Senin, 19 Desember 2016

KABAR SUKACITA ILAHI (BAGIAN-I)












Senin, 19 Desember 2016 

Jawab malaikat itu kepada Zakharia: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. 
            (Lukas 1:19)  

Kita sudah memasuki masa Adven ke-4 yang merupakan minggu sukacita sebab kelahiran Sang JuruSelamat segera tiba. 

Hari ini diberitakan kabar sukacita dari Malaikat Gabriel kepada Zakharia bahwa Elisabet mengandung seorang bayi dan harus diberi nama : Yohanes. 

Lukas 1:13 
Malaikat Gabriel berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes". 

Zakharia terkejut dan tidak percaya sebab Elisabet sudah tua dan menurut pemikirannya apakah bisa hamil? 

Lukas 1:18 
Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya." 

Logika seringkali menjadi penghalang Berkat Tuhan yang akan dicurahkan dan seharusnya kita mesti belajar dari Alkitab tentang mukjizat Tuhan supaya iman kita mempercayainya. 

Ada beberapa petunjuk suatu mukjizat itu terjadi pada diri seseorang yang bisa kita ketahui dari Alkitab, yaitu : 

Pertama 
Zakharia dan Elisabet hidup dalam kebenaran Tuhan 

Lukas 1:6 
Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat

Hidup benar di hadapan Tuhan adalah landasan utama yang harus dijalani oleh setiap umat kristiani maka niscaya akan mentaati segala perintah Tuhan dengan tidak berkompromi dengan dosa. 

Acuannya adalah kebenaran Tuhan dan bukan kebenaran menurut manusia atau peraturan manusia mengatasnamakan kebenaran padahal itu bukan kebenaran sesungguhnya dari Tuhan. 

Kebenaran Tuhan dapat kita ketahui dari firman Tuhan tertulis di Alkitab dan juga dari wahyu pribadi yang disampaikan Allah Roh Kudus. 

Yesus sendiri mengatakan bahwa
Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firmanKu dan BapaKu akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (Yohanes 14:23) 

Dan orang yang hidup dalam kebenaran firman Tuhan maka ia akan menerima Berkat-Berkat Tuhan. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Zakharia dan Elisabet menerima Berkat Tuhan karena hidup di dalam kebenaran Tuhan meskipun mulanya mereka heran dan terkejut mendengar kabar sukacita dari Malaikat Gabriel. 

Kedua 
Zakaria melayani sebagai imam 

Lukas 1:5 
Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. 

Disini kita lihat bahwa seseorang yang melayani menunjukan sikap peduli pada kepentingan orang lain dan bila dengan tekun dan setia mengerjakan pelayanan maka biasanya Tuhan berkenan berkati hidup mereka dan segala keperluannya dicukupi oleh Tuhan

2 Timotius 2:4 
Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 

Zakaria dan Elisabet dari keturunan Harun dari suku Lewi yang ditetapkan melayani pelayanan mezbah. 

Setiap anak laki-laki keturunan Harun menjadi imam sehingga jumlah mereka semakin banyak sehingga harus dibagi beberapa rombongan untuk menentukan imam mana yang bertugas di Bait Allah. 

Menurut kitab Tawarikh, pada jaman itu, raja Daud membagi imam-imam menjadi 24 rombongan sebab anak-anak Harun ada dua orang yang masih hidup yaitu Eleazer dan Itamar sesuai jabatan dalam penyelenggaraan ibadah.  (1Taw 24:1-3). 

1 Tawarikh 24:4-5 
Ternyata bahwa di antara keturunan Eleazar ada lebih banyak kepala kaum dari pada di antara keturunan Itamar, sebab itu orang membagi-bagi mereka sebagai berikut: untuk bani Eleazar enam belas orang kepala puak, tetapi untuk bani Itamar delapan orang kepala puak. Dan orang membagi-bagi mereka dengan membuang undi tanpa mengadakan perbedaan, sebab ada "pemimpin-pemimpin kudus" dan "pemimpin-pemimpin Allah", baik di antara keturunan Eleazar maupun di antara keturunan Itamar. 

Zakaria termasuk rombongan Abia yakni rombongan ke-8 (1 Tawarikh 24:10) yang saat itu diundi untuk tugas keimaman (membakar ukupan) di Bait Allah. 

Ketaatan Zakharia menjalankan tugas pelayanan keimaman itu berkenan bagi Tuhan Allah sehingga mereka mendapat Anugerah menjadi orangtua dari utusan Tuhan (=nabi=Yohanes), mempersiapkan kedatangan Mesias (=Yesus). 

Bagi anda yang melakukan pelayanan rohani akan mengalami sukacita Ilahi seperti yang dikatakan Malaikat Gabriel kepada Zakharia. 

Lukas 1:14 
Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu. 

Ketiga 
Zakharia dan Elisabet pasti berdoa terus dan selalu berharap kepada Tuhan. 

Lukas 1:24-25 
Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang." 

wow, inilah sukacita yang sulit dilukiskan pada saat permohonan doa dikabulkan setelah sekian lama menantikan dengan penuh pengharapan kepada Tuhan. 

Mazmur 71:5 
Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah. 

Mazmur 50:15 
Berserulah kepadaKu pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah saat ini aku bersukacita sebab Tuhan memberkatiku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan Khusus Adven 
Warna Liturgi : Ungu 

Hakim 13:2-7,24-25a   
Mazmur 71:3-6,16-17 
Lukas 1:5-25 
BcO : Yesaya 41:8-20 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com