Senin, 10 Juni 2019

SANTA PERAWAN MARIA, BUNDA GEREJA


Senin, 10 Juni 2019

KISAH 1:12-14
MAZMUR 87:1-3,5-7 
YOHANES 19:25-37

Yohanes 19:26-27 
Ketika Yesus melihat ibuNya dan murid yang dikasihiNya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibuNya: "Ibu, inilah, anakmu!" Kemudian kataNya kepada murid-muridNya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya

Hari ini kalender liturgi Gereja Katolik memperingati hari Santa Perawan Maria, Bunda Gereja. 

Umat kristiani mengakui keteladanan Maria sebagai ibu Yesus dengan setia mendampingi Yesus beserta murid-murid Yesus; terlebih di saat penyaliban Yesus. 

Yesus sangat mengasihi Maria sehingga di saat terakhir penyaliban diriNya, Yesus menitipkan ibuNya kepada muridNya dan sekaligus menjadi ibu murid-muridNya. 

Atas dasar inilah (Yohanes 19:27) maka Gereja Katolik menetapkan Maria, ibu Yesus sebagai ibu umat Katolik atau dengan katalain Maria adalah Bunda Gereja bagi umat Katolik. 

Umat Kristen non Katolik tidak mengakui Maria sebagai Bunda Gereja dan hanya mengakui Maria adalah ibu Yesus. 

Kita umat Katolik menghormati Bunda Maria namun hendaknya dihindari dari pengkultusan Maria sebab Yesus-lah fokus utama dalam hidup beriman kita. 

Yesus harus menjadi andalan hidup kita sebab Yesus menebus dosa kita dan telah menyelamatkan dan memberikan kita Anugerah kehidupan kekal di Surga. 

Kita berdevosi kepada Bunda Maria karena menghormatinya dan menjadi panutan bagi kita atas kesetiaannya dan keteladanan perjuangan imannya yang patut kita contoh dan menjadi model tokoh beriman umat kristiani. 

Memang Maria tidak banyak tampil dan dikisahkan dalam kitabsuci namun pada moment tertentu di saat kelahiran dan penyaliban serta kebangkitan Yesus, terlihat jelas ketabahan, kesetiaan Maria. 

Pada saat Pentakosta di ruang atas sebuah rumah di Yerusalem, Maria bersama murid-murid Yesus berkumpul dan berdoa. 

Kisah 1:13-14 
Setelah mereka tiba di kota Yerusalem, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus. Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus. 

Semoga perjalanan iman kita kepada Yesus Kristus tetap setia mengikuti Yesus seperti halnya Bunda Maria. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 
https://renunganhariankatolik.video.blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com