Selasa, 24 November 2015

BAIT ALLAH AKAN DIRUNTUHKAN











Renungan Harian 24 November 2015 
BAIT ALLAH AKAN DIRUNTUHKAN 
(Lukas 21:5-11) 

Daniel 2:31-45 
Tambaham Daniel 3:57-61


Saudara/i dalam Yesus Kristus, 

Sejak abad pertengahan bangunan gereja megah menjulang tinggi dan ruangan dalam dipenuhi ornamen dan lukisan indah. 

umat senang beribadah di gereja yang besar, megah, artistik, full ac / heater, audio dan multi media canggih dimana tidak perlu repot bawa buku tpe / puji syukur / madah bakti atau Alkitab. 

ternyata di jaman Salomo, kemegahan Bait Allah sangat terkenal saat itu dan tidaklah heran jika dikagumi orang. 

Lukas 21:5 
ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan. 

Yesus mengingatkan bahwa Bait Allah akan diruntuhkan dan kelak kemudian hari terbukti menjadi reruntuhan. 

Lukas 21:6 
"apa yang kamu lihat di situ akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan." 

di jaman modern sekarang ini Bait Allah atau Gereja yang diruntuhkan masih terjadi terutama di negara mayoritas non Kristen/Katolik. 

sudah sangat sering bangunan gereja dihancurkan, bukan hot news dan pada umumnya umat "kurang peduli" sebab fokus utama adalah mencari duit dan menumpuk harta dunia untuk persiapkan keperluan hidup di masa depan. 

hampir sebagian besar orang termasuk umat kristiani pergi beribadah sebagai faktor penyeimbang antara urusan dunia dan hal-hal kerohanian. 

hanya sebagian kecil menempatkan hal rohani dan beribadah sebagai prioritas utama di dalam hidupnya. 

coba saja kita lihat, 
tidak banyak orang bercita-cita menjadi romo/pastor/pendeta... 
kalau sudah tidak ada pilihan lain. 
mohon maaf para romo/pastor. 
ini realita yang tak bisa dipungkiri. 

jika murid-murid Yesus peduli tentang tanda-tanda akhir jaman atau tanda-tanda Bait Allah diruntuhkan maka saat sekarang ini tidak banyak yang peduli. 

Lukas 21:7 
murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?"  

dari ayat 8 sd 11 Yesus menjelaskan situasi yang akan terjadi menjelang akhir jaman dimana Yesus akan mengadili yang hidup dan yang sudah mati. 

tanda-tanda akhir jaman, akan ada : 
1) penyesatan memakai nama Yesus  
2) peperangan dan pemberontakan 
3) penyakit sampar 
4) kelaparan 
5) gempa bumi 
6) penganiayaan ~ 
     (secara detail di renungan besok) 

meskipun sudah terjadi dan tergenapi semua tanda-tanda akhir jaman namun belum tiba saatnya hari penghakiman di akhir jaman. 

sudah banyak orang yang meramal kapan persisnya hari/tanggal/tahun tibanya akhir jaman namun ramalan atau prediksi mereka meleset/tidak tepat sebab sampai saat ini anda sedang baca renungan harian tgl 24 Nov 2015. 

mereka sok tahu dan tidak mengerti meski sudah membaca Alkitab sebab tidak menggali makna terdalamnya. 

paling sedikit ada 4 hal yang harus diketahui mengenai hari kedatangan Yesus kedua kali 
atau akhir jaman

Pertama 
tidak ada yang tahu selain Bapa tentang kapan persisnya hari terakhir akhir jaman

Matius 24:36 
tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." 

Kedua 
setelah tanda-tanda akhir jaman terjadi maka tidak berarti akan segera tiba harinya penghakiman terakhir atau akhir jaman. 

Lukas 21:9b 
sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera

Ketiga 
perhitungan satu hari di dunia berbeda dengan satu hari di hadapan Tuhan 

2 Petrus 3:8 
saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari

Keempat 
kesucian dan kesalehan menjalani hidup ini akan mempercepat kedatangan Yesus. 

2  Petrus 3:11b-12 
... betapa suci dan salehnya kamu harus hidup yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya

banyak nubuatan dari nabi Daniel yang dipakai sebagai acuan orang menentukan hari terakhir jaman dan kita tak perlu ingin tahu prediksi mereka. 

Daniel 12:4,10
tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah." 
banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya. 

REFLEKSI DIRI 

apakah aku sudah mempersiapkan diri menjaga kekudusan dan menuruti jalan yang ditunjukkan Tuhan agar aku tidak tersesat karena aku mau mendengarkan dan mentaati Tuhan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com