Kamis, 11 Juli 2019

PERINTAH YESUS BERITAKAN KERAJAAN SORGA


Kamis, 11 Juli 2019

KEJADIAN 44:18-21,23-29,45:1-5 
MAZMUR 105:16-21 
MATIUS 10:7-15 

Matius 10:7-8 
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. 
Kamu telah memperolehnya dengan Cuma-Cuma, karena itu berikanlah pula dengan Cuma-Cuma. 

Yesus menjelaskan hal-hal apa saja yang kita lakukan sebagai murid-muridNya saat beritakan Kerajaan Sorga, yaotu: 
1) sembuhkan orang sakit 
2) bangkitkan orang mati (wow...) 
3) tahirkan orang kusta 
4) usirlah setan-setan 

Kenapa Yesus membedakan sembuhkan orang sakit dan tahirkan orang kusta? Ini menarik diperhatikan. 

Orang sakit masih berada di keluarganya sedangkan orang kusta di jaman Yesus tidak boleh berada bersama keluarganya dan dikucilkan tidak boleh bergaul dengan orang lain yang tidak ada sakit kusta. 

Artinya orang kusta adalah orang yang tersisihkan yang diperlakukan tidak adil oleh keluarganya dan masyarakat. 

Lalu kita diingatkan bahwa kita telah menerima secara cuma-cuma maka kita harus memberikan cuma-cuma kepada orang lain (Matius 10:8b). 

Apa yang kita terima dengan cuma-cuma dan tidak disebutkan secara jelas tetapi kita bisa menafsirkan bahwa kita telah menerima Kerajaan Sorga. 

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Kerajaan Sorga/Kerajaan Allah menurut rasul Paulus adalah: 

Roma 14:17 
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 

Artinya kita telah menerima: 
1) kebenaran Allah 
2) damai sejahtera 
3) Roh Kudus 

Orang yang menerima kebenaran Allah akan membangun relasi dengan Allah. 

Mazmur 84:11 
Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Orang yang membangun relasi dengan Tuhan akan menjalani hidup di dalam kebenaran Allah

Mazmur 119:105 
FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

Orang tersebut akan menjaga kekudusan dirinya sebab ia tahu Roh Kudus atau Roh Allah tinggal di dalam dirinya. 

1 Korintus 6:19 
Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 

Dengan demikian hidupnya mengalami hidup damai sejahtera bersama Tuhan. 

Yohanes 14:26-27 
Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 

Karena itu alangkah naifnya jika telah menerima kebenaran, damai sejahtera, dan Roh Kudus tetapi tidak rela bagikan secara cuma-cuma kepada orang lain. 

Engkau menerima kebenaran Allah tetapi memberitakan kebenaran Allah kepada orang untuk tujuan kepentingan diri dan kemuliaan diri sendiri. 

Engkau yang mengalami damai sejahtera dalam hidupmu dari Tuhan tetapi tidak mau membagikan damai sejahtera kepada orang lain secara cuma-cuma. 

Engkau yang telah menerima Roh Kudus di dalam dirimu tetapi memanfaatkan karunia-karunia Roh Kudus unttuk tujuan yang mencemarkan kekudusan dirimu. 

Jauhkanlah semua itu dari hidupmu !!! 
Berikanlah secara cuma-cuma kepada orang lain. 

Ketika mewartakan kebenaran Firman maka ajarkanlah semuanya kepada orang lain dan bagikan pengetahuan Firman secara cuma-cuma agar mereka yang mendengarkan Firman bertumbuh iman sehingga mereka mau hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Misalnya
Bagikan diktat, makalah, power-point yang berisikan bahan pengajaran tentang kebenaran Firman Tuhan sebab ada yang mengklaim ini miliknya dan tidak mau share/bagikan kepada orang lain padahal ia dapatkan gratis hikmat Tuhan ketika ia menyusun diktat, makalah, power-point. 

Ketika beritakan Firman Tuhan tidak usah khawatir akan penghidupanmu sebab Tuhan memelihara hidupmu sehingga engkau sukarela membagikan pengajaran tentang kebenaran Tuhan. 

Ingatlah Yesus menasehati murid2Nya
Matius 10:9-10 
Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. 

Ingatlah juga nasehat Rasul Paulus:
2 Timotius 2:3-4 
Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 

Selanjutnya, 

Hal lain yang menjadi perhatian kita sebagai murid-murid Yesus adalah kita tidak perlu khawatir atau takut ketika sedang melakukan tugas memberitakan Injil (termasuk tugas pelayanan). 

Yesus telah perlengkapi setiap umat kristiani dengan KuasaNya

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Apalagi bagi kita yang terpanggil dan terpilih sebagai pekerja Tuhan sebab Yesus berjanji akan menyertai kita. 

Matius 28:20 
Ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Kalau begitu, tunggu apalagi !!! 
Mari kita laksanakan perintah Yesus: 
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat (Matius 10:7). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com