Minggu, 13 Maret 2016

PERCAYALAH YESUS ADALAH MESIAS








Sabtu, 12 Maret 2016 

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang." Yang lain berkata: "Ia ini Mesias." Tetapi yang lain lagi berkata: "Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!  
                                                    (Yohanes 7:40-41) 

Pro kontra dianggap hal biasa lumrah dan sah-sah saja sepanjang tidak anarki namun pada kenyataannya perbedaan pendapat cenderung memanas karena masing-masing pihak mengklaim benar dan memaksakan kehendak mereka sehingga potensi konflik sangat besar. 

Pro kontra ditopang oleh kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok dimana seringkali mengatasnamakan ini suara rakyat atau menyatakan kebenaran menurut kepentingan dirinya. 

Hal serupa terjadi pada diri Yesus yang ditentang oleh imam-imam kepala, ahli taurat, golongan farisi tetapi sebagian masyarakat Yahudi simpatik kepada Yesus sebab pengajaran dan perbuatan Yesus penuh kuasa. 

Pro kontra terjadilah; ada yang ragu-ragu, ada yang menolak Yesus adalah Mesias dan hal ini berulangkali konflik diantara masyarakat Yahudi. 

Ada yang mengatakan Yesus adalah Mesias tetapi ditentang yang lain dengan kemukakan alasan masing2. 

Termasuk penjaga-penjaga yang semula ditugaskan untuk menangkap Yesus secara diam-diam supaya tidak terjadi keributan namun ternyata penjaga itu terpesona dan takjub kepada Yesus. 

Yohanes 7:45-46 
Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak membawaNya?" Jawab penjaga-penjaga itu: "Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!" 

Orang-orang Farisi menghakimi penjaga tersebut dengan mengatakan bahwa mereka telah disesatkan oleh Yesus. 
Orang banyakpun dihakimi orang-orang Farisi dengan mengatakan mereka terkutuk tidak mengerti hukum Taurat.

Yohanes 7:47,49 
Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!" 

Seperti biasa orang-orang mengklaim diri mereka lebih pandai dan taat kepada hukum Taurat dan menghakimi orang lain tidak mentaati hukum Taurat. 

Ulangan 27:26 
Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!" 

Orang-orang Farisi tidak intropeksi diri sebab mereka sendiri tidak melakukan hukum Taurat tetapi menekan orang lain yang harus melakukannya. 

Seperti kata peribahasa dibawah ini : 
kamu tak pandai menari, lantai disalahkan atau buruk mukamu tetapi cermin kau belah/pecahkan. 

Mereka mengatakan penjaga tersebut yang tidak menangkap Yesus adalah terkutuk karena tidak mentaati hukum Taurat tetapi mereka juga terkutuk karena tidak melakukannya dan belagak lupa ada hukum Taurat lainnya mengatakan bahwa: 

Ulangan 28:15 
Jika engkau tidak mendengarkan suara Tuhan, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapanNya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau... 

Suatu pelajaran penting buat kita harus mentaati Tuhan dengan melakukan segala ketetapan dan perintah Tuhan di sepanjang hidup kita. 

Selanjutnya, 

Ternyata di kalangan pemimpin agama Yahudi ada salah seorang bernama Nikodemus membela Yesus karena ia melihat kebenaran dan hatinya tersentuh setelah berjumpa dengan Yesus. 

Yohanes 7:50-51 
Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepadaNya, berkata kepada mereka: "Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuatNya?" 

Dimana-mana orang benar tidak banyak dan mendapat tekanan intimidasi dari orang jahat hatinya termasuk Nikodemus ditentang oleh koleganya. 

Yohanes 7:52 
Jawab mereka: "Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea." 

Memang tidak mudah untuk percaya kepada Yesus bila belum mengalami perjumpaan denganNya sebab seringkali orang mengandalkan pengertiannya sendiri dan bila belum ada bukti yang meyakinkan dirinya maka biasanya ia akan menolak untuk percaya. 

Itu sebabnya Yesus pernah mengatakan bahwa : 
Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.  (Yoh 20:29b)

Kalau dulu Yesus dipertentangkan apakah Ia adalah Mesias ternyata di jaman sekarang ini masih juga orang tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan sebab menurut mereka Yesus adalah nabi dan tidak masuk akal kalau Yesus adalah Tuhan. 

atau jangan-jangan diantara umat kristiani masih ada yang meragukan Yesus adalah Tuhan tetapi tidak berani mengungkapkannya dan disimpan di dalam hati sebab belum mengerti akan Allah yang Esa dengan 3 Pribadi yakni Bapa, Putera, dan Roh Kudus. 

Malu bertanya sesat dijalan, demikian nasehat orang bijak maka bagi yang belum mengerti Allah Tritunggal, segera bertanya kepada Pastor supaya iman percaya kepada Yesus semakin teguh dan tidak ragu-ragu lagi. 

Yesus adalah Mesias, 
selaku saja diperdebatkan dari jaman ke jaman dan masih banyak yang belum mau mempercayaiNya. 

Hendaknya kita beritakan kepada banyak orang bahwa Yesus adalah Mesias supaya mereka diselamatkan oleh Yesus dan hidup di dalam Kebenaran yang Yesus ajarkan sebab iman percaya kepada Yesus membawa kesadaran untuk menjalani hidup sesuai dengan kehendakNya. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Sudah terbukti, banyak orang yang telah salah jalan dan tidak memilih Jalan yang ditunjukkan Yesus tetapi lebih yakin pilih jalan yang ditunjuk oleh dunia dan akhirnya semakin menjauh dari kebenaran dan hidup yang diharapnya. 

Tunggu apalagi, 
Percayalah Yesus adalah Mesias dan ikutilah Jalan, Kebenaran, dan Hidup yang Yesus sediakan bagi orang yang percaya kepadaNya. 

REFLEKSI DIRI 

Sungguhkah aku percaya bahwa Yesus adalah Mesias? selanjutnya apa yang aku perbuat setelah yakin Yesus adalah Mesias? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ =============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Biasa Pekan IV Prapaskah 
Warna Liturgi : Ungu 

Yeremia 11:18-20 
Mazmur 7:2-3,9-12 
Yohanes 7:40-53 
BcO : Bilangan 11:4-6,10-33 

============= ☆☆☆ =============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com