Rabu, 25 September 2019

YESUS MENGUTUS MURID-MURIDNYA


Rabu, 25 September 2019

EZRA 9:5-9
TOBIT 13:2-5,8
LUKAS 9:1-6

Lukas 9:1,6 
Yesus memanggil kedua belas muridNya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat. 

Setelah kita mendengar dan melakukan Firman Tuhan untuk pertumbuhan iman kita dan untuk kebaikan diri kita maka tiba saatnya kita menunaikan tugas perutusan memberitakan Injil dan tugas pelayanan. 

Ada yang bertanya: apakah orang yang baru bertobat atau mengalami jamahan kuasa Tuhan yang menyembuhkan sakit yang dideritanya; boleh terlibat dalam pelayanan rohani dan pemberitaan Injil? 

Boleh-boleh saja tetapi biasanya pondasi imannya belum stabil untuk menghadapi medan pelayanan dan tugas perutusan pemberitaan Injil. 

Sebab mereka yang baru bertobat masih memerlukan bimbingan untuk bertumbuh imannya artinya masih butuh dilayani. 

Bila baru bertobat dan langsung terlibat dalam pelayanan rohani maka biasanya tidak bertahan lama (=muntaber) kecuali dapat panggilan khusus dari Allah yang mengutusnya. 

Kita sudah membahas apa arti dan tujuan pelayanan rohani yaitu fokus utamanya adalah memberi dan bukan menerima atau melayani dan bukan dilayani. 

Pelayanan dari Allah yang memanggil dan mengutus kita, biasanya Allah memberi kuasa untuk menyembuhkan penyakit, mengusir setan/kuasa gelap, dan kuasa mengajar pemberitaan Injil. 

Mulai jaman Perjanjian Lama, Allah yang mengutus para nabi dan jaman Perjanjian Baru, Yesus mengutus ke-12 murid2Nya dan dilanjutkan oleh para Rasul yang mengutus murid-murid mereka. 

Tidak ada yang mengajukan diri untuk melakukan tugas perutusan tetapi anehnya di jaman sekarang, banyak orang yang mengajukan diri mau diutus untuk pemberitaan Injil. 

Entah apa faktor pendorongnya sehingga banyak yang tertarik tugas pemberitaan Injil; apakah faktor ungkapan syukur atas kebaikan Tuhan yang menolong dirinya ataukah ada faktor penyebab lainnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan dalam renungan sebelumnya bahwa pelayanan dan perutusan yang kita lakukan karena disuruh Tuhan atau setidaknya kita tanya Tuhan terlebih dahulu, apakah rencana kita mau pelayanan disetujui oleh Tuhan. 

Jangan sampai kita menentukan sendiri mau pelayanan begini dan begitu, lalu minta Tuhan memberkati pelayanan kita. 

Coba kita perhatikan, Yesus menyuruh ke-12 murid untuk persiapan pelayanan dan perutusan, yaitu: 

Lukas 9:3 
kata Yesus kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju." 

Artinya Tuhan yang melengkapi segala keperluan kita dan keperluan pelayanan

PERTAMA 
Diperlengkapi dengan sembilan karunia pelayanan dan kuasa dari Tuhan Allah 
( baca 1 Korintus 12:8-10 ) 

1 Korintus 12:6-7,11  
Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya. 

Kisah 1:8 
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. 

KEDUA 
Dicukupi segala keperluan hidup orang yang diutus Allah 

2 Timotius 2:4 
Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 

KETIGA 
Kita diberikan hikmat Allah 

1 Korontus 1:24 
Untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. 

Oleh sebab itu jangan lagi ragu-ragu untuk pergi diutus dan pergi pelayanan yang ditetapkan Allah agar kita kerjakan. 

Kita juga termasuk murid-murid Yesus karena iman percaya kepadaNya dan hendaklah kita melakukan apa yang dikehendakiNya. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com