Rabu, 27 Februari 2019

JANGAN MENCATUT DAN MENGGADAIKAN NAMA YESUS

Rabu, 27 Februari 2019

SIRAKH 4:11-19
MAZMUR 119:165,168,171-172,174-175
MARKUS 9:38-40 

Markus 9:38 
Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi namaMu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."  

Ternyata sejak jaman Yesus sudah ada yang mencatut nama Yesus untuk mengusir setan, apalagi jaman sekarang tidak hanya dalam hal mengusir setan tetapi banyak orang mengatas-namakan Yesus demi kepentingan pribadi

Seperti seorang tukang sihir bernama Simon yang minta dibaptis dengan tujuan yang salah yaitu untuk mendapatkan kuasa Roh Kudus dengan menawarkan uang kepada para rasul. 

Kisah 8:18-19 
Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka, serta berkata: "Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus." 

Ada pula yang bertujuan mendapatkan uang atau hal-hal duniawi. 

Filipi 3:19 
Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi. 

Maka berhati-hatilah dan waspadalah dari segala keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Apalagi menggadaikan nama Tuhan Yesus di dalam pemberitaan Injil dan saat melakukan pelayanan rohani maka sebaiknya orang ini merenungkan Firman Tuhan berikut ini: 

Ibrani 10:26-27 
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 
Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 

Selanjutnya, 

Kita perhatikan jawaban Yesus kepada Yohanes yang mencegah seseorang yang bukan pengikut Yesus tetapi memakai nama Yesus ketika mengusir setan. 

Markus 9:39 
Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi namaKu, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. 

Artinya
Di satu sisi, 
orang yang mengatas-namakan Yesus, secara tidak langsung memberitakan Yesus penuh kuasa sanggup melakukan mukjizat meskipun tujuan sesungguhnya adalah untuk kepentingan pribadi. 

Setiap Firman Tuhan disampaikan akan menghasilkan meskipun orang yang menyampaikan pada saat itu hidupnya tidak kudus atau sedang berdosa. 

Yesaya 55:11 
demikianlah firmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Terkadang kita heran, kenapa orang yang kita ketahui berbuat dosa tetapi ketika ia diatas mimbar atau sedang pelayanan, ia bisa mengajar atau mendoakan orang terjadi mukjizat kesembuhan. 

Perhatikan FirmanTuhan berikut ini

Roma 11:29 
Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilanNya 

Daud tidak mau membunuh raja Saul sebab Tuhan telah mengurapi Saul sebagai raja Israel melalui nabi Samuel. 

1 Samuel 26:23 
Tuhan akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab Tuhan menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi Tuhan. 
( baca 1 Samuel 24:5-13) 

JADI 

Janganlah kita mencatut nama Yesus demi keuntungan pribadi, apalagi sampai menggadaikan nama Yesus. 

Kita gadaikan nama Yesus artinya kita tukar iman percaya kepada Yesus dengan sesuatu yang kita inginkan. 

Semoga kita terus berjuang di dalam hidup ini dengan mengandalkan kekuatan dan kuasa Tuhan. 

Hendaklah kita terus percaya kepada Yesus Kristus dengan tekun berdoa, bersaat teduh bersamaNya dan dengan taat lakukan perintah dan kehendakNya sampai akhir hayat kita di dunia ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com