Selasa, 04 Oktober 2016

TENTUKAN PILIHAN HIDUPMU








Selasa, 4 Oktober 2016 

Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman, yang pernah hendak dibinasakannya.  
           (Galatia 1:23) 


Setiap hari kita harus memutuskan suatu pilihan karena diperhadapkan berbagai peristiwa hidup yang kita jalani. 

Hanya ada tiga pilihan yaitu : 
1) hidup menurut kebenaran Tuhan 
2) hidup menurut kebenaran dunia 
3) hidup menurut kebenaran diri sendiri 

Ketiga pilihan ini seringkali menjadi seru diperdebatkan oleh sebagian orang dan menjadi sumber konflik yang mengarah kepada perbuatan bertentangan dengan kebenaran Tuhan menurut keyakinan masing-masing orang yang berdebat. 

Rasul Paulus sebelum bertobat bernama Saulus dan semula ia membunuh orang kristen atau setidaknya memerintahkan untuk membunuh setiap orang percaya kepada Yesus sebab ia merasa benar atas tindakannya berdasarkan keyakinan agama Yahudi. 

Galatia 1:13 
Sebab kamu telah mendengar tentang hidupku dahulu dalam agama Yahudi: tanpa batas aku menganiaya jemaat Allah dan berusaha membinasakannya

Bukankah di jaman sekarang ini banyak orang bertikai (tidak hanya berdebat) dan saling membunuh secara fisik maupun membunuh secara rohani karena membela keyakinan agamanya. 

SUNGGUH SUATU IRONI MENYEDIHKAN

Sejarah mencatat begitu banyak korban berjatuhan diakibatkan perang karena berbeda keyakinan dan masing-masing merasa menjadi pahlawan pembela agama yang diyakininya dan mengklaim Tuhan Allah berkenan dan menyetujui membasmi orang lain yang berbeda dari agama yang dianutnya; bahkan merasa mendapat pahala dari Tuhan Allah dan ia yakin pasti masuk surga.... 

Jangankan berbeda agama,  yang sama agamanya tetapi berbeda penafsirannya menjadi ribut dan bertikai. 

WAHAI ORANG-ORANG MENGKLAIM KEBENARAN SEJATI ADA PADA DIRINYA..... SIAPAKAH DIRIMU YANG BERTINDAK SEBAGAI HAKIM ATAS DIRI ORANG LAIN DAN MEMBENARKAN TINDAKANMU ATAS NAMA TUHAN??? 

Yakobus 4:12 
Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Tuhan Allah yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia? 

Jika ada diantara kita umat kristiani menghakimi orang lain karena tidak seperti dirinya yang merasa sudah hidup dalam Kebenaran maka BERTOBATLAH. 

Hanya Yesus dapat mengatakan bahwa
Akulah jalan 
Akulah kebenaran 
Akulah hidup 
(Yohanes 14:6a). 

Rasul Paulus bertobat dan mengakui dia bersalah serta berdosa, kemudian beliau memutuskan untuk berbalik arah tujuan hidupnya dengan mengikuti Yesus yaitu memberitakan Injil dan menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

1 Korintus 9:16 
Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. 

Dan terbukti kelak kemudian hari, Rasul Paulus berjuang sampai mati beritakan Injil tentang Yesus Kristus. 

Demikian hendaknya kita saat ini
bukan sekedar mengaku percaya tetapi tidak menjalani hidup sesuai kebenaran yang diajarkan Yesus Kristus, artinya engkau telah memilih hidup menurut kebenaran dirimu sendiri dan menurut kebenaran dunia. 

Apakah anda masih saja disibukkan oleh urusan duniawi sehingga tidak tertarik pada urusan rohani dan mengabaikan tujuan hidupmu di dunia adalah menuju kepada kekekalan hidup di Sorgawi? 

Semua itu adalah pilihan anda namun satu hal jangan menyesal bila ternyata pilihan hidupmu menjauhkan dirimu dari Tuhan karena lebih memilih pemenuhan keinginan dirimu yang lebih memilih segala sesuatu dari dunia ini. 

Belajarlah dari sejarah dan kisah hidup orang lain yang mengakhiri hidupnya dengan tragis. 

Banyak buku best seller tentang hidup benar di dalam Tuhan bisa kita beli supaya kita bisa baca dan menjadi suatu pelajaran bagi kita menjalani hidup ini. 

Aturlah waktumu agar semakin hari kian banyak waktu bersaat teduh bersama Tuhan; bisa melalui doa, kontemplasi, merenungkan Sabda Tuhan dan naikkan pujian penyembahan kepada Tuhan. 

Jika anda sudah berusia 50 tahun keatas sudah waktunya tinggalkan kesibukan uusan duniawi sehingga tidak ada waktu bercengkrama dengan Tuhan. 

Dalam bacaan Injil hari ini, seorang perempuan bernama Marta sibuk terus melayani orang sehingga tidak sempat duduk bersama Yesus yang datang ke rumahnya sedang saudarinya yakni Maria, memilih menemani Yesus. 

Lukas 10;38-39 
Ketika Yesus dan murid-muridNya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataanNya, sedang Marta sibuk sekali melayani

Pilihan Marta sebetulnya baik juga sebab ia melayani orang lain namun ia tidak memilih bagian yang terbaik seperti Maria yaitu memilih duduk bersimpuh di kaki Yesus dan mendengarkan Yesus. 

Ada sebagian orang sibuk pelayanan kemana-mana; apakah itu melayani orang lain maupun melayani keluarga dan tidak menyediakan waktu khusus untuk berdoa, bersaat teduh dengan Tuhan dan merenungkan Firman Tuhan di Alkitab atau mendengar pengajaran dan renungan rohani. 

Suatu saat orang ini akan merasakan kejenuhan dan kekeringan dalam jiwanya karena tidak mendapat siraman rohani sehingga ibaratnya ia seperti robot yang menjani rutinitas hidup setiap hari sama seperti hari-hari sebelumnya mengurusi segala urusan dunia. 

Biasanya orang ini akan komplain pada pelayanannya, kepada Tuhan, situasi rutinitasnya ...pokok e uring-uringan, seperti Marta dalan bacaan Injil. 

Lukas 10:40 
Marta mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantuku."

Yesus menegur Marta atas sikapnya serta menasehati Marta agar mencontoh Maria yang memilih bagian terbaik. 

Lukas 10:41-42 
Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya." 

Kita juga bisa saksikan sekarang ini orang yang bersikap seperti Marta yang sibuk pelayanan dan melihat orang lain di dalam team pelayanan tidak sesibuk seperti dirinya maka ia menegur rekan sepelayanannya kenapa tidak berbuat seperti yang ia lakukan. 

Jika kita melayani, hendaknya kita fokus saja apa yang kita kerjakan dan tidak perlu membandingkan rekan team lain sebab kita melayani karena ketulusan hati dan hal ini terdorong ungkapan syukur dan terimakasih kita kepada Tuhan yang selama ini telah menolong dan memberkati hidup kita. 

Persoalan orang lain atau rekan team lain tidak melakukan pelayanan seperti yang kita lakukan maka janganlah cepat menegur, apalagi menghakiminya. 

Ada banyak hal yang tidak kita ketahui; bisa saja orang lain atau rekan team kita sedang ada panggilan pelayanan lain atau saat itu dia sedang bergumul ada masalah keluarga/masalah keuangan dsbnya, atau memang dia sedang bete alias jenuh seperti Marta. 

Seharusnya kita saling mengerti keadaan orang lain dan mendoakannya atau bila tergerak belas kasihan maka kita bantu keuangan atau apa saja kita lakukan untuk membantunya. 

Hal seperti ini juga dialami Rasul Paulus setelah pertobatannya, ia belum diterima oleh sebagian jemaat saat itu karena masih dicurigai... maklumlah ia mantan pembunuh orang kristen. 

Galatia 1:22-23 
Tetapi rupaku tetap tidak dikenal oleh jemaat-jemaat Kristus di Yudea. Mereka hanya mendengar, bahwa ia yang dahulu menganiaya mereka, sekarang memberitakan iman, yang pernah hendak dibinasakannya. 

Memang begitulah sikap kita manusia, lebih mengingat kesalahan/kelemahan orang lain daripada kelebihan atau sifat baik orang lain. 

Segala peristiwa terjadi di hidup ini pasti ada hikmahnya bila kita mau belajar dari pengalaman peristiwa tersebut dan akan banyak waktu untuk proses perbaikan yang diakibatkan oleh peristiwa hidup berdampak langsung atas kehidupan yang kita alami. 

Rasul Paulus membutuhkan waktu tiga tahun mentransformasi dirinya untuk belajar mengenal Tuhan (Roma 12:2). 

Galatia 1:17-18 
juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik. Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya. 

Untuk mengenal Tuhan maka kita harus bertekun menjalin dan membangun relasi pribadi dengan Tuhan. 

Pelayanan kita lakukan atas perintah atau kehendak Tuhan yang kita ketahui dari relasi intim kita bersamaNya. 

Belajarlah dari pengalaman Rasul Paulus yang bergumul menata ulang kebenaran yang diyakininya, sampai ia memutuskan bertobat dan mengikuti Yesus. 

Begitu pula Maria memilih yang terbaik untuk mendengarkan Yesus dan kita tak tahu apakah Marta mentransformasi dirinya mengikuti nasehat Yesus karena tidak ditulis di Injil. 

Bagaimana dengan kita ? 

Bergegaslah, waktu kita tinggal sesaat lagi dan sadarilah berapa lama lagi ijin tinggal kita di dunia ini masih tersisa; beberapa hari lagikah atau seminggu, sebulan, setahun, beberapa tahun lagi, atau jangan-jangan hari ini adalah hari terakhir kita hidup di dunia? 

Tentukan pilihan hidupmu ! 
( renungkan Ulangan 30:15-20 )

Pilihlah hidup di dalam kebenaran Tuhan yang akan membawa kita kepada hidup kekal di Surga. 

Yosua 24:15 
Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!" 


REFLEKSI DIRI 

Ya Tuhanku, 
Aku memutuskan untuk memilih Jalan KebenaranMu yang aku imani pasti membawa aku pada kehidupan kekal di Surga bersamaMu. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Fransiskus dr Asisi 
Warna Liturgi : Putih 

Galatia 1:13-24 
Mazmur 139:1-3,13-15 
Lukas 10:38-42 
BcO : Sirakh 2:1-18 

============= ☆☆☆ ============

1 komentar:

Putry Amouy mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com