Kamis, 19 Maret 2020

KETAATAN











KAMIS, 19 MARET 2020

2 SAMUEL 7:4-5,12-14,16 

Melalui nabi Natan, Firman Tuhan katakan Daud tidak boleh mendirikan rumah bagi Tuhan (=Bait Allah) melainkan anak Daud dan Allah mengkokohkan kerajaannya untuk selamanya bila ia tidak melakukan kesalahan melanggar perintah Allah. 

MAZMUR 89:2-5, 27-29 

Sebab kasih setiaMu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaanMu tegak seperti langit. Engkau telah berkata: "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihanKu, Aku telah bersumpah kepada Daud, hambaKu: Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun temurun." 

MATIUS 1:16,18-21,24 

Ketika Yusuf mempetimbangkan akan menceraikan tunangannya dengan diam2 maka malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata agar Yusuf tidak takut mengambil Maria sebagai isterinya sebab anak yang dikandungnya dari Roh Kudus yang menyelamatkan umatNya dari dosa mereka. 

Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya 

RENUNGAN 

Gereja Katolik menetapkan hari ini hari raya St Yusuf suami SP Maria untuk memperingati keteladanan Yusuf. 

Tak banyak dituliskan dalam Injil, tentang Yusuf dan dalam Injil Matius dikisahkan bagaimana Yusuf tidak berbicara tetapi melakukan apa yang dikatakan malaikat dalam mimipi. 

Mimpi kedua Yusuf ketika malaikat Tuhan menyuruh Ýusuf bawa isteri dan anaknya lari ke Mesir sebab Herodes mencari anak itu untuk dibunuh dan Yusuf menurutinya (Matius 2:13-15). 

Mimpi ketiga Yusuf ketika malaikat Tuhan menyuruh Yusuf kembali ke tanah Israel sebab Herodes mati dan Yusuf menuruti (Matius 2:19-23). 

Ketaatan Yusuf mematuhi pesan yang dibawa malaikat Tuhan patut diteladani padahal biasanya agak ragu-ragu untuk percaya pada mimpi. 

Kemudian sekali lagi, 
Yusuf tampil kembali di saat Yesus usia 12 tahun, Yusuf beserta Maria dan Yesus pergi ke bait Allah di Yerusalem pada hari Paskah (Lukas 2:41-52) dan setelah itu Yusuf tidak ditampilkan lagi dalam Injil. 

Dalam bacaan pertama, anak Daud yakni Salomo meski ia membangun Bait Allah tetapi di masa tuanya ia tidak taat kepada Allah, ia tidak setia kepada Allah dimana ia mendirikan mezbah pemujaan berhala sehingga akibatnya kerajaannya terpecah dua bagian dikuasa8 oleh bangsa Asyur dan bangsa Babel. 

Ketaatan itu sangat penting sebab Allah setia pada janjiNya dan Allah menuntut kita manusia taat kepadaNya. 

Allah tak pernah ingkar janji sedangkan kita manusia seringkali ingkar janji. 

Bilangan 23:19 
Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya? 

Yusuf taat dan kita tidak tahu hal apa yang mendasari Yusuf taat melakukan pesan yang disampaikan malaikat Tuhan padahal dalam mimpi namun Yusuf yakin percaya dan melakukannya. 

Ada 3 hal yang mendorong seseorang itu taat kepada Tuhan Allah, yakni

Pertama 
Rendah hati mengakui dirinya tidak berdaya tanpa Tuhan menyertai dirinya 

Mikha 6:8 
"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?" 

Tidak mudah seseorang yang menanjak karier, bisnis, popularitas, kuasa jabatan, dan harta kekayaan bersikap rendah hati jikalau ia tidak mawas diri. 

Orang bangga sekaligus pamer atas apa yang diperolehnya dan makin bertambah keyakinan atas kemampuan dirinya maka sangat mudah timbul kesombongan yang pada akhirnya bisa tidak mengandalkan kekuatan Tuhan

Kedua 
Mengosongkan diri dari egonya karena ia menempatkan Tuhan menguasai dirinya 

Seseorang harus rendah hati terlebih dulu maka proses pengosongan diri dari ego bisa lebih cepat dibandingkan yang belum mampu bersikap rendah hati. 

Karena mau mengakui dirinya butuh Allah maka ia akan fokus kepada Allah; ia mau tunduk kepada Allah, dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah sehingga dirinya mudah dibentuk Allah. 

Proses pengosongan diri itu ibaratnya seperti tanah liat dibentuk oleh pejunan untuk dibuat perabot rumahtangga seperti periuk dsbnya (Yeremia 18:1-4). 

Ketiga 
Ungkapan syukur atas kebaikan Tuhan telah menolong dan menyelamatkannya 

1 Timotius 1:12 
Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku. 

Mazmur 28:7 
Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepadaNya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepadaNya. 

Tanpa ketiga hal diatas maka sulit untuk taat kepada Tuhan. 

Oleh sebab itu marilah kita tanamkan di hati kita bahwa ketaatan kepada Tuhan adalah prioritas utama dalam hidup kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com