Kamis, 14 Juli 2016

DATANGLAH KEPADA YESUS








Kamis, 14 Juni 2016 

Dengan segenap jiwa aku merindukan Engkau pada waktu malam, juga dengan sepenuh hati aku mencari Engkau pada waktu pagi; sebab apabila Engkau datang menghakimi bumi, maka penduduk dunia akan belajar apa yang benar.  
                        (Yesaya 26:9)

Percaya kepada Yesus adalah keputusan paling terbaik sebab menerangi jalan yang mesti kita lewati selama kita hidup di dunia ini. 

Banyak jalan ditawarkan dunia namun hanya ada satu jalan yang membawa kita sampai ke rumah Bapa di Sorga. 

Yohanes 14:1-2 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. 
Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 

Jalan tersebut ditunjukkan oleh Yesus kepada siapa saja yang mau percaya dan mau mengikutinya dengan setia. 

Manusia bebas memilih jalan mana yang akan ditempuhnya dan bagi kita yang sudah memilih percaya kepada Yesus maka hendaknya kita mengikuti jalan Yesus dan jangan tergoda ikuti jalan lain yang menawarkan jalan pintas sebab jalan Yesus itu hanya ada tiga petunjuk yakni jalan sangkuli = sangkal diri, pikul salib, dan ikuti Yesus. 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku

Hari ini Yesus menegaskan agar semua orang datanglah kepadaNya karena IA akan memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan hidup yang membebani setiap orang harus menanggungnya. 

Matius 11:28 
Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu

Dengan datang kepada Yesus maka akan ada kelegaan karena terlepas dari segala beban hidup asalkan percaya dan mengikuti jalan yang Yesus tunjukkan. 

Matius 11:29-30 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan

Sekali lagi perlu diperhatikan yaitu kita harus mengikuti Jalan Yesus dan bukan Yesus menuruti jalan kita !!! 

Sebagai umat kristiani seharusnya hidup kita bahagia bila saja kita mau mengikuti Jalan Yesus namun seringkali kita yang memaksa keinginan kita dan tidak mau mengikuti Jalan Yesus. 

Memang ada saat dimana penyangkalan diri harus kita lewati supaya mampu mengendalikan segala keinginan daging yang menguasai diri kita. 

Kita juga menanggung salib namun bila kita mengerti salib itu memang harus kita panggul maka seberat apapun salib tersebut dapat kita tanggung karena kita percaya Tuhan memberi kekuatan agar kita dapat menanggung penderitaan salib seperti Yesus mengalaminya. 

Kenyataannya kita menolak salib karena tidak mau memanggul salib dan maunya kita adalah dilimpahi Berkat Tuhan. 

Kesulitan hidup adalah salah satu bentuk salib meskipun seringkali kesulitan hidup disebabkan kesalahan kita sendiri akibat berbuat dosa. 

Salib sesungguhnya adalah pada saat kita melakukan tugas perutusan dan tugas pelayanan mengalami penolakan, intimidasi, penganiayaan, oleh orang lain yang anti Kristus. 

Penderitaan yang kita alami saat ini lebih diakibatkan kita tidak dapat menguasai keinginan kedagingan kita yang sarat dengan hawa nafsu. 

Tuhan itu baik dan masih mau menolong kita walaupun penderitaan ini akibat dosa yang kita lakukan, asalkan kita mau mengakui dosa dan memohon ampun serta bertobat tidak mengulangi dosa. 

Hendaknya kita bersyukur atas kebaikan Tuhan dan seharusnya kita menjalani hidup bersamaNya. 

Yesaya 26:12 
Ya Tuhan, Engkau akan menyediakan damai sejahtera bagi kami, sebab segala sesuatu yang kami kerjakan, Engkaulah yang melakukannya bagi kami. 

Kita sadar betapa sering pelanggaran yang kita lakukan dan akibatnya kita harus menanggung penderitaan hidup sehingga kita berteriak kesakitan seraya memohon pertolongan Tuhan. 

Yesaya 26:16-17 
Ya Tuhan, dalam kesesakan mereka mencari Engkau; ketika hajaranMu menimpa mereka, mereka mengeluh dalam doa. Seperti perempuan yang mengandung yang sudah dekat waktunya untuk melahirkan, menggeliat sakit, mengerang karena sakit beranak, demikianlah tadinya keadaan kami di hadapanMu, ya Tuhan. 

Puji Tuhan, 
Justru melalui Salib Yesus maka segala dosa kita ditanggungNya dan hendaknya kita tidak berbuat dosa lagi supaya segala penderitaan hidup tidak lagi kita menanggungnya. 

Roma 6:6 
Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa

Jika kita terjatuh kembali dalam dosa yang mengakibatkan menderita kembali maka segeralah datang kepada Yesus dan memohon ampun serta bertobat. 

Teruslah datang kepada Yesus dalam keadaan apapun juga dan jangan takut sebab Yesus sangat mengasihi orang berdosa agar supaya beroleh hidup yang kekal, asalkan mau mengikuti JalanNya. 

Markus 2:17 
Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa." 

Berhentilah berbuat dosa dan marilah datang mendekat kepada Tuhan Yesus maka hidupmu damai sejahtera. 

1 Yohanes 3:6 
Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia

Tunggu apalagi, ayo datanglah kepada Yesus.dan ikutilah Jalan Yesus. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku senantiasa datang kepada Yesus dan mengikuti JalanNya? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Kamilus dr Lellis 
Warna Liturgi : Hijau 

Yesaya 26:7-9,12,16-19
Mazmur 102:13-21 
Matius 11:28-30 
BcO : Ayub 5:1-27 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com