Minggu, 02 Juni 2019

HUBUNGAN YESUS-BAPA-ROH KUDUS

Sabtu, 1 Juni 2019

KISAH 18:23-28 
MAZMUR 47:2-3,8-10 
YOHANES 16:23b-28 

Injil Yohanes hari ini, Yesus berpesan kepada murid-muridNya bahwa Ia akan meninggalkan dunia ini dan pergi ke Bapa sehingga pada saat itu mereka akan berdoa di dalam nama Yesus. 

Selama ini para murid berdoa kepada Allah, dan mereka belum mengerti bahwa akan tiba saatnya Yesus tidak lagi bersama-sama dengan mereka. 

Yesus menjelaskan bahwa Ia datang dari Bapa ke dunia dan akan meninggalkan dunia ini untuk pergi ke Bapa dan sangat jelas apa yang dikatakan Yesus bahwa diriNya dan Bapa adalah satu. 

Yohanes 16:28 
Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa. 

Sebelumnya Yesus sudah menjelaskan berulangkali bahwa Ia datang diutus Bapa (Yohanes 7:28) dan juga menjelaskan bahwa setelah Ia pergi maka Roh Kudus datang (Yohanes 16:13-14). 

Bisa dibayangkan bagaimana tanggapan para murid mendengar perkataan dan pengajaran Yesus tentang hubungan diri Yesus dengan Bapa dan juga hubungan diri Yesus dengan Roh Kebenaran (=Roh Kudus). 

Di jaman sekarang ini masih banyak yang belum mengerti hubungan antara Bapa Surgawi dengan Yesus dan Roh Kudus atau relasi Allah Tritunggal Maha Kudus. 

Mengapa demikian? 

Hal ini disebabkan ketidak-pedulian untuk belajar memahami Allah Tritunggal Maha Kudus karena lebih fokus pada Berkat Tuhan yang diharapkan tercurah baginya. 

Lebih mengenaskan bila masih ada yang meragukan Yesus adalah Tuhan atau Allah Putera padahal telah dibaptis. 

Bukankah seharusnya percaya kepada Yesus berarti percaya juga kepada Allah Tritunggal Mahakudus. 

Sebagai umat kristiani, hendaknya terus menerus membangun relasi dengan Allah Tritunggal Mahakudus. 

Roh Kudus adalah Allah. 
Maka dari itu bila masih tidak yakin pada Roh Kudus berarti imannya dangkal dan mesti ditumbuhkan lewat Firman Tuhan yakni membaca dan merenungkan kitabsuci atau Alkitab lebih dalam lagi. 

Baca dan renungkan bacaan Injil hari ini dan juga Yohanes pasal 14 dimana Yesus mengatakan bahwa Roh Kudus datang setelah diriNya neninggalkan dunia ini. 

Yohanes 14:16-17 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 

Selanjutnya, 

Yesus berpesan kepada murid-muridNya bahwa mintalah didalam nama dan berdoalah didalam nama Yesus (ayat 26) maka kamu akan menerimanya. 

Yohanes 16:23-24 
Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepadaKu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikanNya kepadamu dalam namaKu. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Filipi mengatakan bahwa Allah meninggikan dan mengaruniakan nama Yesus diatas segala nama di seluruh alam semesta. 

Filipi 2:9 
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

Kita tidak perlu ragu-ragu atau takut salah bila berdoa menyebut dalam nama Yesus sebab berdoa dalam nama Yesus itu sangat besar kuasaNya. 

Di kalangan katolik sepertinya "tidak biasa" ketika berdoa mengucapkan kata : dalam nama Yesus atau dalam nama Tuhan Yesus. 

Kalau ada yang berdoa mengucapkan dalam nama Yesus, dianggap sepertinya meniru-niru cara berdoa umat kristen protestan yang sangat familiar berdoa dengan mengucapkan : dalam nama Yesus. 

Sesungguhnya masalah kosa kata, tidak menjadi halangan dalam berdoa sebab yang penting esensi doa itu lebih utama dalam berdoa kepada Yesus. 

Semoga kita semakin mau menjalin hubungan mesra dengan Bapa, Yesus, Roh Kudus melalui doa dan menghidupi SabdaNya didalam hidup kita sehari-hari. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com