Sabtu, 28 November 2020

BERJAGA-JAGALAH









SABTU, 28 NOVEMBER 2020
 
WAHYU 22:1-7 
 
Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu. "Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!" 
 
MAZMUR 95:1-2,3-5,6-7 
 
Biarlah kita menghadap wajahNya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagiNya dengan nyanyian mazmur. Sebab Tuhan adalah Allah yang besar, dan Raja yang besar mengatasi segala allah. 
 
LUKAS 21:34-36 
 
Jaga dirimu jangan berpesta-pora, mabuk, dan sarat kepentingan duniawi supaya hari Tuhan tiba-tiba jatuh keatas dirimu. 
 
RENUNGAN 
 
Yesus mengingatkan bahwa kita harus berjaga-jaga supaya hari Tuhan tiba-tiba jatuh keatas diri kita atau dengan katalain jangan sampai saat meninggal dunia, hati kita masih dikuasai oleh: 
* kepentingan duniawi 
* pesta pora 
* kemabukan 
 
Lukas 21:34 
Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat
 
Kepentingan Duniawi 
 
Ada orang bertanya apa saja kepentingan duniawi itu sebab menurutnya kita hidup di dunia ini terlibat kepentingan duniawi. 
 
Apa itu kepentingan duniawi? 
 
1 Yohanes 2:16 
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. 
 
Keinginan timbul dari mata yang melihat sesuatu yang disukai oleh kedagingan dan tergantung seseorang memutuskan; apakah bertindak memenuhi keinginan ataukah menolak keinginan dagingnya. 
 
Keangkuhan hidup merupakan sifat yang mengagungkan kemampuan diri sendiri dan beranggapan dirinya hebat melebihi kemampuan orang lain; bahkan terhadap Tuhan disepelekan. 
 
Kemabukan 
 
Mabuk adalah kecanduan yang mengikat hawa nafsu kedagingan. 
 
Efesus 5:18a 
Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu 
 
2 Petrus 2:13b 
Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama denganmu. 
 
Pesta- pora 
 
Pesta-pora adalah perbuatan daging yang mengutamakan pemuasan kenikmatan daging berkelebihan. 
 
JADI 
 
Ketiga hal ini diperingatkan Yesus dan hendaknya kita tanggapi dengan serius sebab sampai saat ini masih banyak yang terpikat dan terseret hingga tenggelam oleh kepentingan duniawi, kemabukan dan pesta pora. 
 
Mazmur menasehati agar supaya kita sujud menyembah Tuhan. 
 
Mazmur 95:6-7 
Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan Tuhan yang menjadikan kita. Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaanNya dan kawanan domba tuntunan tanganNya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suaraNya! 
 
Hendaknya kita mawas diri dengan penuh kewasdapaan menjaga diri kita agar tidak terjebak pemuasan keinginan daging yang sarat dengan hawa nafsu. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com