Kamis, 18 Agustus 2016

MENANGGAPI KESELAMATAN










Kamis, 18 Agustus 2016 

Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.  
          (Matius 22:4)

yang mengundang = Allah 
yang diundang = siapa saja 
semuanya telah tersedia = keselamatan 

lembu-lembu jantan & ternak piaraan = 
nabi-nabi utusan Allah yang berkorban hingga mencapai puncaknya Yesus yang berkorban (menebus dosa manusia). 

Perumpamaan ini tentang perjamuan kawin ditujukan kepada imam kepala dan para tua-tua Yahudi ketika Yesus mengajar di Bait Allah dan juga kepada orang farisi. 

Matius 21:23a 
Lalu Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepadaNya, .....

Matius 21:45 
Ketika imam-imam kepala dan orang-orang Farisi mendengar perumpamaan-perumpamaan Yesus, mereka mengerti, bahwa merekalah yang dimaksudkanNya.

Sebelumnya Yesus mengutarakan perumpamaan tentang dua orang anak (Matius 21:28-32) dan tentang penggarap kebun anggur (Matius 21:33-46) ditujukan kepada mereka yang menolak Yesus adalah Mesias dan juga menolak Kerajaan Allah. 

Mereka = orang farisi, imam kepala, para tua-tua Yahudi, dan ahli taurat adalah kelompok yang sangat tidak menyukai dan berusaha menyingkirkan Yesus. 

Bila kita simak betul perumpamaan ini, raja menyuruh hamba-hambanya sampai tiga kali mengundang orang-orang agar mau datang menghadiri perjamuan kawin untuk anaknya. 

Pertama 
Undangan pertama, semula bersedia mau datang tetapi saat tiba waktunya mereka tidak datang. 

Matius 22:3 
Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang

Kedua 
Undangan berikutnya juga menolak dengan berbagai alasan. 

Matius 22:5-6 
Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; 
ada yang pergi ke ladangnya, 
ada yang pergi mengurus usahanya 
yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. 

Ketiga 
Undangan kepada semua orang dijumpai

Matius 22:10 
Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu. 

Siapa tamu undangan yang dimaksud dalam perumpamaan ini? 

Tidak ada yang tahu pasti. namun ada yang menafsirkan bahwa : 

Tamu undangan yang pertama ditujukan kepada orang-orang berkecimpungan di bidang keagamaan yang seharusnya mengerti tentang kebenaran Allah, seperti ahli-ahli taurat, imam kepala, tua-tua Yahudi, dan orang farisi. 

Pada saat tiba waktunya Sang Mesias datang di dalam diri Yesus justru mereka menolak padahal Yesus-lah yang diutus Bapa untuk menyelamatkan manusia. 

Tamu undangan kedua ditujukan kepada masyarakat Yahudi atau bangsa Israel; mereka beralasan menolak undangan karena mementingkan urusan duniawi. 

Tamu undangan ketiga ditujukan kepada bangsa lain diluar bangsa Israel yang mau datang menerima undangan karena bangsa Israel tidak menghargai Allah dan menolak Yesus Sang Mesias. 

Keselamatan berlaku universal dan tidak terbatas pada bangsa Israel saja. 
namun kesungguhan hati orang mau menerima undangan tetaplah harus memperhatikan persyaratan mengikuti pesta perjamuan kawin yakni memakai pakaian pesta. 

Matius 22:11-12 
Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta. Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. 

Artinya tetap berlaku sama bagi bangsa lain diluar bangsa Israel bahwa bila mau diselamatkan maka harus mengikuti peraturan, pengajaran, kehendak Allah
Tawaran atau undangan keselamatan ditujukan kepada siapa saja yang mau menanggapinya. 

Sejak semula Allah menginginkan setiap orang diselamatkan setelah manusia Adam jatuh kedalam dosa sehingga akibatnya terpisah dari Allah. 

Yehezkiel 36:24-25 
Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu. 
Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Berbagai upaya dilakukan Allah melalui para nabi diutus Allah agar manusia mau berbalik kembali kepada Allah namun sebagian besar manusia menolak karna terpikat oleh tawaran duniawi. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. 

J A D I 

Masihkah kita tidak mau menanggapi tawaran keselamatan dari Allah? 

Sudah banyak contoh tidak baik yang dilakukan orang terdahulu sebelum kita yang menolak undangan keselamatan karena mementingkan urusan duniawi. 

masakan kita sebodoh itu menganggap tidak berarti keselamatan dari Allah? 
padahal secara logika akal budi kita tahu bahwa hidup kita ini adalah Anugerah Tuhan Allah dan menerima keselamatan berarti beroleh hidup kekal di sorga berkumpul bersama Tuhan Allah. 

Apalagi bagi orang yang sudah percaya kepada Yesus tetapi masih tidak serius menanggapi keselamatan dari Tuhan Allah maka silahkan menanggung akibatnya yang mengerikan. 
jangan sampai menyesal kemudian yang tidak ada gunanya. 

Matius 22:13 
Kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku mau menanggapi undangan keselamatan yang Tuhan Allah tawarkan melalui Yesus Kristus dengan serius melalui sikap dan perbuatanku sejalan dengan kehendakNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa 
Warna Liturgi : Hijau 

Yehezkiel 36:23-28 
Mazmur 51:12-15,18-19 
Matius 22:1-14 
BcO : Pengkhotbah 6:12-7:28 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com