Kamis, 19 November 2015

Oohh YERUSALEM










Renungan Harian 19 November 2015 
Oohh YERUSALEM 
(Lukas 19:41-44) 

1 Makabe 2:15-29 
Mazmur 50:1-2,5-6,14-15 


Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Yerusalem adalah salah satu kota yang unik di dunia sebab di kota ini menjadi tempat bersejarah umat Kristen, agama Yahudi, dan agama Islam. 

menurut beberapa sumber dari ahli-ahli sejarah dan juga dari Alkitab dikatakan bahwa di kota Yerusalem terdapat : 

1) gereja makam kudus berada di tengah sejarah perjalanan Yesus memanggul kayu salib menuju bukit golgota yang dikenal sebagai jalan kesengsaraan Yesus (via dolorosa) dan Ia mengalami kematian, dan kebangkitan. (Injil Matius,Markus,Lukas, dan Yohanes)

2) tembok ratapan yang merupakan bagian dari dinding yang tersisa dari bangunan Bait Allah yang dibangun oleh raja Salomo dengan kerajaan yang megah dan termahsyur. 
(baca 1 raja-raja pasal 6 sd pasal 10) 

orang Yahudi meyakini tembok ratapan adalah bagian dari ruangan Maha Kudus Bait Allah dan mempercayai sebagai lokasi tempat Abraham mengorbankan anaknya Ishak. 

3) Masjid al-Aqsa diyakini agama Islam sebagai tempat suci ketiga setelah masjidil Haram di Mekkah, dan masjid Nabawi di Madinah. 

umat muslim meyakini Nabi Muhamad ke Yerusalem dari Mekkah ketika dalam perjalanan isra miraj bersholat di masjid al-aqsa di Yerusalem ini. 

itu sebabnya kota Yerusalem ini sangat terkenal sejak raja Daud dan puncak kejayaan dari raja Salomo bahkan dalam Injil dapat kita ketahui : 


Yesus menangisi Yerusalem karena keprihatinan terhadap kota Yerusalem dan dicatat Injil Lukas sebanyak 4 kali : 
Lukas 19:41-44, Lukas 23:20-24 
Lukas 13:31-35, Lukas 21:20-24 

penduduk Yerusalem menolak diriNya sebagai Mesias dan menyalibkanNya.  mengapa demikian ? 

mereka mengharapkan Mesias adalah sosok pahlawan (seperti raja Daud) yang mampu membebaskan negeri mereka dari jajahan bangsa Romawi. 

Lukas 24:21a 
padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel ... 

ibu Yohanes dan Yakobus juga berharap kelak kemudian hari kedua anaknya mnjadi tangan kanan/kiri Yesus 

Matius 20:20-21 
datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapanNya untuk meminta sesuatu kepadaNya. kata Yesus: "Apa yang kaukehendaki?" jawabnya: "berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam KerajaanMu, yang seorang di sebelah kananMu dan yang seorang lagi di sebelah kiriMu." 

bahkan para murid meributkan siapa yang terbesar diantara mereka dengan harapan menjadi wakil Yesus kemudian hari bila Yesus jadi raja dan membangun kerajaan dunia dengan bala tentara. 

Markus 9:33-34 
tibalah Yesus dan murid-muridNya di Kapernaum. ketika Yesus sudah di rumah, Ia bertanya kepada murid-muridNya: "apa yang kamu perbincangkan tadi di tengah jalan?" tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka

Yesus sangat prihatin kepada penduduk Yerusalem yang seharusnya mendapat kesempatan untuk mengalami hidup damai sejahtera. 

Lukas 19:41-42 
ketika Yesus telah dekat dan melihat kota Yerusalem, Ia menangisinya, kataNya: wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu

namun akibat kedegilan hati mereka maka keprihatinan Yesus nanti terbukti pada akhirnya sekitar tahun 70 masehi kota Yerusalem dihancurkan oleh bala tentara Titus. 

Lukas 19;43-44 
sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau."  

mereka berharap datangnya Mesias atau JuruSelamat padahal Mesias sudah datang dalam diri Yesus namun mereka tidak tahu sebab telah menolak Yesus. 

jika saja mereka tahu dan menerima Yesus maka damai sejahtera akan mereka alami namun sayang akibatnya sampai sekarang kota Yerusalem tidak damai sejahtera karena terjadi perang, kekacauan dan keributan. 

demikian juga hendaknya, 
jangan sampai orang percaya kepada Yesus justru menolak jalan hidup yang ditunjukkan Yesus karena memilih jalan dunia yang menyesatkan. 

Yohanesb15:6 
kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

sedangkan orang yang belum percaya kepada Yesus, suatu hari nanti berbalik mempercayai Yesus dan mau hidup seturut jalan kebenaran dan jalan hidup yang ditunjukkan Yesus kepadanya. 

sungguh sangat disayangkan bangsa Israel yang dipilih Allah justru tersesat dan mengalami kehancuran sedangkan bangsa lain mengalami keselamatan. 

secara individu, apakah kita orang percaya kepada Yesus tidak mau belajar dari kesalahan bangsa Israel dan mau mencontoh sikap tegar tengguk mereka. 

kalau mau diselamatkan dari alam maut maka ikuti jalan kebenaran dan hidup yang diajarkan Yesus. 

kita tahu bahwa kita harus percaya, taat melakukan kehendak dan perintah Tuhan hingga setia sampai mati maka kita beroleh keselamatan dan hidup kekal di sorga rumah Bapa. 

maka tergenapilah syair lagu dibawah ini di dalam diri kita : 

oh Yerusalem kota mulia 
hatiku rindu kesana 
tak lama lagi Tuhanku datanglah 
bawa saya maauk sana 

tiap langkahku diatur oleh Tuhan 
dan tangan kasihNya menopangku 
di tengah gelombang dunia menakutkan 
hatiku tetap tenang teduh 

tiap langkahku 
ku tahu Tuhan yang pimpin 
ke tempat tinggi ku dihantarNya 
hingga sekali nanti aku tiba 
di rumah Bapa Surga yang kekal 

REFLEKSI DIRI 

rindukanlah Yerusalem baru yakni Surga supaya suatu hari nanti berada disana. 

berkemaslah dan bersiap-sedialah untuk meninggalkan dunia ini menuju rumah abadi yang telah disediakan Yesus. 

Yohanes 14:2-4 
di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com