Jumat, 29 Juli 2016

YA TUHAN AKU PERCAYA










Jumat, 29 Juli 2016 

Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."  
                      (Yohanes 11:27)

Mengaku percaya kepada Tuhan mudah dilakukan hanya di bibir saja tetapi bila suatu saat menghadapi suatu masalah hidup maka iman percayanya kepada Tuhan menjadi goyah. 

Biasanya masalah uang dan penyakit menjadi momok yang menggoncangkan iman seseorang bila jawaban Tuhan yang dinantikannya tak kunjung tiba. 

Bagi anda yang pernah bergelut masalah keuangan atau masalah sakit penyakit tahu betul gimana tidak mengenakan mengalaminya. 

Kita lihat bagaimana respon Marta saat Yesus baru tiba di rumahnya padahal beberapa hari sudah dikabari meminta Yesus menjenguknya sebab saudaranya yaitu Lazarus sedang sakit tetapi karena Yesus tidak segera datang ternyata sudah meninggal dunia. 

Yohanes 11:20-21 
Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkanNya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. 

Bukankah kita juga bersikap seperti Marta yang menyalahkan Tuhan kenapa tidak segera menolong padahal sudah lama kita berdoa memohon pertolongan namun tidak mendapat jawaban segera. 

Waktu dan cara Tuhan sangat berbeda dengan waktu dan cara kita inginkan. 

Yesaya 55:8-9 
Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu. 

Kita mesti mengenal Tuhan lebih dalam lagi supaya iman kita tidak mudah goyah dan tetap mempercayai Tuhan walaupun permasalahan kita belum terjawab. 

Untuk mengenal Tuhan, tidak cukup hanya mengaku percaya saja tetapi kita harus tekun berdoa, membaca Alkitab dan mendalami firman Tuhan, bangun relasi intim bersaat teduh bersamaNya. 

Setelah kita mengenal Tuhan lebih dekat maka kita bisa sabar menanti jawaban atas doa-doa permohonan sebab kita yakin Tuhan memberikan yang terbaik biat kita meskipun bisa saja jawaban Tuhan tidak persis sama seperti yang kita minta. 

Mazmur 69:14 
aku berdoa kepadaMu, ya Tuhan, pada waktu Engkau berkenan, ya Allah; demi kasih setiaMu yang besar jawablah aku dengan pertolonganMu yang setia! 

Marta semula komplain kepada Yesus mengapa begitu lama Yesus baru datang namun dengan imannya Marta percaya pasti Yesus sanggup berbuat sesuatu atas kematian adiknya, Lazarus. 

Yohanes 11:22-23 
Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang Engkau minta kepadaNya." Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." 

Bagaimana respon Marta ketika Yesus mengatakan Lazarus akan bangkit dan setelah mendengar penjelasan Yesus maka akhirnya Marta semakin percaya kepada Yesus. 

Yohanes 11:25-27 
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia." 

Terbukti iman bertumbuh bila mau percaya kepada setiap firman yang kita dengar dan tidak berdebat tentang firman Tuhan tetapi percaya saja seraya memohon peneguhan dari Roh Kudus. 

Roma 10:17 
Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 

Ibrani 4:12 
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Marta dan Maria menyaksikan mukjizat Yesus dimana saudara mereka Lazarus hidup kembali setelah 4 hari dikubur. 

Yohanes 11:39-40,44 
Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepadaNya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati." Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi." 

Kita harus sungguh percaya maka dapat menyaksikan Kemuliaan Allah. 
Sekali lagi yang dimaksud percaya disini adalah bukan sekedar percaya tetapi mempercayakan seluruh hidup dikuasai oleh Tuhan Allah, artinya kita menjalani hidup menurut jalan Tuhan. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku sungguh mempercayai Tuhan dengan segenap hati dan seluruh hidupku? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Marta 
Warna Liturgi : Putih 

Yeremia 26:1-9 
Mazmur 69:5,8-10,14 
Yohanes 11:19-27 
Lukas 10:38-42 
BcO : Ayub 40:6-24, 42:1-6 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com