Rabu, 06 Februari 2019

DARIMANA DATANGNYA HIKMAT

Rabu, 6 Februari 2019

IBRANI 12:4-7,11-15 
MAZMUR 103:1-2,13-14,17-18 
MARKUS 6:1-6

Markus 6:2 
Pada hari Sabat, Yesus mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperolehNya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepadaNya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tanganNya? 

Kali ini kita menyoroti pertanyaan jemaat di rumah ibadat di Nazaret tentang dari mana Yesus memiliki hikmat dan mampu mengadakan mukjizat. 

Biasanya dari bacaan Injil hari ini, kita cenderung membahas tentang nabi tidak dihormati di tempatnya sendiri. 

Markus 6:4 
Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya." 

Kebiasaan banyak orang sering melihat latar belakang seseorang yang sukses terutama bila orang tersebut sebelumnya tidak menonjol kepintaran/keahliannya. 

Bila latar belakang dari kalangan orang biasa-biasa saja, apalagi dari kalangan orang bawah (=orang susah) maka akan dicurigai atau sedikitnya dipertanyakan darimana asal muasal kesuksesannya. 

Mereka mengenal Yesus sebelumnya adalah seorang tukang kayu; atau anak tukang kayu dari Yusuf. 

Sekarang mereka melihat Yesus penuh dengan hikmat dan melakukan mukjizat namun anehnya justru mereka kecewa karena menilai dari latar belakang Yesus. 

Seharusnya mereka belajar dari Yesus supaya mereka dapat memiliki hikmat seperti Yesus dan dapat melakukan perbuatan mukjizat. 

Hal seperti ini sering terjadi sampai saat ini bila ada seseorang sukses yang kita kenal sebelumnya biasa-biasa saja maka biasanya timbul iri hati dan mencari cara untuk menjatuhkan orang sukses itu. 

Orang-orang Nazaret mestinya mencari tahu darimana datangnya hikmat dan bukan malah menolak Yesus. 

Bagaimana dengan kita? 
Apakah kita tertarik mencari tahu dari mana datangnya hikmat? 
Apakah kita mau memiliki hikmat? 

Hikmat ada dua jenis yaitu : 
1) Hikmat Tuhan 
2) Hikmat Manusia 

Kita akan mempelajari hal2 berhubungan dengan hikmat Tuhan menurut apa kata Firman Tuhan tentang hikmat sebab ada begitu banyak ayat-ayat Firman Tuhan berbicara tentang hikmat. 

Amsal 2:6 
Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulutNya datang pengetahuan dan kepandaian. 

Bagaimana caranya kita memperoleh hikmat Tuhan? 

1) Meminta hikmat dari Tuhan 
Yakobus 1:5a 
Apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah 

2) Takut akan Tuhan 
Amsal 9:10 
Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. 

3) Bersikap rendah hati 
Amsal 11:2b 
Hikmat ada pada orang yang rendah hati. 

Apa manfaat dari hikmat Tuhan? 

1) Hidup kita dituntun oleh Allah 

Yohanes 16:13 
Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Yohanes 14:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

2) Kita bisa mengetahui kehendak Allah 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Seringkali di saat ada masalah, kita perlu hikmat Tuhan untuk mendapatkan solusi bagaimana cara mengatasi masalah. 

Hikmat Tuhan jauh lebih sempurna dari pada hikmat manusia yang berdasarkan prinsip-prinsip dunia. 

Hakim 21:25b 
Setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri. 

Hikmat Tuhan akan mengingatkan kita akan Firman Tuhan yang memenuhi pikiran kita dan memampukan kita memutuskan tindakan apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah. 

Ibrani 4:12 
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Jadi sekarang kita mengerti bahwa hikmat Tuhan dapat menuntun pikiran kita sejalan dengan pikiran Tuhan sehingga pikiran kita hanya fokus pada Tuhan. 

Hati kita biasanya kacau, gelisah, takut melihat masalah hidup menjadi tenang karena hikmat Tuhan sehingga hati kitapun dituntun hikmat Tuhan dengan penuh kebijaksanaan. 

Yakobus 3:17 
Hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. 

Hikmat Tuhan sangat bermanfaat yang seharusnya orang-orang yang notebone adalah jemaat di Nazaret mempelajarinya dari Yesus dan bukan sebaliknya malah mereka menolak Yesus. 

Besar kemungkinan mereka ini iri hati melihat Yesus mengajar penuh hikmat Tuhan yang sebenarnya mereka takjub. 

Inilah salahsatu penyakit rohani sangat berbahaya bagi pertumbuhan iman dan akan merusak sikap/perilaku seseorang sehingga mendorong berbuat anarkis. 

Golongan Farisi dan ahli Taurat serta para imam Yahudi adalah contoh tidak baik dimana mereka iri hati kepada Yesus sehingga akhirnya menyalibkan Yesus. 

Semoga kita umat kristiani belajar dan mau sadar diri bahwa kita memerlukan hikmat Tuhan supaya kita menjadi lebih bijaksana menjalani hidup ini dan supaya kita tidak mudah iri hati melihat orang lain lebih sukses daripada kesuksesan kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com