Jumat, 28 Juni 2019

HATI YESUS YANG MAHA KUDUS


Jumat, 28 Juni 2019

YEHEZKIEL 34:11-16 
MAZMUR 23:1-6 
LUKAS 15:3-7 

Lukas 15:4-5 
Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira 

Hari ini gereja Katolik memperingati hari raya Hati Yesus Maha Kudus dan bacaan Injil Lukas mengisahkan perumpamaan seorang gembala yang mencari seekor domba tersesat  sampai menemukannya. 

Belas kasihan Yesus digambarkan seperti seorang gembala mencari seekor domba tersesat ini, menyadarkan kita bahwa sesungguhnya Tuhan begitu amat sangat mengasihi kita sehingga Tuhan mau semua orang terselamatkan. 

Bayangkan untuk menyelamatkan satu domba tersesat, meninggalkan ke 99 domba lainnya bisa saja bahaya akan datangnya serigala memangsa mereka, begitu pikiran/pendapat banyak orang. 

Tetapi jika kita telah memahami Firman Tuhan maka kita yakin Tuhan tidak akan membiarkan ke 99 domba ditinggalkan itu mengalami bahaya keselamatanya. 

Mari kita baca Firman Tuhan berikut ini: 
Yohanes 10:28 
Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu

Jelaslah bahwa jaminan keselamatan itu Tuhan berikan kepada setiap orang yang percaya kepadaNya dan mengikutiNya. 

Yohanes 10:27 
Domba-dombaKu mendengarkan suaraKu dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku 

Kita sudah membahas bagaimana relasi gembala dengan domba-dombanya. 

Bagian kita mesti kita lakukan adalah yakin dan percaya kepada Tuhan Yesus dengan cara menuruti perkataanNya dan mengikuti semua yang dikehendakiNya. 

Dengan demikian kita tidak akan pernah meragukan cinta kasih Tuhan Yesus di dalam segala situasi dan kondisi hidup kita saat ini. 

Sayangnya, banyak orang yabg tidak tahu akan kebenaran Firman Tuhan karena tidak mau membaca, merenungkan, dan melakukan seperti dikehendaki Firman Tuhan sehingga akibatnya tidak alami atau tidak merasakan cinta kasih Tuhan (Mazmur 23:1-4) yang sesungguhnya senantiasa Tuhan sediakan atau Tuhan berikan. 

Mazmur 23:5-6 
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhab sepanjang masa. 

Banyak hal terjadi di dalam hidup kita itu sesungguhnya menunjukkan perhatian dan cinta kasih Tuhan namun seringkali kita tidak menyadarinya karena diri kita penuh dengan keinginan hawa nafsu duniawi dan tenggelam di dalamnya.

Baca dan renungkan lebih dalam lagi Firman Tuhan dari Yehezkiel 34:11-16 dan Mazmur 23:1-6 sampai engkau yakin sungguh-sungguh. 

Tiada kebahagiaan yang melebihi dari pada kasih Allah kepada diri kita dan rasakan dan nikmatilah kasihNya. 

Mazmur 34:9 
Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung padaNya!  

Ingatlah, 
Tatkala kita jatuh dan mengalami derita akibat kesalahan dan dosa kita maka bangunlah, berdirilah, dan bangkitlah gelora semangat dan imanmu. 

Kemudian berbaliklah dan bertobatlah maka Tuhan akan mengampuni serta memulihkan keadaan hidup kita, bahkan Tuhan mencurahkan kasihNya dengan melimpahkan Berkat-BerkatNya. (Ingat perumpamaan anak yang hilang). 

Yehezkiel 34:14-16 
Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel. Aku sendiri akan menggembalakan domba-dombaKu dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan Allah. Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. 

Ayo tunggu apalagi. 
Segeralah benahi hidupmu 
Tumbuhkan imanmu 
Percayalah dan yakinlah Tuhan Yesus mengasihimu. 

Hati Kudus Yesus tidak akan membiarkan kita jatuh tergeletak selamanya sebab Tuhan akan segera menolong (Mazmur 91:9-12) asalkan kita berbalik mendekat kepadaNya dan mau hidup bersamaNya (Yohanes 15:5-7). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com