Selasa, 03 Maret 2020

BERDOALAH DAN DENGARKAN FIRMANNYA












SELASA, 3 MARET 2020

YESAYA 55:10-11 

Seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan. 

Demikianlah FirmanKu yang keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

MAZMUR 34:4-7,16-19 

Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu 

MATIUS 6:7-15 

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 

Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepadaNya. 

RENUNGAN 

Doa adalah nafas kehidupan rohani bagi orang beriman sebab doa merupakan media komunikasi kita manusia dengan Tuhan Allah, Sang Pencipta. 

Ada 3 hal utama doa

Pertama 
Kita percaya Tuhan hadir saat kita berdoa kepadaNya dan di setiap langkah kita. 

Mazmur 139:4,7 
Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya Tuhan. Ke mana aku dapat pergi menjauhi rohMu, ke mana aku dapat lari dari hadapanMu? 

Kedua 
Kita yakin Tuhan mendengarkan doa kita 

Yeremia 33:3 
Berserulah kepadaKu, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. 

Ketiga 
Kita menghormati Tuhan dengan berdoa dan menyembahNya 

Mazmur 95:6 
Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita 

Yohanes 4:24 
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran. 

Ketiga hal ini sangat penting supaya kita tidak merasa berbicara sendiri atau terasa Tuhan itu sangat jauh dan supaya kita yakin Tuhan mendengarkan doa kita. 

Matius 6:8b 
Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan sebelum kamu minta kepadaNya 

Dengan demikian, kita berdoa tidak hanya berupa permohonan saja tetapi ada kerinduan datang mendekat kepada Tuhan dan menyembahNya. 

Mazmur 63:2 
Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepadaMu, tubuhku rindu kepadaMu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. 

Yesus mengajarkan doa Bapa kami agar kita percaya Bapa di Surga mengasihi kita dan tentu saja DIA hadir dan dengarkan doa-doa kita. 

Makna terdalam doa adalah roh kita masuk dalam persekutuan dengan Allah dan kita mengalami kasih sayangnya melebihi kasih seorang ayah kepada anaknya. 

Dari persekutuan ini kita mendengarkan nasehat, pengajaran, kehendak, perintah Allah dan kita menerimanya dengan hati gembira kemudian kita laksanakan sebab kita tahu semua itu untuk kebaikan kita. 

Kita mendengarkan Perkataan Allah bisa secara langsung dan melalui FirmanNya yang tertulis di Alkitab. 

Ulangan 30:14 
Firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan. 

Oleh karena kita terus menekuni Firman Tuhan maka iman kita makin bertumbuh menjadi kuat sebab kita percaya Firman Tuhan pasti digenapi atau pasti terjadi. 

Jelaslah bahwa doa dan Firman keduanya saling bersinergi dan tak terpisahkan yang sangat vital menentukan kekuatan iman seseorang dalam hal rohaninya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com