Sabtu, 27 Agustus 2016

KOTBAH AKHIR JAMAN (BAGIAN-2)









Jumat, 26 Agustus 2016

Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya. 
          (Matius 25:13)


Melanjutkan Kotbah akhir jaman, kali ini Yesus memakai perumpamaan tentang: 

GADIS BIJAKSANA DAN GADIS BODOH 

A. PERSIAPAN MENYONGSONG 
     MEMPELAI LAKI-LAKI 

Matius 25:1-4 
Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka

mempelai laki-laki = Yesus Kristus 

Ke-5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh mempersiapkan diri dengan membawa pelita sambil menantikan kedatangan mempelai laki-laki. 

Namun ke-5 gadis bodoh ternyata tidak membawa cadangan minyak dan hanya mengandalkan minyak yang ada di pelita yang bisa menyalakan pelita sebentar. 

Sama halnya, 
Pada saat di baptis, Roh Kudus tercurah dan bersemayam di dalam diri kita. 

Umat Perjanjian Lama dijanjikan akan diberikan hati yang baru dan hati yang taat supaya mereka menjadi umat Allah. 

Yehezkiel 11:19-20 
Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, supaya mereka hidup menurut segala ketetapanKu dan peraturan-peraturanKu dengan setia; maka mereka akan menjadi umatKu dan Aku akan menjadi Allah mereka

Janji Allah digenapi dalam diri Yesus dan sejak saat itu sampai selama-lamanya, berlaku bagi siapa saja yang percaya kepada Yesus dan dibaptis dalam nama Bapa-Putera-Roh Kudus maka otomatis Roh Kudus tercurah pada saat dibaptis. 

Yohanes 14:16 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya 
Ia menyertai kamu selama-lamanya, 
yaitu Roh Kebenaran

Ironinya, orang beriman kristiani setelah dibaptis, di hari-hari selanjutnya mulai cenderung memadamkan Roh Kudus karena fokus pada keinginan kedagingan

minyak dalam buli-buli menggambarkan orang beriman kristiani (katolik/kristen) yang telah mengalami transformasi dan telah diubahkan pikiran dan hatinya serupa dengan pikiran dan hati Kristus

Roma 12:2 -> (Transformasi)
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna

Filipi 2:5 
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus..

5 gadis bodoh tidak membawa minyak menggambarkan umat kristiani

a. tidak menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan 
b. tidak tekun berusaha mengenal kehendak Tuhan (Firman Tuhan) 
c. tidak membangun relasi intim dengan Tuhan 
d. menganggap cukup ikut misa ekaristi di gereja seminggu sekali 
e. merasa cukup berdoa Bapa Kami, Salam Maria, dan Kemuliaan. 
f.  cenderung fokus menjalani hidup menuruti keinginan daging/duniawi 

5 gadis bijaksana membawa minyak menggambarkan umat kristiani

a. cenderung mau menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan 
b. berusaha dengan tekun mengenal kehendak Tuhan (Firman Tuhan) 
c. relasinya intim dengan Tuhan 
d. aktif terlibat dalam komunitas rohani 
e. aktif terlibat dalam pelayanan rohani 
f.  buah-buah Roh nampak pada dirinya 
g. cenderung fokus pada keinginan roh 


B. MENUNGGU MEMPELAI LAKI-LAKI 

Matius 25:5 
Tetapi karena mempelai itu lama tidak datang-datang juga, mengantuklah mereka semua lalu tertidur

Menunggu kedatangan Yesus keduakali entah kapan waktunya tiba dan kita butuh kekuatan ekstra supaya mampu berjaga-jaga dan bersiap sedia manakala mempelai laki-laki tiba-tiba datang. 

5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh dikatakan semua tertidur. 
Apa maksudnya? 

tertidur disini adalah bukan berarti kurang berjaga-jaga atau tidak bersiap sedia karena ke 5 gadis bijaksana telah menyiapkan minyak agar pelitanya terus menyala. 

tertidur maksudnya hendak menunjukan saat kita sedang mengerjakan urusan dunia, yaitu saat bekerja mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga dan untuk membantu kegiatan pelayanan, menolong orang lain, dan sebagainya. 

tertidur bisa berarti kita beristirahat dan tidur 6-8 jam sehari dan juga kita makan-minum supaya tubuh kita segar kembali setelah bekerja cari duit dan melakukan tugas pelayanan. 

Jadi jelaslah 5 gadis bijaksana tertidur, bukan berarti mereka tidak berjaga-jaga dan tidak bersiap sedia. 

Sebab begitu mempelai laki-laki datang, ke-5 gadis bijaksana ini segera siap dan masuk ke ruang Perjamuan Kawin. 

Matius 25:6-7 
Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! Gadis-gadis itupun bangun semuanya lalu membereskan pelita mereka

Ke-5 gadis bodoh bermaksud hendak masuk ke ruang Perjamuan Kawin tetapi pelitanya hampir padam dan tidak ada minyak agar terus menyala dan mereka meminta minyak kepada ke-5 gadis bijaksana tetapi ditolak. 

Matius 25:8 
Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam. 

Kita tidak bisa mengatakan ke-5 gadis bijaksana itu egois dan tidak ada kasih karena tidak mau memberikan minyak kepada ke-5 gadis bodoh yang meminta kepada mereka. 

Matius 25:9 
Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ. 

Setiap orang bertanggung-jawab atas dirinya sendiri, atas perbuatannya sebab pada saat akhir jaman, waktunya segera tiba-tiba datangnya dan tentu kita tidak bisa menolong orang lain. 

Roma 14:12 
Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. 


C. MEMPELAI LAKI-LAKI DATANG 

Matius 25:6 
Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! 

Saat kedatangan Yesus tiba maka kita harus segera masuk ke dalam ruang perjamuan kawin sebab segera pintunya langsung ditutup

Jika anda berleha-leha dan tidak serius mempersiapkan diri maka dipastikan terlambat untuk berbenah diri dan maaf anda kehilangan kesempatan dan tidak dapat masuk ke ruang perjamuan kawin seperti 5 gadis bodoh tersebut. 

Dan ke-5 gadis bodoh berusaha membeli minyak namun sia-sia karena pintu ditutup dan mereka tidak bisa masuk. 

Matius 25:10 
Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup

Artinya, pintu sorga tertutup rapat untuk orang-orang beriman kristiani karena sudah diperingatkan bahwa saat Yesus datang kedua-kali maka penghakiman terjadi dimana Malaikat memisahkan orang benar yang hidup di dalam Tuhan dengan orang jahat yang tidak mau hidup di dalam Tuhan. 

Matius 13:41-43 
Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikatNya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam KerajaanNya. Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar! 

Iiiihhhh seram, sangat mengerikan !!! 
hayo bertobat sebelum terlambat !!! 
Jangan tidak percaya kepada firman sebab pasti terjadi bila saatnya tiba. 

Mazmur 33:4 
Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakanNya dengan kesetiaan. 

Lebih baik ikuti saja apa kata Firman Tuhan yang tertulis di Alkitab dan tidak perlu beralasan bahwa tidak sempat membaca/merenungkan Firman Tuhan atau berdalih bahwa kita orang katolik tidak lazim membaca Alkitab seperti orang kristen (maaf, pendapat ini keliru) 

Berjuanglah mengerjakan keselamatan dengan tekun dan sepenuh hati sampai detik-detik terakhir meninggalkan dunia ini; seperti yang dialami rasul Paulus. 

2 Timotius 4:7-8 
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hariNya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya. 


REFLEKSI DIRI 

Apakah aku berjuang keras dan tekun mengerjakan panggilan Tuhan untuk melaksanakan tugas perutusan yakni memberitakan Injil Kerajaan Sorga (Matius 28:19-20) dan tugas pelayanan yang Tuhan suruh? 

Apakah aku sudah bersiap sedia segera menyambut Mempelai laki-laki dan segera masuk ke ruang Perjamuan Kawin Anak Domba (=Yesus Kristus) ? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Hijau 

1 Korintus 1:17-25 
Mazmur 33:1-2,4-7 
Matius 25:1-13 
BcO : 1 Timotius 3:1-16 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com