Selasa, 10 September 2019

TUHAN ITU BAIK KEPADA SEMUA ORANG


Selasa, 10 September 2019

KOLOSE 2:6-15 
MAZMUR 145:1-2,8-11 
LUKAS 6:12-19 

Lukas 6:18 
Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka; juga mereka yang dirasuk oleh roh-roh jahat beroleh kesembuhan. 

Mereka datang untuk mendengarkan Dia berarti mau mendengarkan pengajaran Yesus sehingga iman mereka bertumbuh (=Roma 10:17) dan semakin diteguhkan. 

Kita mengatakan mukjizat bila terjadi kesembuhan, pemulihan, dan pelepasan padahal menurut Firman Tuhan hal itu terjadi karena iman kita yang percaya kepada Yesus. 

Matius 9:29 
Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu."  

Iman kita yang menyembuhkan dan yang menyelamatkan kita. 
Maka dari itu kita mesti menumbuhkan dan menguatkan iman kita agar semakin teguh mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. 

Kolose 2:6-7 
Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. 

Ada 5 hal yang mesti kita perhatikan agar iman kita bertumbuh semakin kokoh: 

1. Kita hidup tetap di dalam Yesus 
2. Berakar di dalam Yesus 
3. Dibangun di atas Dia 
4. Bertambah teguh iman kepada Yesus 
5. Hati kita melimpah dengan syukur 

Namun sayangnya banyak orang tidak fokus bahkan beranggapan tidak penting menumbuhkan imannya sehingga sedikit waktu memberi makanan rohani kepada imannya dan akibatnya imannya statis bahkan sampai mati imannya. 

Makanan rohani adalah Firman Tuhan
Silahkan periksa apakah iman anda itu bertumbuh? Apakah anda membaca Firman Tuhan yang tertulis di kitabsuci setiap hari dan apakah porsi makanan rohani mencukupi kebutuhan imanmu? 

Sekali lagi janganlah berdalih dengan mengatakan bahwa diri anda baik-baik saja meskipun tidak membaca kitabsuci, apalagi berani berpendapat bahwa yang penting hidupku tidak berbuat jahat dan banyak berbuat kebaikan. 

Misalnya
Seseorang berbuat baik menjadi donatur buat anak yatim-piatu, donatur bangun gereja, dsbnya tetapi ia mendapatkan banyak uang dari hasil melakukan bisnis atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan kebenaran Tuhan lewat FirmanNya. 

Korupsi, suap/sogok, mengintimidasi, berbohong melaporkan penghasilan alias menghindari pajak, gaji pegawai ditekan meski telah bekerja keras, memanipulasi kualitas produk yang dijualnya, ditambah lagi dengan cara menipu, fitnah, hoax demi mendapatkan uang yang banyak. 

Perbuatannya sebagai donatur sumbang uang ke yayasan sosial dsbnya itu dinilai sebagai perbuatan baik menurut ukuran dunia tetapi ia tidak benar di mata Tuhan atau berdasarkan Firman Tuhan..

Seringkali orang memgklaim dirinya sudah berbuat baik tetapi menjalani hidup tidak berdasarkan kebenaran Tuhan karena mengandalkan pikiran dan pendapatnya sendiri. 

Tidak heran ia akan protes kepada Tuhan ketika suatu saat ia sakit parah, atau bisnis/pekerjaannya hancur, atau juga keluarga mengalami keretakan, dsbnya. 

Ingatlah Yesus katakan bahwa
Matius 7:20-21 
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga.  

Setelah iman kita bertumbuh maka kita akan hidup di dalam Kebenaran Tuhan dan kita akan melakukan perbuatan baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Tentu akan ada ujian iman di suatu saat namun kita akan dapat mengatasinya bila iman kita teguh yang setiap hari kita beri makanan rohani sehingga relasi kita kian intim dengan Tuhan Allah. 

Tatkala datang badai persoalan hidup atau di saat kita sedang pelayanan maka imanlah yang memegang peranan penting untuk mengatasinya. 

Markus 11:22-23 
Yesus menjawab mereka: "Percayalah kepada Allah! Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. 

Percayalah kepada Tuhan Allah haruslah terpatri di pikiran dan di dalam hati kita sehingga iman kita tak tergoyahkan. 

Tuhan Allah itu teramat sangat baik pada setiap orang yang yakin dan percaya kepadaNya 

Mazmur 145:8-9 
Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setiaNya. Tuhan itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikanNya. 

Kita saksikan dalam bacaan Injil hari ini bahwa keyakinan banyak orang datang kepada Yesus yang membuat mereka menjadi sembuh. 

Lukas 6:19 
Semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari padaNya dan semua orang itu disembuhkanNya. 

Keyakinan itu menunjukkan kualitas iman setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana ia memberi makanan rohani kepada imannya agar semakin tumbuh dan semakin teguh. 

Iman seseorang akan terlihat tatkala ia menghadapi persoalan hidup; apakah ia tetap percaya kepada Tuhan yang baik kepada setiap orang ataukan ia bimbang. 

Maekus 11:24 
Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com