Jumat, 07 Oktober 2016

KUASA TUHAN DASHYAT










Jumat, 7 Oktober 2016 

Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu
              (Lukas 11:20)


Kuasa Allah sangat luar biasa dan diluar nalar manusia bisa terjadi kesembuhan, seperti orang bisu dapat berbicara dalam bacaan Injil hari ini. 

Lukas 11:14 
Pada suatu kali Yesus mengusir dari seorang suatu setan yang membisukan. Ketika setan itu keluar, orang bisu itu dapat berkata-kata. Maka heranlah orang banyak. 

Kenapa yach di jaman sekarang jarang terjadi mukjizat seperti ini, orang buta melek, orang bisu berbicara, orang tuli mendengar, atau sakit kanker stadium gawat bisa sembuh total, apalagi yang mati bisa hidup kembali...wow. 

Bagi yang aktif pelayanan maka mintalah karunia mukjizat dan karunia discerment sebab diperlukan saat mendoakan orang. 

Lukas 11:13b 
Bapamu yang di sorga akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya. 

Tidak heran bila seseorang menerima karunia mengadakan mukjizat maka banyak orang datang minta didoakan agar mereka sembuh. 

Namun anehnya ada saja orang yang tidak mau percaya meski sudah melihat langsung dan itu terjadi sampai saat ini. 

Ada juga orang yang ragu-ragu, apakah betul mukjizat ini dari Tuhan atau hanya rekayasa manusia? 

Ketika melihat orang banyak heran atas perbuatan ajaib yang Yesus lakukan maka orang Farisi iri hati kepada Yesus dan mencela Yesus menggunakan kuasa Beelzebul, penghulu setan. 

Matius 12:24 
Ketika orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan." 

Ternyata ada orang lain yang mencobai Yesus dan meminta tanda dari Sorga.... 

Lukas 11:15 
Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepadaNya, untuk mencobai Dia

Selain iri hati, sebetulnya orang farisi tahu tanda-tanda Yesus adalah Mesias semakin nyata menurut kitab suci. 

Yesaya 35:4-6a 
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: "Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!" Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai. 

Orang iri hati itu pengecut sebab ia tidak berusaha mengupgrade dirinya supaya lebih baik tetapi yang ia lakukan adalah berusaha segala cara menjegal orang lain dengan menyebarkan dusta, fitnah, intimidasi, konspirasi, sampai tindakan melanggar hukum. 

Orang farisi melihat masyarakat Yahudi terpesona dengan mukjizat Yesus dan banyak yang mengikuti Yesus maka seperti biasanya mereka menyebar fitnah bahwa Yesus menggunakan kuasa penghulu setan (=beelzebul). 

Selama Yesus berkarya di dunia, selalu saja direcoki orang farisi, ahli taurat, imam kepala, tua-tua Yahudi, dan orang Saduki.... sampai bosan dan muak kita menyaksikan sikap/perbuatan mereka. 

Ternyata saat ini kita juga menyaksikan perilaku mereka didalam diri manusia jaman sekarang dan semoga kita tidak ketularan sikap dan perbuatan mereka. 

Matius 16:6 
Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki." 

Selanjutnya, 

Bacaan Injil hari ini membahas perikop tentang kembalinya roh jahat yang telah diusir keluar dari dalam diri manusia. 

Lukas 11:24 
Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. 

Antek-antek Iblis itu, ada setan, ada roh jahat, ada tingkatan penghulu setan, dan macam-macam sebutan/jenisnya. 

Darisini kita ketahui bahwa roh jahat itu mengintai terus menunggu kelemahan manusia terutama yang menjalani hidup menurut cara dunia dan yang doyan kenikmatan duniawi yang penuh hawa nafsu; tidak hanya soal sex tetapi juga soal gile duit/harta, kemaruk kuasa dan haus pujian nama menjulang tinggi. 

Biasanya orang seperti ini tidak bergaul karib dengan Firman Tuhan, jarang doa, jarang ikut misa ekaristi di gereja, kagak mau ngumpul ikutan pendalaman iman. 

Kalau ia ikut komunitas rohani biasanya cuman buat cari peluang bisnis, motivasi mencari keuntungan pribadi dan tidak bermaksud belajar mendalami firman Tuhan dan tidak tertarik ikut berdoa atau melambungkan pujian penyembahan kepada Tuhan Allah. 

Keadaan orang seperti ini dikatakan dalam ayat firman Tuhan dibawah ini : 

Lukas 11:25-26 
Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. 
Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula

Garia bawahi kalimat : keadaan rumah itu bersih dan rapi teratur 
artinya orang ini dalam keadaan nyaman (=comfort zone) dibuai oleh kesenangan dan kenikmatan duniawi sehingga tidak peduli keadaan orang lain disekitarnya sebab yang ia perhatikan kepentingan diri sendiri. 

Bukankah banyak dijumpai sikap orang seperti ini dan dengan sinis mencibir orang yang memberitakan Sabda Tuhan karena ia merasa hidupnya lebih baik daripada orang lain. 

Orang seperti ini sasaran empuk bagi roh jahat/Iblis menjerat masuk ke dalam perangkapnya dan jangan harap orang ini bisa keluar atau melarikan diri sebab Iblis/roh jahat tidak rela melepaskannya, kecuali orang ini bertobat dan berbalik mengikuti Yesus. 

Kuasa Yesus jelas sangat dashyat dan Iblis pasti kalah sebab dengan Malaikat saja kalah apalagi dengan Tuhan Yesus. 

Wahyu 12:7-9 
Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. 

Itu sebabnya Yesus mengatakan : 
Lukas 11:23 
Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai beraikan

Memang di jaman akhir ini banyak orang menjadi seteru Kristus karena mereka telah dikuasai Iblis sehingga tak berdaya dijadikan umpan Iblis untuk menyakiti Tuhan Allah bila manusia terperosok ke dalam jurang alam maut sebab Allah amat sangat mengasihi manusia. 

Wahyu 12:13,17 
Ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu. Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus. 

Suatu peringatan buat kita agar jangan pernah terbujuk rayuan Iblis yang terus menerus menawarkan kenikmatan dunia kepada setiap orang, terutama kepada orang-orang rohani yang masih taat kepada Tuhan Allah. 

Tidak heran bila ada seorang Pastor bisa terpeleset oleh kemilau dunia pada saat beliau tergoda oleh rayuan Iblis. 

Tidak ada seorangpun yang kebal atas godaan Iblis bila orang tersebut tidak waspada dan menjauh dariTuhan

Oleh sebab itu mendekatlah kepada Tuhan senantiasa dan katakan tidak pada semua godaan Iblis. 

Allah berjanji akan melindungi umat Perjanjian Lama dengan mengangkat seorang gembala. 

Yehezkiel 34:22-24 
Aku akan menolong domba-dombaKu, supaya mereka jangan lagi menjadi mangsa dan Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba. Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka, yang akan menggembalakannya, yaitu Daud, hambaKu; dia akan menggembalakan mereka, dan menjadi gembalanya. Dan Aku, Tuhan, akan menjadi Allah mereka serta hambaKu Daud menjadi raja di tengah-tengah mereka. Aku,Tuhan yang mengatakannya 

Digenapi oleh Yesus yang menjadi Gembala Agung melindungi setiap orang yang percaya kepadaNya. 

Yohanes 19:11 
Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya

Tidak ada cara lain kecuali bersandar dan menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada Tuhan supaya Iblis tidak dapat merebut kita dari Tangan Tuhan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku tetap mengandalkan Tuhan dan hidup di dalam kebenaranNya agar aku tidak disesatkan Iblis? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW SP Maria, Ratu Rosario 
Warna Liturgi : Putih 

Galatia 3:7-14 
Mazmur 111:1-6 
Lukas 11:15-26 
BcO : Sirakh 6:5-37 

============= ☆☆☆ ============


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com