Kamis, 31 Maret 2016

PERCAYALAH YESUS BANGKIT










Kamis, 31 Maret 2016 

Kata Yesus kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga. 
                                       (Lukas 24:46)

Manusia mudah mempercayai sesuatu yang terlihat oleh mata dan dirasakan oleh jiwa raganya. 
Bila yang dilihatnya itu diluar kebiasaan umum yang terjadi / spektakuler maka biasanya mulai tertarik mempercayai apa yang dilihatnya. 

Hal-hal spektakuler yang terjadi dan yang kita saksikan, tidak hanya mengenai hal spritual/rohani tetapi hal duniawi juga. 
atau dengan kata lain, 
di dunia ini ada roh-roh lain selain roh kita manusia dan Roh Allah/Roh Kudus. 

Sesuatu yang spektakuler yang dilihat dan dirasakan akan menggoda seseorang untuk mempercayainya meski pikiran dan hati nuraninya ragu-ragu mempertanyakan kebenarannya. 

Hal-hal spektakuler duniawi sepertinya lebih menarik perhatian daripada hal-hal mukjijat rohani. Bener ga sih? 
silahkan jawab sendiri. 

Bacaan Injil Lukas hari ini dikisahkan bagaimana murid-murid ragu-ragu mempercayai Yesus hadir ditengah-tengah mereka setelah peristiwa penyaliban Yesus mengguncangkan iman mereka. 

Bayangkan, mereka adalah murid Yesus telah mendengar banyak pengajaran dan menyaksikan mukjijat yang dilakukan oleh Yesus namun masih belum mampu mempercayai Yesus sepenuhnya dan itu terlihat reaksi sikap mereka ketika Yesus menampakkan diriNya ditengah mereka dan menyangka melihat hantu. 

Lukas 24:35-37 
Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu 

Murid-murid terheran-heran meski Yesus memperlihatkan luka bekas paku di tangan dan di kaki namun masih ragu-ragu mempercayai apa yang dilihatnya. 

Lukas 24:38-40 
Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tanganKu dan kakiKu: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada padaKu." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kakiNya kepada mereka. 

Mungkin pikiran/logika mereka merasa aneh bagaimana bisa orang mati hidup kembali padahal mereka sudah pernah melihat Yesus membangkitkan Lazarus. 

Bukankah di jaman sekarang ini masih ada orang beriman kristiani yang tidak percaya mukjijat Yesus masih terjadi hingga saat ini dan malah curiga jangan-jangan ini rekayasa atau menyangka ini mah roh jahat dan bukan Roh Kudus yang berkarya. 

Pikiran atau logika seringkali menjadi penghalang untuk mempercayai sesuatu mukjijat Roh Kudus sebab banyak terjadi manipulasi demi kemuliaan diri dan motivasi lainnya untuk diri sendiri. 

Hendaknya kita tidak apatis terhadap mukjijat Roh Kudus namun tidak arogan mengatakan mukjijat ini pasti dari Tuhan sebab kitapun harus menguji kebenaran melalui karunia membedakan roh atau discerment dan melalui buah kebaikan dari mukjijat tersebut. 

1 Yohanes 4:1 
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. 

Yesus mengingatkan kepada kita untuk menguji kebenaran dengan melihat hasil atau buah dari perbuatan baik. 

Matius 7:15-17 
"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik

Bisa dimaklumi reaksi murid-murid tidak langsung percaya pada apa yang mereka lihat di depan mata bahwa itu adalah Yesus yang tiga hari lalu mati disalib. 

Yesus mengingatkan mereka tentang nubuat para nabi tentang Mesias supaya mereka memahami kitabsuci. 

Lukas 24:44-45 
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataanKu, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 

Salah satu nubuat tentang Mesias dari Musa yang mengatakan bahwa : 
Ulangan 18:18-19 
seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firmanKu dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya. Orang yang tidak mendengarkan segala firmanKu yang akan diucapkan nabi itu demi namaKu, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban. 

Tidak mudah memang untuk percaya kepada Yesus adalah Mesias. 
Apalagi saat itu masyarakat Yahudi hanya mendengar pengajaran secara lisan dan belum memiliki kitabsuci tidak seperti sekarang ini sudah tersusun rapi. 

Sekarang saja kitabsuci/alkitab mudah didapat dan sepertinya hampir setiap umat kristiani memiliki Alkitab tetapi pertanyaannya adalah : 
apakah Alkitab itu dibaca, direnungkan, ataukah hanya menjadi pajangan di rak buku dan sudah berdebu karena jarang atau tidak pernah dibuka/dibaca. 

Tidaklah heran bila murid-murid lamban mempercayai penampakan Yesus yang telah bangkit dan mereka terus diingatkan Yesus bahkan sampai harus dibukakan pikiran mereka agar percaya. 

Lukas 24,41-43,45 
Ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepadaNya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. 
Lalu Yesus membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 

Menjadi tugas perutusan kita untuk menjelaskan kepada orang yang belum percaya kepada Yesus dan kepada orang kristiani yang masih ragu-ragu kepada Yesus telah bangkit dan Yesus adalah Mesias atau Yesus adalah Allah. 

Masih banyak yang tidak percaya kepada Yesus adalah Allah sebab menurut sudut pandang mereka, Yesus adalah seorang nabi dan bukan Allah. 

Bagi kita yang sudah percaya bahwa Yesus adalah Allah maka makna dari bacaan Injil hari ini yang kita renungkan dan memaknai firman Tuhan hari ini adalah bagaimana kita mempercayai Yesus, menguasai seluruh hidup kita. 

Sepertinya permenungan ini sering kita dengar tetapi apakah betul kita sungguh mau mempercayakan hidup kita hanya kepada Yesus??? 

Semoga saja kita menanggapi firman Tuhan hari ini dengan kesungguhan hati dan langsung menerapkannya di dalam segenap diri kita. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku telah menyerahkan seluruh diriku kepada Yesus sebagai perwujudan nyata bentuk kepercayaan kita akan kebangkitan Yesus ? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Dalam Oktaf Paskah 
Warna Liturgi : Putih 

Kisah 3:11-26   
Mazmur 8:2a,5-9 
Lukas 24:35-48 
BcO : Kisah 2:42-3:11 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com