Sabtu, 20 Juli 2019

HAMBA TUHAN PILIHAN ALLAH


Sabtu, 20 Juli 2019

KELUARAN 12:37-42 
MAZMUR 136:1,23-24,10-15 
MATIUS 12:14-21 

Matius 12:18 
"Lihatlah, itu HambaKu yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepadaNya jiwaKu berkenan; Aku akan menaruh rohKu ke atasNya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa. 

Yang dinubuatkan nabi Yesaya tentang HambaKu yang Kupilih, yang Kukasihi digenapi di dalam diri Yesus, yang saat itu sedang berkarya memberitakan Injil dan melakukan pelayanan menyembuhkan segala macam penyakit, mengusir roh jahat dan melepaskan belenggu setan. 

Kita umat kristiani akan dipilih Tuhan dan diutus sebagai hamba untuk beritakan Injil dan pelayanan seperti telah Yesus lakukan semasa hidup di dunia ini. 

Tentu saja Roh Allah atau Roh Kudus ada di dalam diri kita; menyertai, membimbing dan memberikan Kuasa agar kita dapat menyembuhkan penyakit, mengusir roh jahat, dan melepaskan belenggu dosa akibat dikuasai setan. 

1 Korintus 3:16 
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Sebagai hamba Tuhan, hendaknya kita mencontoh teladan Yesus, yakni

HAL PERTAMA 
Bagaimana sikap dan perbuatan Yesus 

Matius 12:19-21 
Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suaraNya di jalan-jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskanNya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkanNya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang. Dan padaNyalah bangsa-bangsa akan berharap. 

Sikap Yesus tidak mau konfrontasi dengan orang2 Farisi (Yesaya 42:2-4) dan terus giat bersemangat walau sana-sini banyak hambatan dan tekanan bahkan hendak dibunuh. 

Perbuatan Yesus sungguh spektakuler karena kuasa Tuhan Allah mengurapiNya dan ada kuasa saat mengajar. 

Markus 1:22 
Mereka takjub mendengar pengajaranNya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. 

Yesus setiap hari berdoa kepada Bapa di Surga sebelum dan sesudah pelayanan

Markus 1:35 
Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana

Matius 14:23 
Dan setelah orang banyak itu disuruhNya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. 

HAL KEDUA 
Hati Yesus dipenuhi belas kasihan maka banyak orang diberkati dan dipulihkan. 

Matius 14:14 
Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. 

Di jaman akhir ini banyak orang sibuk cari uang untuk kepentingan sendiri dan tidak ada waktu untuk peduli kepada orang lain 

2 Timotius 3:1-2a 
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. 

Filipi 2:3b-4 
Hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 

HAL KETIGA 
Bagaimana cara Yesus menangani setiap rintangan yang dihadapi tatkala sedang melayani dan memberitakan Injil. 

Matius 12:14-15a 
Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. 

Berulangkali Yesus menyingkir dari orang banyak yang mengerumuni dirinya atau menyingkir dari ancaman akan dibunuh. 

Matius 10:16 
Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. 

Matius 10:23 
Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang. 

HAL KEEMPAT 
Yesus setia melaksanakan tugas dari Bapa Surgawi sampai mati 

Filipi 2:8
Dan dalam keadaan sebagai manusia, Yesus telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. 

Banyak orang beriman setia sampai mati seperti Yesus; salahsatunya Paulus. 

2 Timotius 4:7 
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. 

JADI 

Sedikitnya ke-4 hal ini menjadi pegangan bagi setiap orang yang diutus untuk tugas pewartaan Injil dan tugas pelayanan. 

Jadilah hamba Tuhan yang rendah hati dan setia sampai mati sebab inilah yang dikehendaki Allah Bapa di Surga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com