Sabtu, 04 Maret 2017

KEMBALILAH KEPADA TUHAN









Sabtu, 4 Maret 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 58:9b-14 

Pertama 
Tuhan memberkati orang yang murah hati menolong orang lain 

Yesaya 58:10-11 
Apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. Tuhan akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 

Kedua 
Tuhan menghendaki hari Sabat di hormati maka Ia berikan berkatNya 

Yesaya 58:13-14 
Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudusKu; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus Tuhan "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 86:1-6 

Mazmur ini mengungkapkan doa Daud meminta pertolongan dari Tuhan Allah. 

Mazmur 86:1,3,5 
Doa Daud. Sendengkanlah telingaMu, ya Tuhan, jawablah aku, sebab sengsara dan miskin aku. Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepadaMulah aku berseru sepanjang hari. Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepadaMu

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 5:27-32 

Pertama 
Lewi/Matius segera mengikuti Yesus 

Lukas 5:27-28 
Ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia. 

Kedua 
Orang farisi dan ahli taurat mengkritik Yesus makan bersama orang berdosa 

Lukas 5:30 
Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 

Ketiga 
Yesus katakan Ia datang memanggil orang berdosa supaya bertobat 

Lukas 5:31-32 
Jawab Yesus kepada mereka, kataNya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat." 

RENUNGAN HARI INI 

Setiap orang pasti pernah berbuat dosa berulangkali dan ada juga orang terbiasa sehingga suatu saat tidak mengakuinya sebagai dosa tetapi dianggap kelemahan saja; mengatakan bukan dosa. 

Tuhan terus menggedor hati nurani kita agar stop berbuat dosa meskipun ada begitu banyak orang tidak menanggapi namun pasti ada yang tersentuh hatinya bertobat dan kembali mengikuti Tuhan. 

Salah satunya adalah Lewi atau Matius, seorang pemungut cukai; profesi yang sangat rentan dengan korupsi. 
Ia menyadari dirinya berdosa sebab telah melakukan perbuatan dosa. 

Kemungkinan Lewi sering mendengar tentang Yesus dan ia segera mengikuti Yesus tanpa ragu-ragu; ia mengajak teman-teman sesama pemungut cukai bertobat dimana mereka mengadakan acara syukur atas rahmat Tuhan yang mengampuni dosa mereka. 

Biasalah, ada saja orang yang munafik yakni orang farisi dan ahli taurat yang menganggap diri orang benar padahal jangan-jangan dosanya bertumpuk sebab ia pikir bisa sembunyikan dosa meskipun di hadapan orang lain bisa mengelabuinya (Lukas 5:30). 

Mengapa Yesus mengatakan Ia datang untuk orang berdosa dan orang sakit? 

orang sakit = tubuhnya sakit 
orang berdosa = jiwanya sakit 

Pertama 
Orang sakit/berdosa merasakan dirinya lemah tak berdaya 

Mazmur 143:4,7 
Semangatku lemah lesu dalam diriku, hatiku tertegun dalam tubuhku. Jawablah aku dengan segera, ya Tuhan, sudah habis semangatku! Jangan sembunyikan wajahMu terhadap aku, sehingga aku seperti mereka yang turun ke liang kubur. 

Kedua 
Orang sakit/ berdosa sangat berharap pertolongan; terutama dari Tuhan 

Mazmur 102:1-2 
Doa seorang sengsara, pada waktu ia lemah lesu dan mencurahkan pengaduhannya ke hadapan Tuhan. 
Tuhan, dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepadaMu

Hati nurani kita sebetulnya capek urusin segala hal yang bertentangan dengan Tuhan dan biasanya dipaksakan saja mengeraskan hati demi harga diri semu dan tidak tahan melawan keinginan hawa nafsu kedagingan sehingga dosa selalu mengintip di saat kita lemah. 

Sesungguhnya Tuhan memberikan hati baru kepada kita agar mengenal Tuhan pada saat kita beriman kepadaNya. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. 

Hidup dibimbing dan dituntun Tuhan itu adalah kunci kebahagiaan hidup kita di dunia ini namun sayangnya banyak yang salah jalan mengejar kesenangan dan harta dunia sebagai kebahagiaan hidup

Nasehat ini sering kita dengar dan kali ini hendaknya diperhatikan dan ditanggapi dengan sungguh-sungguh; terlebih saat ini masa prapaskah. 

Yesus rela mati di kayu Salib demi untuk menebus dosa-dosa kita manusia agar diselamatkan dan hidup kekal di Sorga. 

Kembalilah ke pelukan Tuhan dan jangan menunda hidup di dalam jalan Tuhan. 
Tinggalkan segala hal dari dunia ini dan fokuslah pada hal-hal kekekalan yang mendatangkan kebahagiaan sejati. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com