Sabtu, 17 Desember 2016

KESELAMATAN TELAH TIBA










Sabtu, 17 Desember 2016 

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. 
          (Matius 1:17) 

Rencana penyelamatan Allah kepada manusia melalui suatu proses panjang dan mencapai puncaknya di dalam diri Yesus sebagai Sang Mesias. 

Kelahiran Yesus ke dunia ini adalah jawaban atas pengharapan manusia agar terbebas dari belenggu dosa dan juga sekaligus penggenapan Janji Allah untuk memyelamatkan manusia dari kematian kekal dan mengAnugerahkan kehidupan kekal melalui Yesus Kristus. 

Kita bisa telusuri silsilah kelahiran Yesus yang dicatat di dalam Injil Matius dan Injil Lukas (meski susunannya berbeda) bahwa beberapa diantaranya termasuk orang-orang yang pernah berbuat salah. 

Misalnya

Abraham 
dua kali megambil keuntungan dengan cara membohongi raja Mesir, Firaun (Kejadiam 12:11-20) dan raja Gerar, Abimelekh (Kejadian pasal 20). 

Ishak 
sama seperti ayahnya, Abraham dimana ia membohongi raja Filistin, Abimelekh (Kejadian 26:7-11). 

Yakub 
mengincar hak kesulungan dari Esau dengan roti dan masakan kacang merah (Kejadian 25:29-34) serta mengaku sebagai Esau untuk mendapatkan berkat anak sulung dari bapaknya, Ishak (Kej27)

Yehuda 
meniduri Tamar (isteri anak sulungnya) sehingga lahirlah (Kej 38:16-30) 

Daud 
meniduri Batsyeba dan membunuh suaminya, Uria (2 Samuel pasal 11). 

Manasye 
menjadi raja di usia 25 tahun melakukan perbuatan keji di mata Allah menyembah patung Asyera (2 Raja pasal 21). 

Tentu saja dari silsilah tersebut ada juga melakukan perbuatan terpuji, seperti misalnya : 

Boas 
murah hati menolong orang miskin dan diantaranya adalah Ruth, yang akhirnya dinikahinya sehingga melahirkan Obed, kemudian melahirkan Isai, ayah Daud. 
(Rut pasal 2 dan 4). 

Rahab 
perempuan pelacur memberikan info mengenai kota Yerikho kepada ke-12 pengintai (Yosua pasal 2). 

--> 
Apa yang hendak disampaikan dari perbuatan tokoh Alkitab dalam silsilah Yesus? bahwa perbuatan jahat dapat berubah bila yang bersangkutan mau bertobat dengan meninggalkan sikap hidup lama dan mengikuti Tuhan Allah. 

Memang kita manusia sangat lemah dan tidak ada seorang manusiapun yang tidak pernah berdosa, kecuali Yesus sebab melalui penebusan Yesuslah maka kita beroleh keselamatan. 

Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 

2 Korintus 5:21 
Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuatNya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. 

Oleh karena itulah Yesus lahir ke dunia untuk membebaskan kita manusia dari belenggu kuasa dosa. 

Di masa Adven khusus ini kita diajak untuk mengintropeksi diri dari kesalahan, kelalaian, kelemahan daging, hingga pada perbuatan dosa-dosa supaya kita betobat dan mentahirkan segala hal yang tidak berkenan bagi Tuhan Allah. 

Masa Advent adalah masa persiapan kita menyambut kedatangan Yesus kedua kalinya dan sekaligus mengenang kelahiran Yesus yang telah datang 2000 tahun lalu. 

Perubahan sikap hidup berfokus pada Yesus merupakan keputusan masing2 umat kristiani dan menjadikan Yesus adalah satu-satunya JuruSelamat dalam hidup kita. 

Sebagian umat kristiani menjadikan Yesus adalah salah satu Juru Selamat dalam hidupnya karena masih andalkan ilah-ilah lain dari dunia ini padahal Yesus telah membebaskannya dari belenggu dosa dan telah memberkati hidupnya. 

Mari kita kembali kepada Yesus dan tinggalkan andalan hidup lainnya seperti uang/harta dunia atau ilah-ilah dunia. 

Sadarilah dunia ini gelap walau terlihat gemerlap oleh mata jasmani kita sebab Terang sesungguhnya ada pada Yesus bila engkau memandangnya dengan mata rohanimu

Hendaklah mata rohani menerangi mata jasmani supaya pandangan kita tentang hidup di dunia ini tidak bias bagaikan fatamorgana yang mengaburkan dan menjauhkan kita dari Terang Kristus. 

Pasir yang membentang di gurun pasir seringkali terlihat seperti hamparan air namun ketika didekati ternyata hanyalah pasir belaka. 

Seharusnya kita mencari oase yang merupakan sumber air yang tiada pernah berhenti menyemburkan air dan hanya bisa kita temukan di dalam Yesus. 

Yohanes 4:13-14 
Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal." 

Kedatangan Yesus semakin dekat dan bergegaslah mendapatkan Air Hidup dari sumber oase yang Yesus curahkan. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku menyambut Terang Kristus dengan membuka hatiku agar kegelapan berlalu dari hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan Khusus Adven 
Hari 1 Novena Natal 
Warna Liturgi : Ungu 

Kejadian 49:2,8-10   
Mazmur 72:1-4,7-8,17 
Matius 1:1-17 
BcO : Yesaya 40:1-11 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com