Selasa, 16 Agustus 2016

MENGIKUTI YESUS (BAGIAN-2)








Selasa, 16 Agustus 2016 

Setiap orang yang karena namaKu meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal. 
              (Matius 19:29)

Melanjutkan tentang anak muda yang kaya yang tidak mau mengikuti Yesus karena tidak mau ikuti nasehat Yesus agar ia melepaskan segala miliknya dan bagikan kepada yang miskin, maka dari itu Yesus menjelaskan bahwa ; 

Matius 19:23-24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." 

Peringatan Yesus kepada orang kaya hendaknya diperhatikan. 
Rupanya sejak jaman dahulu sifat dan perilaku orang kaya sampai saat ini tidak pernah berubah. 

Hal ini mencerminkan peringatan Yesus tidak ditanggapi dengan serius sebab ternyata memiliki harta kekayaan dunia lebih menarik perhatian daripada harta sorga maka tidaklah heran masih banyak orang mengejar harta dunia sebagai tujuan utama dalam hidupnya. 

Kita lihat Petrus juga mempertanyakan apakah yang akan ia peroleh setelah ia melepaskan segala sesuatu dan mengikuti Yesus? 

Matius 19:27 
Lalu Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?" 

Sikap Petrus menuntut balas jasa atau upah karena merasa telah memberikan segalanya mencerminkan ada motivasi mencari keuntungan atas apa yang telah dilakukannya. 

Kita harus ingat siapa diri kita ini yang merasa sudah berkorban banyak demi pelayanan yang kita lakukan. 

Apakah setelah mengikuti Yesus dan mau menuruti perintah Yesus agar kita mau melayani dan mengasihi maka kita merasa ber-hak menuntut upah? 

Ada baiknya kita renungkan kembali sekaligus mengintropeksi diri kita; 
apakah motivasiku mau mengikuti Yesus dan melakukan tugas dari Yesus? 

Ingatlah Yesus telah mati untuk kita. 
Yesus mengorbankan diriNya menebus diri kita dari alam maut akibat dosa kita (=Roma 6:23a dan Roma 3:23) artinya kita ini milik Tuhan dan menjadi hamba dimana tuan kita adalah Tuhan Allah. 

1 Korintus 7:22-23 
Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayananNya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hambaNya. Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar
Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia

Kita tidak berhak menuntut upah karena kita ini hamba Tuhan dan hanya boleh menerima apa saja yang Tuhan berikan serta melakukan apa yang Tuhan suruh, bukan atas kemauan kita. 
(renungkan Lukas 17:7-10) 

Petrus menuntut upah atas apa yang ia telah lakukan kepada Yesus. 
Bersyukurlah Yesus sangat baik hati dan memberikan jawaban yang menyejukan pada ayat 29 (baca Matius 19:29). 

Ada dua hal yang dikatakan Yesus : 
1) akan menerima kembali 100x lipat 
2) akan memperoleh hidup yang kekal 

Perhatikan kata : akan
artinya baru berupa janji dan tergantung bagaimana sikap dan perbuatan kita selanjutnya mengikuti Yesus. 

Sebelumnya Yesus pernah mengatakan: 
Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 

Itu sebabnya Yesus mengingatkan para murid-muridNya selain IA memberikan janji beroleh hidup kekal, yaitu : 

Matius 19:30 
Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. 

Jikalau mereka tidak waspada dan tidak memperbaiki diri pada saat mengikuti Yesus maka orang lain yang baru percaya sungguh-sungguh mengikuti dan melakukan ajaran-nasehat-perintah Yesus, justru yang beroleh hidup kekal. 

Hal ini merupakan peringatan buat kita juga yang telah sekian tahun bahkan ada yang puluhan tahun mengikuti Yesus namun "tidak berbuah" karena mungkin masih banyak komplain dan menuntut padahal diperintahkan Yesus supaya memberikan segala milik kita maka berhati-hatilah dan segera memperbaiki diri untuk mengikuti Yesus lebih serius dan dengan segenap hati. 

Mengikuti Yesus tidak mudah bila kita masih enggan melepaskan segala yang kita miliki; berupa harta dunia, kebiasaan yang menjadi habit, hobby/kesenangan, pokok e sesuatu yang kita hargai/cintai dan yang sulit kita lepaskan. 

Para murid lainnya berpikir beroleh keselamatan itu sulit setelah Yesus mengatakan orang kaya sukar masuk kedalam Kerajaan Sorga. 

Matius 19:25 
Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?" 

Para murid belum mengerti bahwa keselamatan itu adalah Anugerah Allah melalui pengorbanan Yesus dan beroleh hidup yang kekal. 

Oleh sebab itu Yesus menjelaskan kepada para murid bahwa 

Matius 19:26 
Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin." 

Rasul Paulus menjelaskan mengenai bagaimana melalui Yesus maka kita beroleh kehidupan kekal di Sorga. 

Efesus 2:4-6 
Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasihNya yang besar, yang dilimpahkanNya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita — oleh kasih karunia kamu diselamatkan — dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku mantab tidak ragu-ragu lagi memilih mengikuti Yesus setelah aku mengerti melalui Yesus-lah maka aku beroleh hidup yang kekal? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Stefanus dr Humgaria 
Warna Liturgi : Hijau 

Yehezkiel 24:15-24 
Ulangan 32:26-28,30,35-36 
Matius 19:23-30 
BcO : Pengkhotbah 3:1-22 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com