Selasa, 03 April 2018

MAKNA KEBANGKITAN YESUS (BAGIAN-2)











Selasa, 3 April 2018 

KISAH 2:36-41 
MAZMUR 33:4-5,18-22 
YOHANES 20:11-18 

Yohanes 20:18 
Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya. 

Pada bagian pertama, makna dari kebangkitan Yesus bagi kita adalah menumbuhkan keyakinan bahwa Kuasa Tuhan sanggup menyelesaikan segala masalah di dunia ini sehingga kita tidak perlu berpaling kepada kuasa-kuasa lain dalam menopang kehidupan kita

Mazmur 16:11 
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapanMu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kananMu ada nikmat senantiasa. 

Pada bagian kedua ini, kita mengambil hikmat dari pengalaman yang terjadi pada diri Maria Magdalena saat melihat mayat Yesus tidak ada di dalam kubur. 

Persoalan utamanya adalah Maria Magdalena sedih melihat kenyataan bahwa Yesus mati di salib. 

Perjumpaan Maria Magdalena dengan Yesus telah mengubah hidupnya dan pertobatan dirinya, telah diselamatkan Yesus akibat perbuatan dosanya (baca Yohanes 8:2-11). 

Kesedihan Maria Magdalena terlihat sekali dimana ada 4 kali dituliskan kata 'menangis', menggambarkan kesedihan Maria Magdalena merasakan kehilangan Yesus. 

Sampai akhirnya Yesus menampakkan diriNya di hadapan Maria Magdalena dan hal ini mengejutkan karena Yesus menampakkan diri pertama kali setelah kematianNya di atas salib. 

Genaplah nas kitabsuci bahwa : 
Mazmur 34:19-21 
Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu; Ia melindungi segala tulangnya, tidak satupun yang patah. 

Yesus menampakkan diriNya kepada Maria Magdalena dan bukan kepada murid2-Nya menunjukkan kedekatan Yesus dengan Maria Magdalena. 

Relasi intim kita dengan Tuhan akan menarik Tuhan segera menolong kita dan menarik kita semakin dekat dan semakin mengasihi Tuhan. 

Mazmur 126:1-2 
Aku mengasihi Tuhan, sebab Ia mendengarkan suaraku dan permohonanku. Sebab Ia menyendengkan telingaNya kepadaku, maka seumur hidupku aku akan berseru kepadaNya. 

Orang berdosa yang diampuni Tuhan atas dosanya dan orang yang hidupnya menerima pertolongan Tuhan maka biasanya ia berusaha mendekatkan diri dengan Tuhan dan berusaha berbuat sesuatu untuk menyenangkan Tuhan lewat perbuatan kasih kepada sesama

Perasaan senasib dan merasakan tidak enaknya hidup dalam penderitaan mendorong dirinya untuk menolong orang lain yang mengalami penderitaan. 

Lukas 7:47 
Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih. 

Tidak aneh bila Maria Magdalena bersemangat mengabarkan tentang Yesus bangkit kepada murid2 Yesus karena ia telah berjumpa dengan Yesus (Yohanes 20:18). 

Demikian juga hendaknya diri kita, 
Karena perjumpaan dengan Yesus akan membawa perubahan dalam diri kita, dalam sikap hidup kita dan juga dalam tujuan hidup kita di dunia ini. 

Semoga kita memaknai kebangkitan Yesus merupakan juga kebangkitan kita melepaskan belenggu dosa dan ikatan keinginan kedagingan kita yang sekian lama membenamkan kita kepada perbuatan dosa dan menghalangi relasi kita dengan Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com