Senin, 30 April 2018

SUDAHKAH KITA MENGASIHI YESUS?







Senin, 30 April 2018 

KISAH 14:5-18 
MAZMUR 15:1-4,15-16 
YOHANES 14:21-26 

Yohanes 14:23a, 24 
Jawab Yesus: jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firmanKu; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari padaKu, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku

Bacaan Injil hari berbicara tentang Yesus memberi petunjuk mengenai bagaimana caranya mengasihi diriNya? 

Ternyata tanda kita mengasihi Yesus adalah bila kita menuruti FirmanNya. 
Benarkah demikian?

Mari kita jujur di hadapan Yesus bahwa kita sungguh mengasihiNya dan buktinya adapah kita menuruti FirmanNya, artinya kita menjalani hidup sesuai dengan yang dikatakan FirmanNya. 

Pertanyaannya : 
Apakah kita bisa mengasihi Yesus tanpa mengenal FirmanNya dan menurutiNya? 

Adalah aneh bila ada umat kristiani yakin bisa mengasihi Yesus tanpa mengenal Firman Tuhan. 

Bagaimana bisa mengasihi Yesus bila tidak tahu apa yang dikehendaki Yesus atau apa yang Yesus inginkan. 

Illustrasinya begini: 
Anda mau kasih kado buat seseorang untuk menyenangkan hatinya tetapi anda tidak tahu apa yang disukai orang itu. 

Tentu saja anda akan berikan kado yang terbaik menurut yang anda pikir padahal kado anda tidak sesuai dengan kesukaan orang tersebut. 

Hendaknya kita yang mengaku percaya kepada Yesus maka kita mau mengenal pribadi Yesus sesungguhnya. 

Kita umat kristiani saat ini tidak dapat melihat, berbicara secara langsung seperti para rasul ketika Yesus masih ada di dunia ini maka tidak ada jalan lain kecuali kita membaca Injil di kitabsuci. 

Memang Yesus mengatakan Roh Kudus akan mengajarkan kepada kita dan juga akan mengingatkan kita segala hal yang telah Yesus katakan. 

Yohanes 14:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Namun jika kita tidak mau membaca Injil dan Firman Tuhan lainnya,  Roh Kudus tidak dapat mengingatkan sekaligus mengajarkan tentang apa yang Yesus katakan yang kita baca di Injil. 

Itu sebabnya kita mesti bergaul akrab dengan Injil dan Firman Tuhan lainnya yang tertulis di kitabsuci. 

Seringkali Tuhan berbicara dan kita bisa mendengar suara Tuhan dengan cara menggemakan Firman dan Injil yang kita baca di kitabsuci sehingga pikiran kita diingatkan kembali dan menjadi mengerti bahwa Tuhan sesang berbicara kepada kita lewat FirmanNya. 

Banyak umat kristiani ingin mendengar suara Tuhan seperti mendengar suara orang lain yang berbicara dengan kita. 

Padahal seringkali Tuhan berbicara melalui Firman Tuhan yang kita baca. 

Di jaman sekarang ini cara Tuhan bicara melalui Roh Kudus yang ada di dalam diri kita dan tidak seperti saat Yesus masih ada di dunia dan hal ini sudah Yesus katakan dalam Injil Yohanes 14:18-21

Jaman sebelum Yesus datang ke dunia ini sudah disampaikan para nabi bahwa lewat Firman Tuhan untuk menyatakan Tuhan itu tidak jauh melainkan dekat dengan kita. 

Ulangan 30:14 
Firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan. 

Entah kenapa banyak umat kristiani tidak tanggap akan kebenaran ini sehingga kesana-kemari mencari Tuhan menurut pemikiran sendiri padahal hanya melalui Firman Tuhan maka dapat mendengar suara Tuhan dan masuk dalam Hadirat Tuhan, bahkan menerima Urapan Tuhan. 

Selain itu, 
Masalah yang terjadi dalam hidup kita, sebagian besar diakibatkan kesalahan kita sendiri karena kita menempuh hidup tidak di jalan Tuhan yang seharusnya dapat kita ketahui di dalam kitabsuci jika saja mau membacanya. 

Yesus sudah katakan bila kita mengasihi DIA maka kita menuruti FirmanNya maka Bapa di Surga akan mengasihi kita. 

Yohanes 14:21 
Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya. 

Salahsatu wujud nyata Tuhan mengasihi kita yaitu Tuhan akan memberikan apa yang kita minta kepadaNya. 

Tuhan tahu bahwa apa yang kita minta sesuai dengan kehendakNya karena kita bergaul karib dengan FirmanNya sehingga kita mengenal Tuhan dan tidak akan meminta untuk memuaskan hawa nafsu kedagingan. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Seringkali doa permohonan kita kepada Tuhan untuk kepentingan kedagingan kita dan tidak sesuai dengan kehendak Tuhan 

Yakobus 4:3 
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. 

JADI 

Kita mesti hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan agar supaya langkah kita tidak salah/tersesat dan meminimalkan timbulnya masalah hidup. 

Ketika masalah hidup terjadi dalam hidup kita maka iman kita tetap teguh dan tetap bersandar kepada Tuhan sehingga kita mampu mengatasi masalah hidup. 

Kita dapat mengasihi Tuhan bila hidup kita berada dalam damai sejahtera dan sukacita di dalam Tuhan. 

Sejujurnya, kita tidak bisa mengasihi Tuhan dengan kekuatan sendiri karena kita ini manusia berdosa dan tidak akan mampu mengasihi Tuhan. 

Tetapi kita bisa mengambil keputusan untuk memilih hidup di jalan Tuhan dengan cara menuruti segala hal yang dikatakan Tuhan di dalam FirmanNya. 

Dengan menuruti FirmanNya maka pikiran dan hatinya berpaut dan melekat kepada Tuhan sehingga dimampukan untuk dapat mengasihi Tuhan. 

Semoga kita semua sadar diri dan mau membaca FirmanNya yang menuntun kita ke jalan kebenaran dan jalan kehidupan sehingga kesatuan kita dengan Tuhan menimbulkan kasib di hati kita untuk mengasihi Tuhan dan keoada sesama. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com