Selasa, 28 Maret 2017

JEHOVA RAPHA (=TUHAN PENYEMBUH) - BAGIAN I









Senin, 27 Maret 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 65:17-21 

Tuhan menjanjikan langit yang baru dan bumi yang baru kepada bangsa Israel. 

Bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya atas apa yang Kuciptakan, sebab sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan (Yesaya 65:18). 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 30:2,4-6,11-12a 

Mazmur ini berisikan ucapan syukur atas kebaikan Tuhan menyembuhkan dan menyelamatkan. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 4:43-54 

Tanda mukjizat kedua dibuat Yesus di Kapernaum saat menyembuhkan anak dari pegawai istana yang hampir mati. 

RENUNGAN HARI INI 

Sekarang ini banyak orang menderita sakit-penyakit yang diakibatkan berbagai penyebab, terutama oleh pola hidup yang tidak teratur; pola makan, tidur, konsumsi miras, bahkan ada yang narkoba. 

Tidak heran berbagai penyakit kronis menggerogoti tubuh; jantung, paru-paru, empedu-hati, lambung, usus, dsbnya. 

Ada penyakit akibat stress, depresi, dan khawatir, takut-galau, luka batin yang disebabkan psikis-nya terganggu. 

Ditambah lagi perilaku sexualitas yang menyimpang; homo, lesbian, LGBT, sejak jaman para rasul sudah terjadi. 

Roma 1:24 
Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka. 

Roma 1:26-27 
Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka. 

Semua ini akibat mengumbar hawa nafsu kedagingan dan menyepelekan kesucian tubuh dan jiwa karena roh-nya mati dan dibutakan dari Firman Tuhan. 

1 Korintus 3:16 
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 

Berapa banyak orang tidak menjadikan Firman Tuhan sebagai pedoman hidup yang menuntun jalan hidupnya sehari2 karena lebih mengutamakan kenikmatan duniawi menguasai dirinya. 

Nanti suatu saat penyakit kronis timbul, jiwanya merana, hidupnya hancur maka biasanya baru mencari Tuhan setelah kesana-kemari mencari orang pinter dan ternyata tidak mampu menyembuhkan penyakitnya dan menyelesaikan problem yang dihadapinya. 

Tuhan Allah sangat mengasihi kita dan dengan kasihNya menyembuhkan sakit penyakit dan membebaskan penderitaan orang2 yang memohon pertolongan dan kesembuhan dariNya. 

Mazmur 30:12-13 
Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita, supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagiMu dan jangan berdiam diri. Tuhan, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagiMu. 

Lihatlah betapa baiknya Tuhan. 
Masihkah mengeraskan hati untuk hidup menjauh dari Tuhan karena masih mau hidup dalam kedagingan dan tidak mau melepaskan kesenangan duniawi yang terus-menerus menggayut di hidupmu. 

Sungguh teramat sangat bodoh jika tidak tersentuh oleh kebaikan Tuhan dan masih tenggelam dalam lautan segala jenis nafsumu; nafsu sex, nafsu harta, nafsu kuasa, nafsu kesombongan, dsb. 

Sekarang hari sudah senja dan sebentar lagi, hari akan gelap. 
Hari-hari Tuhan semakin dekat akan menghakimi perbuatan kita di dunia ini. 

Yuk, tinggalkan dan tanggalkan segala hal yang tidak berkenan bagi Tuhan dan hari ini putuskan ikatan keduniawian, dengan hidup di dalam kebenaran Tuhan....mari, tunggu apalagi !!! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

1 komentar:

Melchior suroso mengatakan...

Mohon dukungan doa untuk saya sudah 5 tahun sakit stroke dan insomnia. Terima kasih. Melchior Suroso

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com