Selasa, 12 Februari 2019

BAGAIMANA MUKJIZAT TERJADI PADA DIRI KITA

Senin, 11 Februari 2019

KEJADIAN 1:1-19 
MAZMUR 104:1-2,5-6,10,12,35
MARKUS 6:53-56

Markus 6:56 
Ke manapun Yesus pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepadaNya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubahNya saja. Dan semua orang yang menjamahNya menjadi sembuh. 

Ayat Firman Tuhan ini mengatakan bahwa kemanapun Yesus berada maka banyak orang sakit datang kepadaNya memohon kesembuhan. 

Yang menarik disini terlihat keyakinan iman mereka luarbiasa dengan menjamah jubah Yesus menjadi sembuh. 

Pertanyaannya adalah : 
Mengapa jaman sekarang ini sepertinya mukjizat penyembuhan jarang terlihat? 
Apakah terjadi degradasi iman? 
Apakah karunia mengadakan mukjizat semakin sedikit yang menerimanya? 

Ada baiknya memahami terlebih dahulubagaimana mukjizat terjadi dari Firman Tuhan tertulis di Alkitab/Kitabsuci

Pertama 
Mukjizat terjadi menurut caraNya Tuhan sesuai dengan kehendak Tuhan 

Markus 7:33b-35 
Yesus memasukkan jariNya ke telinga orang itu, lalu Ia meludah dan meraba lidah orang itu. Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: "Efata!", artinya: Terbukalah! Maka terbukalah telinga orang itu dan seketika itu terlepas pulalah pengikat lidahnya, lalu ia berkata-kata dengan baik. 

Kedua 
Mukjizat terjadi untuk menunjukan kuasa dan kemuliaan Tuhan 

Yohanes 2:9,11 
Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu — dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya. Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tandaNya dan dengan itu Yesus telah menyatakan kemuliaanNya, dan murid-muridNya percaya kepadaNya. 

Ketiga 
Mukjizat terjadi karena Tuhan berkenan mengabulkan permintaan seseorang 

1 Raja 18:36-38 
Pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hambaMu dan bahwa atas firmanMulah aku melakukan segala perkara ini. Jawablah aku, ya Tuhan, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya Tuhan, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya. 

Keempat 
Mukjizat terjadi karena iman seseorang 

Markus 5:34 
KataNya kepada perempuan itu: "Hai anakKu, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!

Artinya, mukjizat Tuhan sampai saat ini dan selamanya akan terjadi bila ke-4 hal disebutkan diatas terpenuhi. 

Darisini dapat kita simpulkan bahwa mukjizat terjadi bila : 
1) ada keyakinan iman pada Tuhan 
2) sesuai kehendak Tuhan. 

Persoalannya adalah banyak orang tidak tahu dan tidak memahami kehendak Tuhan karena : 
1) jarang berdoa 
2) jarang bersaat teduh dengan Tuhan 
3) jarang membaca Firman Tuhan 
4) menjalani hidup dengan prinsip dunia 
5) hidup dipenuhi keinginan daging 

Relasi dengan Tuhan bermasalah maka tidak heran ia tidak tahu kehendak Tuhan atau sudah tahu kehendak Tuhan tetapi menolak melakukan kehendak Tuhan. 

Biasanya jarang terjadi mukjizat bila sikap hidupnya sehari-hari jauh dari Tuhan dan ketika ia sakit, baru mendekat ke Tuhan dan maunya cepat sembuh. 

Memang bisa saja Tuhan langsung mau menyembuhkan untuk menunjukkan kuasaNya agar orang sakit itu menjadi percaya kepadaNya dan mau mendekat denganNya. 

Bagi orang yang sudah dekat dengan Tuhan, biasanya tahu kehendak Tuhan sehingga ia mau menerima segala yang terjadi pada dirinya karena tahu Tuhan mengasihi dirinya dan sudah mengalami kasih Tuhan. 

Salahsatu alasan utama, kenapa mukjizat belum terjadi adalah disebabkan dosa kita yang belum diakui dan belum minta ampun kepada Tuhan. 

Yesaya 59:1-2 
Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaranNya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 

Yang kedua biasanya kita tidak mau mengampuni kesalahan orang lain kepada diri kita. 

Bagi anda yang kesulitan mengampuni orang lain maka bacalah dan renungkan perumpamaan tentang pengampunan (Matius 18:21-35). 

Semoga setelah mengetahui setidaknya ada 4 hal bagaimana mukjizat terjadi dan 2 alasan utama mukjizat tidak terjadi maka kita mau menerima keputusan Tuhan tentang mukjizat terhadap diri kita; apakah terjadi atau belum saatnya terjadi atau memang tidak akan terjadi. 

Satu hal yang pasti tidak boleh dilupakan bahwa Tuhan Allah sangat mengasihi kita dan yakinlah Tuhan Allah tahu kebutuhan hidup kita, bersabarlah menanti mukjizat terjadi pada diri kita. 

Lukas 12:30b-31 
Bapamu tahu, bahwa kamu memang memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah KerajaanNya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu. 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com