Kamis, 23 Maret 2017

TURUTI PERINTAH DAN KEHENDAK TUHAN (BAGIAN-2)









Kamis, 23 Maret 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YEREMIA 7:23-28 

Bangsa Israel murtad dan tidak mau lagi mendengarkan Tuhan Allah, malahan berbuat lebih jahat dari leluhur mereka. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 95:1-2,6-9 

Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita. Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaanNya dan kawanan domba tuntunan tanganNya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suaraNya!  (ayat 6-7) 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 11:14-23 

Yesus mengusir setan yang membuat seseorang menjadi bisu dan membuat banyak orang melihanya heran. 

Ada orang yang berkata bahwa Yesus mengusir setan dengan kuasa Beelzebul yakni penghulu setan. 

Yesus menjelaskan bahwa Ia mengusir setan dengan kuasa Allah, kemudian Yesus menasehati mereka dengan mengatakan : 

Lukas 11:23 
Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai beraikan

RENUNGAN HARI INI 

Perbuatan jahat manusia sejak dahulu sampai sekarang, tidak pernah berhenti dan herannya manusia tidak bosan berbuat jahat, bahkan semakin jahat. 

Nabi Yeremia dipakai Tuhan untuk menegor dan menasehati bangsa Israel yang tercerai-berai dikuasai bangsa lain yakni di bagian utara oleh bangsa Asyur dan di bagian selatan, bangsa Babel. 

Yeremia 7:26,28 
Mereka tidak mau mendengarkan kepadaKu dan tidak mau memberi perhatian, bahkan mereka menegarkan tengkuknya, berbuat lebih jahat dari pada nenek moyang mereka
Sebab itu, katakanlah kepada mereka: Inilah bangsa yang tidak mau mendengarkan suara Tuhan, Allah mereka, dan yang tidak mau menerima penghajaran! Ketulusan mereka sudah lenyap, sudah hapus dari mulut mereka

Bayangkan dalam keadaan tertindas, seharusnya mereka semakin mendekat kepada Tuhan tetapi justru perbuatan mereka semakin jahat dan bangsa Israel sangat tegar tengkuk dan selalu saja bertentangan dengan kehendak Tuhan. 

Bagaimana dengan keadaan kita? 

Sepertinya tidak jauh berbeda, kejahatan di jaman sekarang semakin canggih dan peringatan agar hidup seturut kehendak Tuhan diabaikan oleh sebagian besar umat manusia di dunia ini. 

Mereka tidak takut lagi terhadap dosa dan tidak menjalani hidup sesuai yang Tuhan kehendaki melainkan menurut kehendak diri sendiri. 

Iblis senang menyaksikan banyak orang murtad dan hidupnya menjauh dari Tuhan sebab kepicut kesenangan dunia. 

Berapa banyak orang, jiwanya dirasuki setan dan terbelenggu oleh kuasa dosa sehingga hidupnya dikendalikan oleh keinginan setan dan antek2nya. 

Apa yang terjadi saat Yesus mengusir setan yang mengikat orang menjadi bisu ditanggapi dengan komentar miring yang mengatakan Yesus memakai kuasa penghulu setan atau beelzebul.

Di jaman sekarang ini, masih ada orang yang meragukan kuasa Tuhan yang sanggup membebaskan cengkeraman setan atas diri seseorang dan ada yang curiga hal ini di rekayasa ketika ia menyaksikan orang dilepaskan dari kuasa setan. 

Padahal sangat jelas Yesus katakan: 
Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh

Semua ketidak-percayaan disebabkan tidak tertarik dan tidak mau mencari tahu kehendak Tuhan padahal sudah ada Alkitab, memuat firman Tuhan yang bisa dibaca agar mengetahui segala hal berhubungan dengan ketetapan, perintah dan kehendak Tuhan. 

Yang sudah tahu firman Tuhan belum tentu mau menuruti dan melakukannya, apalagi yang tidak membaca Alkitab. 

Tidak heran jika memakai prinsip dunia menjalani hidup dan tidak berdasarkan prinsip kebenaran Tuhan. 

Semoga masih ada waktu bagi orang yang mau berbalik kepada Tuhan dan mengikuti jalan Tuhan didalam hidupnya 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com