Selasa, 24 September 2019

MELAKUKAN FIRMAN TUHAN


Selasa, 24 September 2019

EZRA 6:7-8,12,14-20
MAZMUR 122:1-5
LUKAS 8:19-21 

Lukas 8:21 
Yesus menjawab mereka: "IbuKu dan saudara-saudaraKu ialah mereka, yang mendengarkan Firman Allah dan melakukannya."  

Ketika Yesus diberitahu bahwa ibu dan saudara-saudara Yesus ada diluar dan ingin bertemu dengan Yesus (Lukas 8:20 atau Matius 12:47), apa jawaban Yesus: 

Matius 12:48 
Jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepadaNya: "Siapa ibuKu? siapa saudara-saudaraKu?" 

Matius 12:47-48 seringkali dipakai pihak lain untuk mendeskreditkan umat katolik bahwa Yesus mempunyai saudara artinya Ibu Yesus (=Bunda Maria) melahirkan anak lagi selain Yesus; hal ini dipakai untuk mengcounter gereja Katolik yang menetapkan Bunda Maria tetap perawan. 

Biarkan mereka mau bicara apa saja sebab yang terpenting adalah bagaimana kita memahami hal-hal apa yang Yesus ajarkan dari bacaan Injil ini. 

Yesus menjelaskan bahwa siapa yang melakukan kehendak Bapa di Sorga adalah saudara-saudaraNya dan ibuNya atau yang mendengarkan dan melakukan Firman Allah (Lukas 8:21). 

Matius 12:50 
Sebab siapapun yang melakukan kehendak BapaKu di sorga, dialah saudaraKu laki-laki, dialah saudaraKu perempuan, dialah ibuKu. 

Masing-masing anggota keluarga kita harus melakukan kehendak Bapa di Sorga atau melakukan Firman Allah untuk dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah, menjadi keluarga Allah. 

Matius 7:21 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. 

Pertanyaannya adalah

PERTAMA   
Mengapa kita harus melakukan kehendak Allah atau kehendak Bapa di sorga? 

Sebab masih banyak orang di kalangan umat kristiani yang tidak mau melakukan kehendak Bapa di Sorga karena merasa menjadi beban berat baginya sehingga tidak bebas dan tidak dapat melakukan kehendak/keinginan diri sendiri. 

Mengapa demikian? 

Penyebabnya adalah orang tersebut tidak mengasihi Allah sehingga kehendak dan perintah Allah menjadi beban bagi dirinya dan beban itu dirasakannya berat. 

Padahal Firman Tuhan mengatakan
1 Yohanes 5:2-3 
Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintahNya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintahNya. Perintah-perintahNya itu tidak berat. 

Artinya jika kita mengasihi Allah maka kita akan melakukan perintahNya dan mau menuruti semua kehendakNya. 

Alasan lain yang membuat banyak orang tidak mau melakukan kehendak Allah sebab tidak percaya kehendak Allah itu baik bagi dirinya. 

Ia merasa setiap larangan Allah kepada kita itu ada sesuatu yang ditutupi Allah sehingga kita dilarang begini dan begitu. 

Padahal Firman Tuhan mengatakan
Mazmur 84:12 
Sebab Tuhan Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela. 

Coba saja baca keseluruhan Firman Tuhan di Alkitab, maka kita dapatkan bahwa segala sesuatu Allah lakukan untuk kepentingan dan kebaikan kita. 

Yeremia 29:11 
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 

KEDUA  
Darimana tahu kehendak Bapa di Sorga? 

Kehendak Bapa di Sorga kita ketahui dari Firman Allah yang tertulis di kitabsuci yang disampaikan Roh Allah/ Roh Kudus 

Kita melakukan Firman Allah berarti kita melakukan  kehendak Bapa di Surga. 

Harus Ingat selalu bahwa : 
Firman Allah adalah makanan rohani buat roh kita, ini yang dikatakan Yesus. 

Yohanes 4:34 
Kata Yesus kepada mereka: "MakananKu ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya. 

Begitupun kita, hendaknya Firman Allah adalah makanan bagi roh kita. 

Matius 4:4 
Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 

KETIGA 
Bagaimana caranya agar kita mampu melakukan kehendak Bapa dari Firman Allah yang kita ketahui? 

Tentu saja dari Roh Allah/Roh Kudus memampukan kita untuk memahami Sabda/Firman Allah. 

Yohanes 14:16-17 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 

Roh Allah/ Roh Kudus/Roh Kristus akan berdiam di dalam diri orang yang percaya kepada Yesus Kristus 

Yohanes 7:38 
Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup 

Tetapi dengan berjalannya waktu, 
Roh Allah tidak dapat bekerja di dalam diri orang yang membungkamkan Roh Allah demi memuaskan keinginannya sendiri karena Allah memberikan kebebasan memilih untuk membiarkan Roh Allah berdiam dalam dirinya ataukah menolak. 

Roma 8:9 
Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 

Demikian ketiga pertanyaan ini mestinya menjadi suatu peringatan bagi kita agar tetap setia melakukan kehendak Bapa di Surga dengan menjadi pelaku Firman. 

Roh Allah/Roh Kudus harus kita miliki dan berdiam di dalam diri kita sebab tanpa Roh Allah/Roh Kudus maka kita tidak berdaya menjalano hidup ini. 

Mazmur 51:13 
Janganlah membuang aku dari hadapanMu, dan janganlah mengambil rohMu yang kudus dari padaku! 

Daud sadar akan hal ini sehingga beliau memohon agar Roh Allah tetap berdiam di dalam dirinya. 

Seseorang tidak memberi makanan pada rohnya maka ia masih bisa hidup tetapi bila ia kehilangan Roh Allah maka ia tidak dapat hidup karena imannya mati. 

Roh Allah dan Firman Allah sangat vital karena memberikan kekuatan agar dapat menjalani hidup ini sesuai dengan kehendak Bapa di Surga. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com