Senin, 02 Maret 2020

BERBUATLAH KEBAIKAN










SENIN, 2 MARET 2020

IMAMAT 19:1-2,11-18 

Tuhan berfirman pada Musa agar jemaah Israel menguduskan diri sebab Tuhan Allahmu, kudus. 

Supaya kudus maka jangan berbuat jahat kepada sesamamu tetapi kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. 

MAZMUR 19:8-10,15 

Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya 

MATIUS 25:31-46 

Anak Manusia mengumpulkan semua bangsa dan memisahkann mereka seperti seorang gembala memisahkan domba di sebelah kanan, kambing di sebelah kiri. 

Mereka yang di sebelah kanan diberkati oleh Bapa-Ku sebab mereka berbuat baik sedangkan di sebelah kiri dienyahkan ke dalam api yang kekal yang disediakan untuk Iblis dan antek-anteknya. 

RENUNGAN 

Setiap orang pasti tahu harus berbuat baik kepada orang lain meskipun baik disini bisa beraneka ragam definisinya. 

Baik menurut saya tetapi belum tentu baik menurut anda dan seringkali perbuatan baik dinilai dari sisi orang yang menerima kebaikan, yang tidak peduli apa tujuan orang yang berbuat baik kepadanya. 

Misalnya
Seseorang mencuri uang; apakah korupsi atau menipu atau merampas hak orang lain, dsbnya, kemudian ia menyunbang atau berbuat baik pakai uang tersebut maka penerima uang sumbangan dan penerima kebaikan akan memuji kebaikan si donatur sebagai orang murah hati. 

Hanya Tuhan dan orang bersangkutan yang tahu kebenaran dan motivasi/tujuan seseorang berbuat kebaikan. 

Secara umum dapat dikatakan berbuat kebaikan adalah perbuatan yang tidak merugikan orang lain. 

Dalam bacaan Injil dan bacaan pertama hari ini diperlihatkan secara jelas tentang perbuatan baik dan perbuatan jahat yang dikatakan Yesus melalui perumpamaan dan yang dikatakan Allah kepada Musa. 

Setiap orang sesungguhnya sudah tahu bahwa segala perbuatan berkenan bagi Allah adalah perbuatan baik dan yang Allah tidak berkenan, itu perbuatan jahat. 

Tidak perlu penjelasan tentang manakah perbuatan baik dan perbuatan jahat bila kita menjalani hidup sesuai dengan jalan kebenaran Allah. 

1 Yohanes 2:27 
Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari padaNya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapanNya mengajar kamu tentang segala sesuatu dan pengajaranNya itu benar, tidak dusta dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. 

Setiap perbuatan akan diperhitungkan pada saat hari terakhir dunia (=kiamat) atau saat kedatangan Yesus kedua kali dimana yang berbuat baik menerima berkat Bapa Surgawi dan yang berbuat jahat dienyahkan ke api yang kekal. 

Surga dan Neraka ada menurut Firman Allah meski sebagian orang mengatakan tidak ada Surga dan tidak ada Neraka. 

Terserah keputusan anda untuk percaya kepada Firman Allah atau pada pendapat orang dunia lainnya !!!. 

Yang utama harus kita lakukan di dalam hidup di dunia ini adalah

Pertama 
Bangun relasi intim dengan Allah agar kita semakin mengenal dan dimampukan untuk mengasihi Allah 

Yohanes 4:23-24 
Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran. 

Markus 12:30 
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 

Kedua 
Berbuatlah kebaikan kepada orang lain dan kebaikan itu berkenan bagi Allah karena didasari oleh kasih dan bukan untuk keuntungan diri sendiri 

Filipi 2:4 
Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 

Yohanes 15:12 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com