Kamis, 26 November 2015

TANDA KEDATANGAN ANAK MANUSIA












Renungan Harian 27 November 2015 
TANDA KEDATANGAN ANAK MANUSIA 
(Lukas 21:29-33) 

Daniel 7:2-14
Tambaham Daniel 3:75-81


Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Injil Lukas hari ini mengenai perkataan Yesus tentang Kerajaan Allah sudah dekat bila pohon ara bertunas. 

Lukas 21:29-31 
Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. 
demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 

kita tidak tahu mengapa pohon ara bertunas menjadi tanda Kerajaan Allah sudah dekat yang artinya menunjukkan kedatangan Anak Manusia (=Yesus). 

pohon ara banyak dijumpai di Israel dan konon kabarnya setiap tahun berbuah. 

nabi Yeremia mendapat penglihatan tentang dua keranjang buah ara yang berisikan buah ara yang sangat baik dan buah ara yang sangat jelek. 
(baca Yeremia pasal 24)

buah ara yang jelek menunjukkan negeri Israel akan lenyap dihancurkan karena perbuatan mereka dan tidak bertobat. 

Yeremia 24:10 
Allah akan mengirimkan perang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka, sampai mereka habis dilenyapkan dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka dan kepada nenek moyang mereka

penglihatan buah ara yang jelek terbukti pada tahun 70 Masehi tentara Romawi dipimpin jendral Titus menduduki kota Yerusalem dan Bait Allah dihancurkan. 

sedangkan, 
buah ara yang baik menunjukan negeri Israel akan dibangun dan tidak akan dihancurkan karena mereka bertobat. 

Yeremia 24:6 
Allah akan mengarahkan mataKu kepada mereka untuk kebaikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke negeri ini. Aku akan membangun mereka, bukan meruntuhkannya; Aku akan menanam, bukan mencabutnya. 

namun untuk penglihatan buah ara yang baik tidak akan diperoleh selama bangsa Israel tidak bertobat karena mereka tidak mengakui Yesus sebagai Mesias. 

namun Yesus mengatakan bahwa : 
perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas berarti sudah Kerajaan Allah sudah dekat. (Lukas 21:29-31) 

tanda pohon ara bertunas menunjukan bahwa pada tahun 1948 tepatnya 14 Mei 1948 bangsa Israel terbentuk setelah selama 1878 tahun atau hampir 19 abad mereka orang-orang Yahudi tercerai-berai di pelosok dunia. 

Yeremia 31:10 
dengarlah firman Tuhan, 
hai bangsa-bangsa, beritahukanlah itu di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerakkan Israel akan mengumpulkannya kembali, dan menjaganya seperti gembala terhadap kawanan dombanya! 

meskipun orang-orang Yahudi telah membentuk negara Israel tahun 1948 namun baru tahun 1967 merebut kota Yerusalem dan menguasai bekas bangunan Bait Allah. 

kabarnya tahun 2011 Bait Allah dibangun kembali di Yerusalem meskipun masih ada kendala sebab di tanah dimana Bait Allah yang telah diruntuhkan tahun 70 tersebut telah berdiri masjid al-aqsa yang merupakan halaman Bait Allah di jaman raja Salomo sedangkan ruang Maha Kudus dimana sekarang berdiri bangunan dome of the rock. 

meski Bait Allah dibangun raja Salomo dengan megah di tanah yang dibeli raja Daud yang membangun Mezbah yang tidak semegah Bait Allah. 
(2 Samuel 24:18-25) 

Daud setia sampai mati menyembah Allah sedangkan Salomo mengkhianati Allah dengan menyembah Asytoret dan illah lain dari para istrinya dan tidak hidup menurut ketetapan Allah. 
(baca 1 raja pasal 11). 

bangsa Israel mengenang raja Daud 
Yesus lahir dari keturunan raja Daud. 

Kisah 15:16-17 
Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milikKu demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini. 
(baca juga Amos 9:11-15) 

dari berbagai sumber informasi maka kita bisa menelusuri sejarah mengenai kota Yerusalem yang berulangkali dihancurkan dan kemudian dibangun kembali, termasuk Bait Allah. 

selanjutnya, 

setelah kita membaca kitab Yeremia dapat kita ketahui hubungan antara pohon ara yang bertunas dengan Kerajaan Allah sudah dekat maka sekarang kita mencoba menemukan makna dari : 

Lukas 21:32-33 
Aku berkata kepadamu: sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu

ada yang menafsirkan bahwa akhir jaman atau kedatangan Yesus kedua akan tiba bila bangsa Israel bertobat dan mengakui Yesus sebagai Mesias. 

memang masih belum jelas apakah bangsa Israel akan segera bertobat setelah Bait Allah selesai dibangun namun bila menilik dari sikap bangsa Israel yang angkuh menonjolkan diri sebagai bangsa pilihan Allah, sepertinya kata peribahasa : jauh panggang dari api 

kita tidak perlu terjebak mengurusi kapan akhir jaman tiba sebab sudah jelas Yesus katakan : 

Markus 13:32 (=Matius 24:26) 
tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja

bagi kita, 
tanda-tanda sebelum akhir jaman tiba adalah suatu peringatan keras yang harus kita tanggapi dengan serius agar membenahi segala sesuatu yang belum menyelesaikan tugas dari Tuhan dan memperbaiki segala kelakuan buruk yang tidak berkenan di mata Tuhan. 

kita kudu mesti harus percaya kepada segala perkataan Yesus yang tidak akan pernah berubah sampai selamanya. 

perkataan Yesus bukan hanya janji saja tetapi segala nasehat, pengajaran, dan teguranNya harus kita turuti/lakukan dengan setia. 

REFLEKSI DIRI 

apakah tanda-tanda menjelang akhir jaman menyadarkan diriku untuk segera membenahi dan memperbaiki sikap hidupku agar seturut perkataan Yesus dan sesuai kehendakNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com