Sabtu, 19 Maret 2016

TELADAN SANTO YUSUF








Sabtu, 19 Maret 2016 

Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya. 
                                    (Matius 1:24) 

Umat kristiani pasti mengetahui sosok Yusuf baik hati mau menikahi Maria yang mengandung oleh Roh Kudus dan ketaatan Yusuf patut dikagumi. 

Yusuf seorang tulus hati mau menerima Maria dan mau menanggung resiko diadili hukum taurat di hukum rajam sebab Maria hamil sebelum nikah meski kenyataannya mereka tidak bersetubuh. 

Mereka berdua percaya kepada Malaikat yang memberitakan akan lahir Yesus sebagai Sang Mesias padahal situasi di jaman itu masyarakat Yahudi memang sedang menantikan kedatangan Mesias. 

Kelak kemudian hari terbukti masyarakat Yahudi tidak percaya Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah karena melihat latar belakang keluarga Yusuf hanya sebagai tukang kayu. 

Sejak dahulu manusia memandang rupa dan kekayaan, status sosial lainnya bahkan sampai saat ini masih terjadi. 

Kita bisa baca bagaimana perjuangan Yusuf membawa keluarganya dari segala macam rintangan dan hambatan terutama proses kelahiran Yesus. 

Yusuf setia pada Allah dan menuruti perkataan Malaikat dan segera dilakukan tanpa menunda dan langsung percaya. 

Matius 1:24a 
Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. 

Maka tepatlah bila gereja katolik melalui Paus Pius IX (1846-1878) menetapkan Yusuf sebagai pelindung gereja katolik pada tanggal 8 desember 1870. 

baca selengkapnya riwayat Yusuf di : http://www.imankatolik.or.id/kalender/19Mar.html 

Sesungguhnya Kelahiran Yesus sudah dinubuat oleh nabi-nabi di jaman Perjanjian Lama dan sesuai janji Allah kepada Daud bahwa keturunannya akan dipilih dimana Yesus Sang Mesias dilahirkan. 

Mikha 5:1 
Engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagiKu seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. 

Yesaya 1:1,10 
Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia. 

Yohanes 7:42 
Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal. 

Daud adalah salah satu yang dikasihi Allah sebab Daud dekat dengan Allah meskipun ia pernah sekali jatuh berbuat dosa berzinah dengan Batsyeba dan membunuh suaminya tetapi ketaatan dan relasinya dengan Allah begitu intim dan bisa kita baca di kitab Mazmur. 

Daud juga selalu bertanya kepada Allah sebelum ia mengerjakan sesuatu dan bisa kita baca di kitab 1 Samuel 23 dan pasal 30 dimana Daud memimpin tentara Israel melawan bangsa lain yang lebih kuat tetapi ia berlutut memohon pertolongan Allah sehingga berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. 

Allah berkenan kepada Daud sehingga Allah berjanji akan membangun kembali pondok Daud yang merupakan mezbah Daud menyembah Allah. 

Amos 9:11 
Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala. 

Allah menetapi janji-janjiNya kepada Daud dimana melalui keturunannya yakni melalui Yusuf diberi Anugerah oleh Allah mendapat kesempatan menjadi ayah Yesus di dunia ini meskipun hanya sampai Yesus berumur 12 tahun. 

Walaupun hanya 12 tahun menemani Yesus namun kepribadian dan sikap hidup Yusuf menjadi teladan yang patut kita contoh terutama sikap ketulusan dan kerendahan hatinya serta ketaatan kepada Allah. 

REFLEKSI DIRI 

Sudahkah aku menjadi kepala keluarga yang baik dan menjadi teladan bagi isteri dan anak-anakku?  

Apakah aku taat dan patuh kepada Allah meskipun yang diperintahkan Allah seringkali tidak kumengerti namun aku tetap mau melakukannya seperti Yusuf? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Hari Raya St Yusuf 
Warna Liturgi : Putih 

2 Samuel 7:4-5,12-14,16 
Mazmur 89:2-5,27,29 
Roma 4:13,16-18,22 
Matius 1:16,18-21,24a 
Lukas 2:41-51a
BcO : Bilangan 14:1-25 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com