Selasa, 24 November 2020

NUBUAT KERUNTUHAN BAIT ALLAH





SELASA, 24 NOVEMBER 2020
 
WAHYU 14:14-20 
 
Dan aku melihat: sesungguhnya, ada suatu awan putih, dan di atas awan itu duduk seorang seperti Anak Manusia dengan sebuah mahkota emas di atas kepalaNya dan sebilah sabit tajam di tanganNya. 
 
Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: "Ayunkanlah sabitMu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak." 
 
MAZMUR 96:10-13 
 
Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "Tuhan itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran." di hadapan Tuhan, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaanNya. 
 
LUKAS 21:5-11 
 
Yesus mengatakan bahwa Bait Allah akan diruntuhkan, lalu murid2 bertanya kapan itu terjadinya dan apa tanda-tandanya. 
 
RENUNGAN 
 
Bacaan Injil hari ini, Yesus menubuatkan Bait Allah akan diruntuhkan. 
 
Lukas 21:5-6 
Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: "Apa yang kamu lihat di situ — akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan." 
 
Ada yang menafsirkan Bait Allah runtuh menandakan akhir jaman atau tanda hari penghakiman dimana Yesus datang. 
 
Benarkah demikian? 
 
Sudah banyak orang ingin tahu kapan hal tersebut terjadi seperti halnya para murid Yesus ingin tahu kapan Bait Allah runtuh dan apa tanda-tandanya. 
 
Lukas 21:7 
Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?" 
 
Bukankah lebih penting kita persiapkan diri agar saatnya tiba sudah siap sedia menghadapinya. 
 
Yesus memperingatkan kita bila saatnya tiba Bait Allah diruntuhkan akan ada penyesatan yang mengatasnamakan Yesus dengan tujuan menarik umat kristiani untuk mengikutinya atau terseret dalam penyesatan. 
 
Lukas 21:8 
JawabNya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai namaKu dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. 
 
Yesus mengatakan tanda-tanda Bait Allah diruntuhkan dapat juga diartikan tanda akhir jaman
 
Pertama 
Terjadi pemberontakan dan peperangan 
 
Lukas 21:9-10 
Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. 
 
Kedua 
Terjadi gempa bumi dan langit serta ada penyakit sampar dan kelaparan 
 
Lukas 21:11 
dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. 
 
Ketiga 
Kamu diserahkan oleh pihak keluarga, oleh sahabat bahkan dibenci semua orang dimana kamu akan dibunuh karena beriman kepada Yesus 
 
Lukas 21:16-17 
Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu
 
Berarti akhir jaman sudah terjadi tetapi semua ini baru permulaan penderitaan penganiayaan dan kesudahannya tidak ada yang tahu kapan hari penghakiman dimana Yesus datang keduakalinya. 
 
Banyak orang bernubuat bahkan ada yang yakin kapan hari kiamat atau hari terakhir dunia ini tetapi kenyataannya tidak tepat sebab memang tidak ada yang tahu selain Tuhan Allah yang tentukan harinya. 
 
Matius 24:36 
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri. 
 
Lagipula Firman Tuhan mengingatkan bahwa satu hari dunia berbeda dengan satu hari di hadapan Tuhan. 
 
2 Petrus 3:8 
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 
 
JADI 
 
Akhir jaman bukan berarti hari kiamat atau hari terakhir dunia ini. 
 
Kita mesti membenah diri agar tidak lagi hidup di dalam dosa melainkan hiduplah di dalam kebenaran Tuhan yang akan mengantarkan kita kepada hidup kekal di Sorga dan hal ini lebih penting daripada ingin tahu kapan hari terakhir tiba sebab tanda-tanda akhir jaman sudah jelas. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com