Rabu, 26 Juni 2019

WASPADALAH TERHADAP NABI PALSU


Rabu, 26 Juni 2019

KEJADIAN 15:1-12,17-18 
MAZMUR 105:1-4,6-9 
MATIUS 7:15-20 

Matius 7:15 
Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. 

Bacaan Injil hari ini mengenai peringatan sangat keras dari Yesus yang harus kita perhatikan supaya tidak menjadi korban nabi-nabi palsu. 

Nabi-nabi palsu dikatakan oleh Yesus adalah serigala menyamar seperti domba, apa maksudnya? 

Serigala termasuk binatang buas dan bahkan lebih berbahaya bila serigala menyamar sebagai domba. 

Nabi adalah seseorang yang berbicara atas nama Tuhan untuk menyampaikan "pesan Tuhan" , "petunjuk/perintah Tuhan", "kehendak Tuhan" (masa lalu, masa sekarang, masa depan) kepada manusia atau kepada umat Tuhan. 

1 Korintus 14:37 
Jika seorang menganggap dirinya nabi atau orang yang mendapat karunia rohani, ia harus sadar, bahwa apa yang kukatakan kepadamu adalah perintah Tuhan

1 Petrus 1:10 
Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. 

1 Raja 22:7 
Tetapi Yosafat bertanya: "Tidak adakah lagi di sini seorang nabi Tuhan, supaya dengan perantaraannya kita dapat meminta petunjuk?" 

Efesus 4:11-12 
Allah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus. 

Jika seorang nabi berkedok membawa nama Tuhan seperti serigala memyamar sebagai domba maka bisa dibayangkan dampaknya terhadap umat/jemaat. 

Pertanyaannya adalah
Apa ciri-ciri seorang nabi palsu? 

Ciri-ciri seorang nabi palsu
Matius 7:20 
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 

Nabi palsu mencari korban dengan "mengatasnamakan Tuhan" melalui Firman Tuhan, melalui talenta atau karunia Tuhan yang diterimanya untuk tujuan kepentingan diri sendiri yakni keinginan hawa nafsunya, umumnya berupa uang dan kenikmatan duniawi. 

Matius 24:24-25 
Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu

2 Petrus 2:2-3 
Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat. Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda. 

Pengajaran yang disampaikan nabi-nabi palsu tidak sesuai Kebenaran Tuhan tetapi menurut kebenaran mereka yang mengklaim adalah kebenaran sejati. 

2 Petrus 2:1 
Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu, Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. 

Darimana kita tahu pengajaran dari nabi-nabi palsu itu menyesatkan? 

Kita umat kristiani hendaknya membaca kitabsuci yang berisikan Firman Tuhan supaya memahami kehendak Tuhan dan mengetahui jalan kebenaran Tuhan yang menuntun langkah kehidupan kita. 

Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

2 Timotius 3:16 
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Dengan mengetahui dan memahami kebenaran Firman Tuhan maka ketika nabi-nabi palsu menyampaikan Firman Tuhan dan memaparkan pengajarannya dapat kita ketahui hal tersebut tidaklah benar karena sudah dibelokkan atau sudah menyimpang dari kebenaran Tuhan sesungguhnya. 

Contoh kasus 

Yohanes 10:28 
Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu. 

Ada pengajaran yang mengatakan bahwa setiap orang percaya kepada Yesus pasti beroleh hidup yang kekal di Surga karena ayat Firman Tuhan ini (=Yohanes 10:28) mengatakan demikian. 

Sepintas pengertiannya benar tetapi jika kita telah menemukan makna terdalam dari ayat Firman Tuhan ini maka sangat mudah melihat /mengetahui pengajaran tersebut tidak benar karena tidak sesuai kebenaran Tuhan. 

Kata kuncinya adalah : mereka 
Apakah mereka ini adalah setiap orang yang percaya kepada Yesus atau dapat dikatakan setiap umat kristiani PASTI memperoleh hidup kekal di Surga? 

Coba kita baca ayat sebelumnya: 
Yohanes 10:27 
Domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku 

Jelaslah sekarang, 
Mereka adalah setiap orang percaya pada Yesus dan: 
+ mendengarkan suara Yesus 
+ mengikuti Yesus 
+ dikenal Yesus 
Mereka inilah yang PASTI tidak binasa melainkan hidup kekal di Surga. 

Suara Yesus artinya apa yang dikatakan Yesus, bisa berbentuk nasehat, teguran, kehendak dan perintah Yesus. 

Suara Yesus itu kita dengar artinya kita mau mendengar, membaca Firman Tuhan dan merenungkanNya. 

Setelah itu kita memutuskan mengikuti suara Yesus artinya kita menjadi pelaku Firman Tuhan melalui perbuatan kita. 

Jangan sampai kita melakukan Firman Tuhan untuk kepentingan hawa nafsu yang menginginkan uang, popularitas, kuasa/jabatan, keinginan mata yakni dibiayai wisata keluar negeri, keinginan lidah dicukongi makanan-minuman. 

Jika berlaku demikian maka Tuhan tidak berkenan dan mengatakan AKU TIDAK KENAL KAMU !!! 

Matius 7:21-23 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMu, dan mengusir setan demi namaMu, dan mengadakan banyak mujizat demi namaMu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan! 

JADI, 

Nabi-nabi palsu dan guru-guru palsu sejak dahulu sudah berkeliaran sebab banyak orang tidak tertarik kepada kebenaran Firman Tuhan dan tidak mau hidup di dalam kebenaran Tuhan tetapi selalu saja menginginkan rejeki dan berkat-berkat Tuhan mengalir di dalam hidupnya. 

Nah, tipe orang seperti inilah menjadi mangsa empuk bagi nabi-nabi palsu dan guru-guru/pengajar-pengajar palsu yang memikat mereka dengan ajaran-ajaran sesat untuk memenuhi keinginan2 itu. 

Caranya persis seperti serigala memakai baju domba supaya diterima di kawanan domba-domba lainnya. 

Nabi-nabi palsu dan guru-guru palsu memakai firman Tuhan dan hal-hal gaib spektakuler untuk menutupi maksud hati mereka yang sarat dengan hawa nafsu. 

Maka dari itu Yesus mengingatkan kita agar waspadalah terhadap nabi-nabi palsu dan sejenisnya sebab mereka akan menjerumuskan dan mebinasakan kita sehingga kita kehilangan hidup kekal. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com