Jumat, 28 Oktober 2016

MENJADI KELUARGA ALLAH










Jumat, 28 Oktiber 2016 

Ketika hari siang, Ia memanggil murid-muridNya kepadaNya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebutNya rasul. 
           (Lukas 6:13) 

Gereja Katolik hari ini memperingati kedua rasul murid Yesus : Santo Simon Zelot dan Yudas Tadeus. 

Meskipun di Injil, kedua rasul ini sedikit sekali disebutkan namanya (Yoh 14:22) namun setelah Kenaikan Yesus, mereka berdua dengan gigih memberitakan Injil ke wilayah Mesopotamia sampai wafat sebagai martir. 

Menurut Tradisi, penulis surat Yudas ialah rasul Yudas Tadeus dan dihormati gereja sebagai pelindung bagi orang mengemban tugas-tugas sulit. 

Demikianlah para rasul berkarya dengan berani mewartakan Yesus Kristus ke segala penjuru dunia. 

Dalam bacaan Injil hari ini kita diajak untuk melihat bagaimana kehidupan rohani Yesus saat berkarya di dunia. 

Yesus menyediakan waktu khusus untuk berdoa kepada Allah dan biasanya Yesus berdoa di waktu masih pagi atau waktu sudah malam sehabis pelayanan. 

Lukas 6:12 
Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. 

Kita yakini bahwa Yesus berdoa kepada Allah memohon petunjuk menentukan siapa yang dipilih menjadi kedua belas murid utamanya atau disebut rasul dan diantaranya adalah Simon Zelot dan Yudas Tadeus. 

Hendaknya kita mencontoh teladan dari Yesus yang berdoa terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu hal. 

Mendengarkan jawaban Tuhan adalah suatu handicap bagi kita karena tidak mudah mengetahui kehendak Tuhan namun paling tidak kita menghargai Tuhan sebagai penguasa hidup kita sehingga apapun yang kita lakukan di dalam hidup ini atas perkenanan Tuhan. 

Relasi doa dan saat teduh dengan Tuhan adalah suatu keharusan bagi kita yang mengaku percaya kepada Yesus Kristus supaya kita mengenal pribadiNya dan mengerti apa kehendakNya. 

Selain itu kita juga harus mengenal SabdaNya yang tertulis di Alkitab agar kita mengetahui cara kerja Tuhan Allah di dalam segala peristiwa hidup. 

Bukankah karena iman percaya kepada Yesus maka kita memperoleh Anugerah sebagai anak-anak Allah dan diijinkan memanggil BAPA kepada Tuhan Allah. 

1 Yohanes 3:1 
Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. 

Yohanes 1:12 
Semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya

Roma 8:14-15 
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" 

Dari ketiga ayat firman Tuhan ini maka seharusnya tidak ragu-ragu bahwa kita umat kristiani adalah anak-anak Allah, artinya kita adalah keluarga Allah

Selayaknya sebagai anggota keluarga Allah, kita mengenal Kehendak Allah dan menjalani hidup seturut kehendakNya. 

Sangat disayangkan bila masih banyak umat kristiani yang tidak tahu bahwa dirinya adalah anak-anak Allah dan menjadi keluarga Allah karena tidak meluangkan waktu menekuni firman Tuhan yang tertulis di Alkitab. 

Efesus 2:19 
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah. 

Padahal mereka sangat antusias bila mengikuti seminar dunia, seperti tentang kiat-kiat meraih kesuksesan atau kiat2 menghasilkan uang/kekayaan dunia. 

Mengapa tidak tertarik meraih sukses menjadi anggota keluarga Allah yang menyenangkan hati BAPA. 

Oleh sebab itu sebagai sesama anggota keluarga Allah, selain wartakan kabar sukacita tentang Yesus agar orang-orang percaya kepada Yesus. 
(Matius 28:19-20). 

Kita juga diutus kepada umat kristiani yang hidupnya menjauh dari Tuhan Allah atau dengan kata lain kita diutus ke domba yang tersesat jalannya seperti perumpamaan tentang domba yang hilang (baca Matius 18:12-14). 

Matius 18:12 
Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? 

Rasul Paulus lebih lanjut menjelaskan tentang kesatuan kita umat beriman dalam persatuan dengan Yesus Kristus. 

Efesus 2:20-22 
Dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh

Selain sebagai keluarga Allah, kita juga sebagai kesatuan gereja, dalam arti sebagai sesama umat kristiani dan dibawah pimpinan Gereja sebagai hirarki yang mengatur kehidupan rohani umat kristiani di dalam dunia ini. 

Semoga kita peduli kepada sesama umat kristiani agar bersatu-padu dalam kesatuan gereja dan keluarga Allah. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah sebagai keluarga Allah, aku turut serta dalam karya mewartakan Injil agar banyak orang semakin mendekat kepada Tuhan dan semakin yakin kepadaNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pesta St Simon dan Yudas, Rasul 
Warna Liturgi : Merah 

Efesus 2:19-22 
Mazmur 19:2-5 
Lukas 6:12-19 
BcO : 1 Korintus 5:12-32 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com