Rabu, 13 Juli 2016

TIDAK MAU BERTOBAT








Selasa, 12 Juni 2016 

Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizatNya. 
                (Matius 11:20)

Bacaan Injil hari ini, Yesus sangat keras menegor penduduk di tiga kota yang sering dikunjungiNya dan banyak terjadi mukjizat disana namun mereka tidak bertobat dari kejahatan. 

Matius 11:21a,23a 
Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida dan engkau Kapernaum apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! 

Yesus mengatakan jika saja mukjizat terjadi di Tirus dan Sidon maka mereka bertobat padahal Tirus-Sidon sangat jahat perbuatannya. 

Matius 11:21b 
Jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung

Begitu juga di Sodom, kejahatan mereka sangat menjijikan dan jika saja mukjizat terjadi di Sodom maka kota Sodom tidak akan dimusnahkan dan masih ada. 

Matius 11:23b 
Jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. 

Pertanyaannya : mengapa demikian? 

Kita mesti mempelajari latar belakang penduduk di 6 kota yang disebut Yesus yaitu kota Tirus, Sidon, Sodom yang sangat jahat perbuatannya dan kota Khorazim, Betsaida, dan Kapernaum. 

Sodom 

Kejadian 13:13 
Adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap Tuhan. 

Apa kejahatan orang Sodom? 
Mengejar kepuasan hawa nafsu sex. 

Yudas 1:7 
sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan api kekal sebagai peringatan kepada semua orang. 

Tirus dan Sidon 

Yoel 3:4-6 
Apakah sangkut pautmu dengan Aku, hai Tirus dan Sidon dan seluruh wilayah Filistin? Apakah kamu ini hendak membalas perbuatanKu? Apabila kamu melakukan sesuatu terhadap Aku, maka dengan cepat, dengan segera Aku akan membalikkan perbuatanmu itu kepadamu sendiri. Oleh karena kamu telah mengambil perakKu dan emasKu dan telah membawa barang-barangKu yang berharga yang indah-indah ke tempat-tempat ibadahmu, dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka. 

Kesombongan raja Tirus sangat terkenal dan disamakan seperti halnya raja Iblis yaitu Lucifer, yang tadinya Malaikat Allah dan bisa kita baca di Yehezkiel pasal 28 yang menyamakan dirinya sama dengan Allah karena kesombongannya. 

Yehezkiel 28:2 
 Hai anak manusia, katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan Allah: karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta Allah di tengah-tengah lautan. Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah

Khorazim, Betsaida, dan Kapernaum.

Ketiga kota ini terletak sebelah utara dekat danau Galilea dan bisa kita lihat di peta Palestina jaman Yesus di bagian belakang Alkitab. 

Ketiga kota ini terutama Kapernaum adalah kota paling sering dikunjungi Yesus selama karyaNya di dunia ini. 
(baca Injil Sinoptik = Mat,Mrk,Luk,Yoh). 

Lalu, apa yang bisa kita pelajari dan kita renungkan dari peristiwa yang terjadi di enam kota yang dikatakan Yesus? 

Sedikitnya ada empat hal yaitu

Pertama 
Segeralah akui dosa dan bertobat 

Kisah 8:22-23 
Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini; sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan. 

Kita ini manusia sangat mudah jatuh berbuat dosa karena keinginan sangat dominan di dalam diri kita. 

Keinginan itu cenderung mau dituruti dan dipuaskan sehingga berpotensi mendorong kita berbuat dosa. 

Kita harus paham betul apa itu dosa menurut Tuhan sebab kita cenderung berdalih perbuatan kita itu bukan dosa. 

misalnya : berbohong itu dosa lho tapi ada sebagian orang mengatakan bohong itu kelemahan atau kesalahan dan bukan termasuk dosa. 

Silahkan dalami lagi firman Tuhan di Alkitab yang berkaitan dengan dosa, diantaranya tentang 10 perintah Allah; jangan mengucapkan saksi dusta..... 

Kedua 
Kendalikan hawa nafsu 

2 Petrus 2:14 
Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! 

Hawa nafsu itu ibaratnya singa yang sedang standby mengincar mangsanya; bila sedikit saja kita lengah maka segera hawa nafsu menguasai diri kita. 

Paling menonjol adalah jenis hawa nafsu kenikmatan mulut dan kenikmatan sex, berikutnya hawa nafsu serakah memiliki harta kekayaan dunia dan hawa nafsu yang melibatkan perasaan; ingin dipuji, disanjung, kesombongan. 

Ketiga  
Akuilah semua yang ada pada kita adalah berasal dari Tuhan 

Yehezkiel 28:4-5 
Memang hikmatmu melebihi hikmat Daniel; tiada rahasia yang terlindung bagimu. Dengan hikmatmu dan pengertianmu engkau memperoleh kekayaan. Emas dan perak kaukumpulkan dalam perbendaharaanmu. Karena engkau sangat pandai berdagang engkau memperbanyak kekayaanmu, dan karena itu engkau jadi sombong

Sejak awal mula kehidupan ada suatu penyakit yang terus nempel di dalam diri manusia yaitu penyakit "lupa diri". 

Kita manusia seringkali mudah lupa diri bahwa apa yang kita miliki sekarang ini berasal dari Tuhan; apalagi hartanya buanyak (baca orang kaya) dan terkenal namanya karena kesuksesannya. 

Apa yang terjadi pada raja Tirus adalah contoh untuk orang-orang yang pintar, hebat intelektualnya, yang kaya, yang meraih kesuksesan dalam karier/bisnis termasuk orang-orang yang menerima Anugerah Karunia Tuhan yang terkenal karena pelayanannya sukses dimana banyak orang disembuhkan dan ada Kuasa Tuhan mengalir pada saat ia berdoa, mengajar, dan berkhotbah. 

Keempat 
Percayalah dan Yakinlah kepada Yesus 

Kisah 16:31 
"Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."  

Kita tidak boleh ragu-ragu kepada Tuhan sebab kemampuan intelektual kita tidak dapat menganalisa setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini. 

Pekerjaan Tuhan melalui tanda-tanda ajaib atau mukjizat masih berlangsung sampai saat ini dan akan terjadi terus di masa akan datang. 

Mukjizat Tuhan tidak dapat dinalar oleh pikiran logika dan kita harus pakai iman supaya dapat menerima mukjizat. 

Penduduk kota Khorazim, Betsaida, dan Kapernaum meskipun menyaksikan mukjizat Yesus namun mereka menutup hati dan pikiran mereka sehingga iman percaya mereka kepada Yesus menjadi kerdil dan bahkan menjadi hilang karena ketidak-percayaan mereka kepada Yesus

Yesus mengenal mereka yang tidak akan pernah percaya kepadaNya sekalipun telah menyaksikan mukjizat dan Yesus telah mengatakan kepada murid2Nya. 

Matius 13:13 
Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah aku sungguh mempercayakan seluruh keberadaan diriku kepada Tuhan tanpa keraguan sedikitpun? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
Pekan Biasa ke 15 
Warna Liturgi : Hijau 

Yesaya 7:1-9
Mazmur 48:2-8 
Matius 11:20-24 
BcO : Ayub 3:1-26 

============= ☆☆☆ ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com