Kamis, 30 Juni 2016

PENYAKIT LUMPUH










Kamis, 30 Juni 2016 

Supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa. lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu! 
                                  (Matius 9:6) 

Penyakit lumpuh adalah salah satu penyakit menahun bahkan bisa seumur hidup ditanggung penderita lumpuh, seperti halnya penyakit buta-tuli-bisu. 

Penyakit disebabkan oleh virus, psikis dan juga akibat dosa. 
Apa iya penyakit timbul akibat dosa dan kedengarannya aneh koq bisa begitu? 

Bacaan Injil Matius hari ini mengenai Yesus menyembuhkan seseorang yang sakit lumpuh yang dibawa oleh orang lain kehadapanNya dan ternyata Yesus justru mengatakan kepada si lumpuh bahwa dosanya diampuni sebelum Yesus sembuhkan dirinya. 

Matius 9:2 
Maka dibawa oranglah kepadaNya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anakKu, dosamu sudah diampuni." 

Kita tidak tahu dosa apa yang dilakukan oleh si lumpuh tersebut tetapi dari perkataan Yesus sangat jelas bahwa si lumpuh terikat oleh dosanya sehingga Yesus membebaskan belenggu dosa supaya orang lumpuh ini disembuhkan rohaninya. 

Dosa itu amat sangat menghancurkan hidup seseorang bila dibiarkan terus tanpa pertobatan dan dibebaskan oleh Kuasa Tuhan. 

Roma 6:23 
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Hanya kasih karunia Tuhan saja yang bisa menyelamatkan orang berdosa dan memulihkan keadaan dirinya seperti sediakala secara tuntas. 

Banyak penyembuhan alternatif yang mengklaim dapat menyembuhkan sakit penyakit tetapi sifatnya sementara saja dan tak seperti Tuhan yang sembuhkan orang yang sakit secara total sembuh. 

Kita harus percaya dan yakin seyakinnya bahwa Yesus berkuasa atas segala macam penyakit dan hendaknya tidak bersikap seperti ahli taurat yang tidak percaya kepada Yesus adalah Tuhan. 

Matius 9:3-6a 
Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah." Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" 

Kuasa Yesus sanggup menyembuhkan segala macam penyakit tubuh jasmani, penyakit rohani, dan dari kuasa setan. 

Jangan pernah kita menoleh ke hal lain diluar Tuhan untuk menyembuhkan sakit terutama penyakit rohani dan penyakit yang disebabkan oleh kuasa setan. 

Memang tidak mudah untuk menolak tawaran kesembuhan diluar kuasa Tuhan sebab biasanya prosesnya instan cepat sembuh terlihat mata jasmani kita tetapi seringkali akan kambuh kembali. 

Permasalahannya adalah bagaimana kita dapat mengetahui ini penyakit yang disebabkan oleh dosa ataukan penyakit disebabkan oleh virus atau oleh kuasa setan dan untuk itu karunia discerment sangat penting mendeteksinya. 

Berulangkali kita dinasehati bahwa relasi intim dengan Tuhan adalah amat sangat penting seharusnya menjadi prioritas utama dalam hidup kita. 

Lihat saja yang terjadi disekitar kita atau jangan-jangan anda saat ini menderita sakit yang sudah sekian tahun belum juga sembuh padahal sudah berbagai cara dan upaya dilakukan sampai berobat keluar negeri dan ditangani oleh dokter spesialis terkenal. 

Coba renungkan sejenak dan tanyakan pada dirimu; apakah selama ini relasimu dengan Tuhan cukup dekat, intim, atau sama sekali belum terjalin relasi dengan Tuhan??? 

Sakit yang disebabkan pola makan salah atau tidak teratur, biasanya proses kesembuhan tidak lama dan obat dokter dapat menyembuhkannya. 

Belajarlah dari pengalaman sebelumnya sakit penyakit yang pernah kita alami dan bagaimana proses sembuhnya maka kita bisa menyimpulkan penyebab penyakitnya. 

Dan bila saat ini ternyata ada satu penyakit yang belum sembuh meski sudah berobat dan berdoa maka coba intropeksi diri mungkin ada dosa yang belum kita akui dan masih dilakukan. 

Perkataan Yesus kepada orang lumpuh itu merupakan suatu peringatan untuk kita perhatikan sebab tidak mungkin Tuhan tidak sanggup sembuhkan sakit bahkan kanker terganas sekalipun pasti Tuhan sanggup sembuhkan. 

Masalahnya terletak pada iman dan perbuatan kita yang menghalangi proses kesembuhan suatu penyakit

Renungkan ayat firman Matius 9:6 ini sungguh-sungguh sampai engkau menemukan makna terdalamnya yang menyentuh hatimu terdalam. 

Kita akan segera bangun dari kesedihan atas penderitaan sakit dan tinggalkan sakit penyakit keluar dari dalam diri kita dan kembali kepangkuan Tuhan untuk menjalani hidup bersama Tuhan. 

Matius 8:17 
Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita." 

Yesaya 53:4a 
Sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya

Jangan sampai segala macam penyakit melumpuhkan iman kepercayaan kita kepada Yesus yang telah mengorbankan diriNya untuk keselamatan kita. 

Kita harus bangun hubungan dengan Tuhan dan hidup bersamaNya supaya tidak mengalami kelumpuhan hidup akibat dosa pemberontakan kita. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku senantiasa menjaga diriku dari segala bentuk penyakit lumpuh yang akan melumpuhkan hidupku bila aku tidak hidup bersama Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Para Martir Pertama di Roma 
Warna Liturgi : Hijau 

Amos 7:10-17 
Mazmur 19:8-11 
Matius 9:1-8 
BcO : Galatia 9:22-23 

============= ☆☆☆ ===========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com