Rabu, 04 November 2020

MENGIKUT YESUS







RABU, 4 NOVEMBER 2020
 
FILIPI 2:12-18 
 
Segala sesuatu hendaknya dikerjakan dengan sungguh-sungguh berpegang pada firman kehidupan. 
 
MAZMUR 27:1,4,13-14 
 
Tuhan adalah terangku & keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? Tuhan adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? Nantikanlah Tuhan! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah Tuhan! 
 
LUKAS 14:25-33 
 
Yesus mengatakan setiap orang harus melepaskan segala miliknya dan memikul salin untuk menjadi muridNya. 
 
RENUNGAN 
 
Sebagai umat kristiani ada tiga hal pokok yang harus kita lakukan, yaitu: 
 
Pertama 
Melepaskan segala yang mengikat diri 
 
Lukas 14:33 
Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi muridKu. 
 
Masih ingat kisah orang kaya pada Injil Matius 19:21-22 
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. 
 
Ada dua hal yang sulit dilepaskan yakni harta kekayaan dan hawa nafsu daging yang menghalangi kita mengikut Yesus atau hidup di dalam kebenaran Tuhan. 
 
Roma 8:7-8 
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 
 
1 Timotius 6:9-10 
Mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yg menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. 
 
Kedua 
Memikul salib dan mengikut Yesus 
 
Lukas 14:27 
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi muridKu. 
 
Sebagian umat kristiani menolak salib dengan alasan bahwa Yesus telah mati di salib menebus dosa-dosa manusia dan menghendaki kita manusia hidup dalam kemenangan atau dalam kelimpahan. 
 
2 Korintus 8:9 
Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinanNya. 
 
Ayat Firman ini ditafsirkan demikian dan bukan hanya hidup dalam kelimpahan saja melainkan juga setiap orang percaya pada Yesus dipastikan masuk Surga sebab meski berdosa tetapi diampuni. 
 
Penafsiran ini keliru karena tidak melihat konteks dari ayat Firman tersebut maka penafsirannya menjadi bias dan tidak tepat karena tidak dikaitkan dengan Injil Sinoptik lainnya. 
 
Padahal Yesus katakan bahwa setiap orang mau mengikutiNya harus sangkal diri dan pikul salib, bahkan setiap hari. 
 
Lukas 9:23 
KataNya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 
 
Ketiga 
Kerjakan keselamatan dengan sunggguh 
 
Filipi 2:12a,14 
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar. Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan. 
 
Keselamatan itu harus dipertahankan sebab bila kita lengah maka keselamatan akan hilang dan sia-sialah penebusan yang kita terima saat dibaptis bahkan kita kehilangan kehidupan kekal. 
 
Yohanes 3:16 
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 
 
Rasul Paulus memberikan petunjuk cara mengerjakan keselamatan yaitu: 
 
Filipi 2:14-16a 
Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, sambil berpegang pada firman kehidupan... 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com