Israel sebagai makanan selama di padang gurun (ayat 49). 

Kita lihat disini perbedaan antara manna dengan roti hidup. 

Manna bersifat sementara karena manna adalah berkat jasmani dari Allah. 
Sama halnya kita meminta berkat Tuhan berupa uang atau rejeki buat kebutuhan tubuh jasmani kita. 

Roti Hidup adalah diri Yesus sendiri atau dengan katalain roti hidup adalah sumber berkat di dalam diri Yesus. 
Ayat 46 Yesus menjelaskan siapa diriNya 

Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. 

Bangsa Israel makan manna itu mati tetapi orang yang makan roti hidup itu tidak akan mati melainkan hidup kekal selama-lamanya. 

Artinya : 
Kita hendaknya tidak fokus pada berkat Tuhan tetapi fokuslah pada Yesus Sang pemberi berkat. 

Sebagian umat kristiani tujuannya mau dibaptis untuk mendapatkan berkat Tuhan dan ini terlihat dari sikap mereka tidak mau mengenal lebih dalam diri Yesus; membangun relasi intim dengan Yesus, membaca dan merenungkan Firman Tuhan tertulis di kitabsuci. 

Karena tidak tekun mendalami kitabsuci sehingga tidak tahu bahwa ada begitu banyak Firman Tuhan yang menjanjikan kehidupan kekal asalkan kita hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Untuk mengetahui kebenaran Tuhan, yach sangat jelas tertulis di kitabsuci meski bisa juga dari Tradisi yang memuat ajaran para rasul sebab kitabsuci ditulis beberapa puluh tahun setelah Yesus bangkit dan naik ke sorga 

Yohanes 21:25 
Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu

Dikatakan bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah roti hidup akan beroleh kehidupan kekal. 

Kita kudu mesti menomorsatukan Yesus diatas segala kepentingan kita di dunia ini sebab di dalam Yesus ada jaminan keselamatan dan kehidupan kekal. 

Banyak orang lebih mementingkan uang, harta dunia, jabatan dan kuasa dunia, kesenangan dan kebahagiaan dunia, segala sesuatu dari dunia ini atau lebih mementingkan beroleh berkat Tuhan tetapi tidak mau hidup bersama Yesus. 

Yesus tidak diikut-sertakan dalam hidup sehari-hari sebab Yesus hanya diperlukan sebagai sinterklas yang membagikan berkat dan diperlukan sebagai satpam yang melindungi harta bendanya dan juga diperlukan sebagai petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan nyala api yang timbul akibat kecerobohan. 

Bertobatlah sebelum terlambat. 
Makanlah roti hidup dari sorga dan bukan roti dari dunia. Hiduplah di dalam Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com