Jumat, 06 Maret 2020

BAPA MENGASIHI KITA












KAMIS, 5 MARET 2020

ESTER 4:10-12,17 

"Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja."  

MAZMUR 138:1-3,7-8 

Aku hendak sujud ke arah baitMu yang kudus dan memuji namaMu, oleh karena kasihMu dan oleh karena setiaMu; sebab Kaubuat namaMu dan janjiMu melebihi segala sesuatu. 

Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku. 

MATIUS 7:7-12 

Bapa Surgawi akan memberikan yang baik pada mereka yang meminta padaNya 

RENUNGAN 

Gambaran Allah sebagai Bapa Surgawi mengasihi kita sebagai anak-anak Allah (Yohanes 1:12) lebih bisa diterima sebab kita mengenal hubungan seorang ayah atau bapa dunia mengasihi anaknya. 

Seorang anak kecil sangat percaya pada ayahnya pasti menyayangi dirinya tetapi dengan berjalannya waktu ketika remaja, si anak merasa ayahnya mulai tidak lagi memenuhi semua keinginannya, karena ia harus melakukan sesuatu yang disuruh ayahnya sebelum keinginannya dipenuhi. 

Demikian juga Bapa Surgawi, 
ada waktu dimana permintaan kita tidak selalu akan dikabulkan tetapi kita harus melakukan kehendak Bapa Surgawi, lalu setelah itu permintaan kita dikabulkan. 

Ibrani 12:9-10 
Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusanNya. 

Namun seringkali kita masih bersikap seperti anak kecil maunya dituruti semua keinginannya dan bila tidak dituruti maka kita akan menangis seraya ngambek kepada Bapa Surgawi. 

Bacaan Injil hari ini, hendaknya kita fokus pada hal, Bapa Surgawi tahu kebutuhan kita tetapi bukan berarti setiap keinginan kita dikabulkan. 

Memang Firman Tuhan mengatakan

Matius 7:7-8 
Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 

Tetapi ada saat kita dididik Bapa Surgawi agar bertumbuh dari bayi rohani menjadi anak rohani, lalu menjadi dewasa rohani. 

Pada saat kita menjadi dewasa rohani, kita dididik untuk mengenal Allah lebih dalam lagi sehingga kita melakukan apa yang dikhendaki Allah. 

Jadi ada tugas dan tanggung-jawab yang harus kita kerjakan dan setelah itu baru kita diberi berkat Allah sesuai kebutuhan dan bukan sesuai yang kita inginkan. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Jelaslah bahwa Bapa Surgawi mengasihi kita sesuai dengan rencana Allah dan bukan sesuai keinginan kita. 

Yeremia 29:11 
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 

Rencana Allah memberikan hati depan penuh harapan sampai hidup kekal di Surga sedangkan rencana atau keinginan kita di dominasi keinginan daging yang akan menjauhkan kita dari hidup kekal sebab hanya memuaskan hawa nafsu duniawi yang sifatnya sementara saja. 

Semoga kita semakin dewasa rohani semakin mengasihi Allah yang kita panggil Bapa Surgawi dan tidak lagi kita bersikap seperti anak kecil yang terus meminta tanpa berbuat sesuatu sesuai yang Allah kehendaki kita kerjakan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com