Kamis, 26 November 2020

KEDATANGAN ANAK MANUSIA





KAMIS, 26 NOVEMBER 2020
 
WAHYU 18:1-2,21-23,19:1-3,9 
 
Kemudian dari pada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di sorga, katanya: "Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan adalah pada Allah kita, 
 
sebab benar dan adil segala penghakimanNya, karena Ialah yang telah menghakimi pelacur besar itu, yang merusakkan bumi dengan percabulannya; dan Ialah yang telah membalaskan darah hamba-hambaNya atas pelacur itu." 
 
MAZMUR 100:2-5 
 
Masuklah melalui pintu gerbangNya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataranNya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepadaNya dan pujilah namaNya! Sebab Tuhan itu baik, kasih setiaNya untuk selama-lamanya, dan kesetiaanNya tetap turun temurun. 
 
LUKAS 21:20-28 
 
Yesus katakan tentang Yerusalem runtuh dan tanda-tanda menyertai kedatangan Anak Manusia. 
 
RENUNGAN 
 
Pekan ini bacaan Injil berbcara mengenai tanda-tanda keruntuhan Bait Allah dan kedatangan Anak Manusia atau Kerajaan Allah akan datang. 
 
Banyak tanda diberitahukan agar supaya kita waspada dan berjaga-jaga serta kita mempersiapkan diri menghadapinya. 
 
Tanda-tanda keruntuhan Bait Allah 
 
Lukas 21:20 
Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 
 
Secara fisik, bila Bait Allah atau sekarang dinamakan Gedung Gereja dikepung oleh tentara berarti tujuannya mau merusak dan menghancurkan Gereja. 
 
Beberapa kali di negeri kita terjadi Gereja dirusak dan dibakar dengan berbagai alasan pembenaran diri/kelompok. 
 
Seperti halnya Yesus menasehati agar menghindari bila Bait Allah di Yerusalem diruntuhkan maka umat dari Gereja yang dirusak/dibakar hendaknya menghindar dan tidak perlu melawan orang jahat itu. 
 
Lukas 21:21 
Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota. 
 
Biarlah Tuhan saja yang akan membalas perbuatan jahat mereka. 
 
Roma 12:19 
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hakKu. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. 
 
Secara rohani, Bait Allah adalah diri kita. 
 
1 Korintus 6:19 
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?  
 
1 Korintus 3:16 
Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 
 
Akibat menuruti hawa nafsu kedagingan akan merusak tubuh kita sendiri karena  kesehatan kita terganggu dan rohani kita semakin kerdil tidak berdaya dibelenggu oleh dosa yang menjerumuskan kita ke alam maut. 
 
1 Korintus 3:17 
Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu. 
 
Tanda-tanda Kedatangan Anak manusia 
 
Lukas 21:25-27 
Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. 
Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya. 
 
Orang berdosa biasanya diliputi perasaan takut karena tahu dirinya bersalah. 
Seperti halnya Hawa takut mendengar langkah Allah menghampirinya setelah dia makan buah terlarang tersebut. 
 
Kejadian 3:8,10 
Ketika mereka mendengar bunyi langkah Tuhan Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap Tuhan Allah di antara pohon-pohonan dalam taman. Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi." 
 
Sebaliknya orang yang berjaga-jaga telah persiapkan diri menyambut kedatangan Anak Manusia (=Yesus) dengan angkat muka karena Sang Penyelamat datang. 
 
Lukas 21:28 
Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat. 
 
Semoga kita tidak lengah tetapi waspada dan berjaga-jaga sebab kita tidak tahu kapan kedatangan Anak Manusia. 
 
Pada saat Anak Manusia datang maka kita turut serta dalam perjamuan Anak Domba Allah. 
 
Wahyu 19:9 
Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah." 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com