Sabtu, 28 Maret 2020

JANGANLAH KERASKAN HATIMU











SABTU, 28 MARET 2020

YEREMIA 11:18-20 

Tuhan memberitahukan hal itu kepadaku, maka aku mengetahuinya; pada waktu itu Engkau, Tuhan, memperlihatkan perbuatan mereka kepadaku. 

Tetapi, Tuhan semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasanMu terhadap mereka, sebab kepadaMulah kuserahkan perkaraku. 

MAZMUR 7:2-3,9-12 

Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau, yang menguji hati dan batin orang, ya Allah yang adil. Allah adalah Hakim yang adil dan Allah yang murka setiap saat. 

YOHANES 7:40-53 

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! 

Imam kepala dan orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga menangkap Yesus tetapi Nikodemus seorang diantara orang Farisi mencegahnya dan berkata: 

"Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuatNya?" 

RENUNGAN 

Imam kepala, ahli Taurat, orang Farisi adalah kelompok yang tidak menerima Yesus adalah Mesias meskipun mereka melihat tanda-tanda Mesias ada pada diri Yesus tetapi mereka mengeraskan hati tidak mengakui Yesus adalah Mesias

Tanda-tanda Mesias ada pada Yesus
Nubuat nabi-nabi di Perjanjian Lama 

Mikha 5:1 
Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagiKu seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. 

Nubuatan ini dipegang ahli Taurat, orang Farisi, dan imam kepala ketika menolak Yesus adalah Mesias sebab: 
* Yesus berasal dari Nasaret 
* Yesus bukan keturunan Daud 

Yohanes 7:41-43 
Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal." Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia. 

Sikap mereka ini sampai sekarang banyak orang menirunya yakni: 

Pertama 
Mengeraskan hati meski tahu dirinya bersalah tetapi tidak mau mengakuinya. 

Kedua 
Mengeraskan hati meski tahu kebenaran Injil tetapi tidak melakukan dengan taat 

Ketiga 
Mengeraskan hati meski mendengar dan melihat mukjizat tetapi tidak percaya pada Yesus 

Mereka memahami kitab Taurat dan nubuatan para nabi tentang tanda-tanda kedatangan Mesias tetapi tidak mau taat melakukan hukum Taurat dan peraturan yang mereka tetapkan. 

Seperti kata peribahasa dibawah ini : 
kamu tak pandai menari, lantai disalahkan atau buruk mukamu tetapi cermin engkau pecahkan. 

Mereka mengatakan penjaga tersebut tidak menangkap Yesus dan menghakimi orang banyak adalah terkutuk karena tidak mentaati hukum Taurat padahal mereka juga terkutuk karena tidak melakukannya (Yohanes 7:45-49). 

Ulangan 28:15 
Jika engkau tidak mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapanNya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau... 

Jangan keraskan hati seperti ahli Taurat, orang Farisi, imam kepala tetapi marilah lembutkan hati agar kita mentaati Tuhan dengan melakukan segala ketetapan dan perintah Tuhan di sepanjang hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com