Selasa, 01 Maret 2016

70 KALI 7 KALI







Selasa, 1 Maret 2016 

Petrus berkata kepada Yesus: 
"Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. 
                                                   (Matius 18:21-22) 

Injil hari ini sangat sering di dengar dan pasti hafal ayat 21-22 diatas tentang berapa kalikah kita mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita? 

Jawabannya adalah : 70 kali 7 kali. 
ada yang menghitung 70x70x70x70x70x 
70x70 = ? dan yang lain hitung 70x7=490 atau (70x7) pangkat 7 artinya 490x490x 
490x490x490x490x490 = ? 

Terserahlah mau hitung gimana sebab yang penting adalah kita mengampuni setiap kali orang lain berbuat salah pada diri kita !!! Bisa kagak nich ??? 

Jujur saja, kita mah kagak bisa sesering itu mengampuni orang lain sebab kita pikir nih orang ngelunjak dan tidak tahu diri, jangan2 sengaja mau menghina. 

Apalagi jika perbuatan orang tersebut melukai hati dan menyebalkan sekali, misalnya sampai merugikan kita, tentu sulit melupakan perlakuan orang itu namun kita mau belajar mengampuni karena Tuhan menghendaki demikian. 

Butuh proses penyangkalan diri yang terus menerus hingga sampai suatu titik tertentu, kita baru bisa mengampuni dan itupun masih labil sebab jika orang itu masih menyakiti hati kita dengan berbuat yang lain lagi maka kita akan bergumul kembali untuk mengampuni. 

Ini pengalaman nyata dari banyak orang yang belajar mengampuni orang lain sebab kita ini manusia biasa yang tidak lepas dari perasaan disakiti. 

Oleh sebab itu seberapa dalam iman seseorang akan menentukan seberapa lama dirinya bergumul supaya dapat mengampuni orang lain. 

Yesus mengingatkan kita agar bersikap mengampuni orang lain sebab diri kita juga diampuni oleh Tuhan. 

Matius 18:33 
Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau? 

Kesalahan dan dosa kita kepada Tuhan jauh lebih banyak dibandingkan dosa atau kesalahan orang lain kepada kita.  

Dalam bacaan Injil bisa kita baca mulai dari ayat 23 sd ayat 35. 
Dan hendaknya kita pahami betul agar kita sadar akan kekurangan diri kita dan memutuskan mau mengampuni orang. 

Dengan kita mengampuni orang lain maka Bapa di Surga juga mengampuni kesalahan dan dosa kita. 

Matius 18:35 
Maka BapaKu yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu. 

Bagi anda yang bergelimang dosa yang hidupnya menjauh dari Tuhan dan yang menjalani hidup dengan melanggar perintah dan kehendak Tuhan maka segeralah kembali kepada Bapa dan segera bertobat seraya mohon ampun. 

Mazmur 25:8 
Tuhan itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. 

Mintalah agar Tuhan mengampuni anda dan jalani hidup baru di dalam Tuhan supaya anda mengalami KasihNya dan hidup dalam damai sejahtera Tuhan. 

Mintalah agar Tuhan menunjukkan jalan kebenaran dan jalan kehidupan, lalu anda melakukan sesuai yang diajarkan Tuhan kepada anda; biasanya melalui orang lain yang menasehati anda. 

Mazmur 25:4-5,7 
Beritahukanlah jalan-jalanMu kepadaku, ya Tuhan, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaranMu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari. Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setiaMu, oleh karena kebaikanMu, ya Tuhan. 

Semoga sepanjang hidup di dunia ini kita hidup di dalam Kebenaran Tuhan dan termasuk dalam hal mengampuni. 

REFLEKSI DIRI 

Sudahkah aku mengampuni orang lain dan sudahkah pikiranku tidak menyimpan kesalahan orang lain supaya hatiku bersih dari perasaan kesal, sakit hati dan dari dendam? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa Pekan III Prapaskah 
Warna Liturgi : Ungu 

Daniel 3:25,34-43 
Mazmur 25:4-9 
Matius 18:21-35 
BcO : Keluaran 32:1-6,15-34 

============= ☆☆☆ =============


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com