Selasa, 23 Juli 2019

SIAPAKAH IBUKU, SIAPAKAH SAUDARAKU?


Selasa, 23 Juli 2019

KELUARAN 14:21-15:1 
KELUARAN 15:8-10,12,17 
MATIUS 12:46-50

Matius 12:48 
Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepadaNya: "Siapa ibuKu? Dan siapa saudara-saudaraKu?" 

Sepertinya jawaban Yesus ini kasar dan terkesan tidak menghormati ibunya dan tidak memandang saudara-saudaranya. 

Bagi orang non kristiani mengartikan bahwa Yesus adalah manusia dan bukan Allah sebab ada ibunya dan ada saudara yang dikatakan saudara kandung, artinya ibu Yesus yakni Maria tidak perawan lagi karena melahirkan beberapa anak selain Yesus. 

Iman kita umat kristiani bukan demikian, kita mengakui Yesus adalah sungguh manusia dan sungguh Allah. 

Maria tidak mempunyai anak lagi selain Yesus dan Maria tetap perawan meski sudah melahirkan sebab Maria dikandung oleh Roh Kudus. 

Inilah iman kita iman kristiani ! 

Lalu apa maksudnya Yesus mengatakan: siapakah ibuku, siapakah saudara2ku? 
Mari kita simak jawaban Yesus yaitu: 

Matius 12:50 
Sebab siapapun yang melakukan kehendak BapaKu di sorga, dialah saudaraKu laki-laki, dialah saudaraKu perempuan, dialah ibuKu. 

Sudah sangat transparan dan jelas sekali jawaban Yesus dan tidak perlu dijabarkan lebih detail lagi. 

Kita umat kristiani adalah saudara seiman dan ibu rohani kita adalah Maria atau biasa disebut Bunda Maria. 

Paling penting adalah kita melakukan kehendak Bapa di Surga

Pertanyaannya adalah darimana kita tahu Kehendak Bapa di Surga? 

Yohanes 6:40 
Sebab inilah kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman

Siapakah Anak dari Bapa di Sorga? 

Matius 17:5 
Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." 

Kita umat kristiani percaya kepada Yesus telah dibangkitkan Allah (baca 1 Korintus 15:14-19) naik ke Surga, duduk sebelah kanan Allah Bapa. 

Markus 16:19 
Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. 

Karena kita menuruti kehendak Bapa di Sorga karena kita percaya kepada Yesus maka kita umat kristiani adalah saudara saudara Yesus dan juga kepala jemaat. 

Kolose 1:17-18 
Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. 

Dengan percaya kepada Yesus maka kita mau tunduk kepadaNya dan melakukan perintah Yesus dan juga kehendakNya. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa 

Pekerjaan yang Yesus lakukan atas kehendak Bapa yang mengutus Yesus. 

Yohanes 14:10 
Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaanNya. 

Artinya melakukan kehendak Bapa adalah sama juga kita melakukan kehendak dan perintah Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com