Jumat, 05 Agustus 2016

DIHAKIMI MENURUT PERBUATAN









Jumat, 5 Agustus 2016 

Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan BapaNya diiringi malaikat-malaikatNya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.  
                                (Matius 16:27)

Hari Penghakiman pasti terjadi !!! 
Memang Tuhan itu Maha Pengasih dan Maha Pengampun namun Tuhan juga bertindak sebagai Hakim yang adil. 

Kita harus ingat selalu hal ini supaya kita sadar bahwa setiap perbuatan kita akan dinilai oleh Tuhan; apakah telah sesuai dengan kehendakNya. 

Setiap orang sudah tahu konsekwensi setiap perbuatan yang kita lakukan namun seringkali kita belagak atau pura-pura tidak mengerti karena kepicut pada kesenangan duniawi untuk memuaskan keinginan kedagingan yang sarat dengan hawa nafsu. 

Sesungguhnya Tuhan Allah telah memperbaharui roh kita yang semula roh kita mati oleh perbuatan dosa. 

Yehezkiel 36:25 
Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. 

Berhala disini maksudnya sesuatu yang disukai sampai terikat olehnya seperti orang menyembah berhala berupa dewa-dewi karena memberikan apa yang diinginkannya. 

Tuhan Allah menunjukkan KasihNya kepada kita dengan mentahirkan semua berhala dan kenajisan yang melekat menguasai diri kita dan Tuhan Allah mau tinggal di dalam diri kita. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya

Tuhan Allah juga membuat kita akan teringat segala perilaku dan perbuatan dosa yang telah kita lakukan sebagai peringatan supaya kita tidak kembali pada perilaku dan perbuatan dosa. 

Yehezkiel 36:31 
Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbuatanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatan yang keji. 

Kebaikan dan kasih Tuhan Allah sampai pada puncaknya di dalam Yesus Kristus yang menebus semua dosa kita manusia dengan darahNya sampai mati di kayu salib untuk menyelamatkan manusia dari kematian kekal dan mengAnugerahkan kehidupan kekal di Sorga. 
(Terima kasih Tuhan). 

Apabila manusia tetap bandel dan masih mau hidup bertentangan dengan Tuhan karena enggan meninggalkan hidup dalam hawa nafsu kesenangan duniawi. 

Maka sampai batas ini, hukuman pasti terjadi dan dicampakkan ke api kekal di neraka; sudah tidak ada lagi kesempatan untuk memperoleh pengampunan dan penghakiman akan menghakimi atas segala perilaku dan perbuatannya. 

Matius 16:26 
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 

Hari ini Yesus mengingatkan kita akan tiba hari Penghakiman dan hendaknya kita bergegas memperbaiki perilaku dan perbuatan kita dengan cara mengikuti Yesus dan hidup didalam kebenaranNya 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 

Ada orang yang terus menerus hidup dalam kesenangan duniawi dan anggap enteng semua nasehat tentang hidup kekal di Sorga sebab menurut pikirannya bahwa hidup sesungguhnya itu adalah hidup di dunia ini dan tidak percaya ada hidup kekal di Sorga. 

Kasihan sekali pola pikir orang ini dan ia menutup hatinya dari segala berita Injil dan ia tidak mau kehilangan nyawanya karena mau hidup selamanya di dunia. 

Orang ini berusaha memelihara hidupnya dengan menjaga kesehatan dan mencari obat awet muda supaya panjang umur namun sayangnya dia tidak tahu apa yang dilakukannya justru membuat dia kehilangan nyawanya artinya dia telah kehilangan kehidupan kekal di Sorga. 

Matius 16:25 
Barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku telah menjaga perilaku dan perbuatanku supaya berkenan bagi Allah dengan mengikuti Yesus dan menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pemberkatan Gereja Basilik SP Maria 
Warna Liturgi : Hijau 

Nahum 1:15,2:2,3:1-3,6-7 
Ulangan 32:35,35,39,41 
Matius 16:24-28 
BcO : Maleakhi 1:1-14; 2:13-16 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com